Pendaftaran Seleksi Calon Guru Penggerak 2021 Angkatan 2, 3 dan 4

Posted on

Websiteedukasi.com – Pendidikan Guru Penggerak adalah program pendidikan kepemimpinan bagi guru untuk menjadi pemimpin pembelajaran. Program PGP ini meliputi pelatihan daring, lokakarya, konferensi, dan pendampingan selama 9 bulan. Selama program, guru tetap menjalankan tugas mengajarnya sebagai guru.

Ditjen GTK Kemendikbud membuka Rekrutmen dan pendaftaran calon Peserta dan Pengajar Praktik Pendidikan Guru Penggerak periode tahun 2021 untuk Angkatan 2, 3, dan 4 yang akan dimulai pada bulan Oktober 2020.

Pendidikan Guru Penggerak angkatan 2 akan dilaksanakan pada awal bulan April 2021 yang akan berlangsung selama 9 (sembilan) bulan dengan menggunakan pola belajar mandiri terbimbing melalui sistem belajar daring yang telah disiapkan dan dipandu oleh instruktur, fasilitator, dan pengajar praktik (pendamping) Guru Penggerak.

Jumlah sasaran PGP pada tahun 2020 sebanyak 13.600 orang calon Guru Penggerak dan 2.788 orang calon Pengajar Praktik Guru Penggerak. Kabupaten/kota yang akan diundang sejumlah 290 kabupaten/kota pada 33 provinsi dan yang belum teralokasikan pada tahun 2020 dan 2021 akan diundang pada rekrutmen PGP tahun 2022.

Calon Peserta dan Pengajar Praktik PGP akan mengikuti proses rekrutmen melalui 2 tahapan seleksi dan untuk nformasi proses rekrutmen calon Peserta dan calon Pengajar Praktik PGP dapat dilihat pada laman https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak.

Proses rekrutmen calon Peserta dan Pengajar Praktik PGP akan dilakukan melalui tahapan seleksi sebagai berikut:
a. Calon Peserta Guru Penggerak
– Tahap 1 : registrasi, pengisian dan penilaian biodata dan esai, serta tes bakat skolastik;
– Tahap 2 : simulasi mengajar dan wawancara.

b. Calon Pengajar Praktik Pendidikan Guru Penggerak
– Tahap 1 : registrasi, pengisian dan penilaian portofolio, dan esai;
– Tahap 2 : simulasi mengajar, Studi Kasus, dan wawancara.

Tim rekrutmen calon Peserta dan calon Pengajar Praktik PGP adalah Tim Independen yang telah dibekali dengan pelatihan dan dinyatakan lulus sebagai Asesor dengan mengutamakan prinsip transparan, akuntabel, dan berkualitas.

Sasaran, Jadwal Pelaksanaan Rekrutmen dan Pendaftaran dan Calon Pengajar Praktik PGP Tahun 2021 dapat dilihat pada Surat edaran Ditrjen GTK Rekrutmen Calon Peserta dan Pengajar Praktik Pendidikan Guru Penggerak Tahun 2021 untuk Angkatan 2, 3, dan 4 pada link di bawah ini:

SE Rekrutmen PGP 2021 Angakatan 2 3 4.pdf, Unduh

Demikianlah Pengumuman hasil Seleksi Calon Guru Penggerak dan Fasilitator Penggerak Angakata 2 3 dan 4 Tahun 2021 yang dapat di sampaikan, semoga bermanfaat. Terima kasih atas kunjungannya.

Ikuti websiteedukasi.com di aplikasi Google News dengan cara Following (temukan feed website edukasi di bagian Following/Mengikuti) untuk mendapatkan informasi atau berita terbaru dengan sangat mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *