Aplikasi RKAS 4.1.9

Posted on

Websiteedukasi.com – Download Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS/ARKAS) versi 4.1.9 untuk Periode Anggaran Tahun 2024. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbduristek) terus memperbarui platform Aplikasi Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah (ARKAS) untuk mendukung perwujudan tata kelola satuan pendidikan yang berkualitas.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim, resmi merilis ARKAS versi 4 secara nasional, Senin (7/8) di Jakarta. Perilisan ARKAS versi 4 merupakan penyempurnaan dari versi sebelumnya yaitu ARKAS versi 3.4 dengan tiga pilar kemudahan yaitu lebih praktis, lebih nyaman, dan lebih aman.

Baca Juga : Buku Panduan Penggunaan ARKAS Versi 4.1.9

“Melalui pembaruan pada sejumlah fitur, ARKAS 4 hadir dengan alur penggunaan dan desain yang jauh lebih intuitif dan aman, karena sesuai dengan petunjuk teknis. Platform ini juga lebih praktis, karena telah terintegrasi dengan pajak otomatis SIPLah,” ujar Nadiem pada acara Perilisan Aplikasi Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah versi 4 secara daring.

Menteri Nadiem mengatakan, pemutakhiran ARKAS 4 mendukung proses penganggaran dan pelaporan dana BOS secara lebih efektif dan lebih akurat. Selain itu, dengan platform ARKAS, transparansi dan akuntabilitas penggunaan dana BOS semakin terjamin. “Dengan platform ARKAS, kepala sekolah, dinas pendidikan bisa merancang, menganggarkan, dan melaporkan penggunaan dana BOS secara lebih efektif, efisien, dan terintegrasi dalam satu aplikasi tunggal,” ucapnya.

Mengusung tiga pilar kemudahan yaitu lebih praktis, nyaman, dan aman, penggunaan platform ARKAS 4 yang lebih praktis didukung dengan pengambilan nilai sisa dana anggaran yang otomatis dan sudah terintegrasi dengan aplikasi SIPlah. Sementara, dari sisi kenyamanan, ARKAS 4 dapat digunakan secara lebih nyaman melalui penghitungan pajak SIPLah otomatis dan akses menjadi lebih mudah. Dan yang terpenting, ARKAS 4 lebih aman karena terdapat notifikasi error apabila terdapat kesalahan pengisian serta sudah dilengkapi dengan panduan pengisian. Semua penyempurnaan fitur tetap mengikuti ketentuan Permendagri No 3 tahun 2023 tentang Pengelolaan Dana BOSP pada Pemerintah Daerah. (dikutip dari arkas.kemdikbud.go.id)

Apa itu Aplikasi ARKAS ?

Aplikasi RKAS (ARKAS) merupakan sebuah aplikasi berbasis web untuk membantu Kepala Sekolah dan Bendahara Sekolah dalam menangani masalah manajemen keuangan sekolah.

Penyusunan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah di lakukan oleh Kepala sekolah bersama Tim Manajemen BOS sekolah berdasarkan hasil evaluasi diri sekolah. Dalam menyusun RKAS, sekolah harus memperhatikan ketentuan-ketentuan dari masing-masing sumber dana.

Perencanaan program BOS meliputi 2 (dua) kegiatan utama yang dilakukan oleh kepala sekolah bersama Tim Manajemen BOS sekolah yaitu mengidentifikasi kebutuhan sekolah dan menyusun Rencana Anggaran Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS).

Daftar Perubahan

Dalam rangka meningkatkan akuntabilitas dan transparansi pengelolaan Dana BOS Reguler oleh Satuan Pendidikan sesuai dengan Permendikbudristek Nomor 2 tahun 2022 tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan Dana BOP PAUD, BOS, Dan BOP Pendidikan Kesetaraan, Serta penambahan referensi kegiatan kertas kerja tahun anggaran 2022, dan Penyusunan perencanaan tahun anggaran 2023. Maka berdasarkan hal tersebut Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menegah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi merilis Aplikas Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS) Versi 3.4.

Langkah-langkah Pembaruan

Untuk memperbarui Aplikasi RKAS versi 3.3 ke versi 3.4 dapat mengikuti beberapa langkah berikut ini:

  • Patikasn Laptop terkoneksi dengan internet;
  • Buka Aplikasi Arkas;
  • Isikan username dana password;
  • Klik Tombol login;
  • Aplikasi akan update otomatis;
  • Klik tombol Sinkron dimenu Utama;
  • Selesai.

Satuan Pendidikan dapat juga melakukan update manual dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Unduh Installer ARKAS dibawah ini atau pada laman https://arkas.kemdikbud.go.id/;
  • Klik 2x untuk Install Aplikasi RKAS Versi 3.4;
  • Buka Aplikasi RKAS;
  • Pilih tahun anggaran 2022;
  • Isikan Usernama dan Password;
  • Klik tombol Login Aplikasi RKAS;
  • Klik tombol Sinkron dimenu Utama;
  • Selsai.

ARKAS Versi 4.1.9

Daftar perubahan:

  1. Perbaikan penghitungan nominal pada laporan Rekapitulasi Realisasi untuk saldo periode sebelumnya dan akhir saldo BOSP Periode saat ini
  2. Perbaikan menyeluruh kode BKU 2024 yang tidak berurutan dari bulan Januari
  3. Perubahan tenggat waktu pada sistem ARKAS 4 untuk penganggaran serta penatausahaan Sumber Dana Lainnya menjadi 31 Desember T+1
  4. Perubahan konfigurasi pengambilan data referensi sumber dana BOSP Kinerja serta SiLPA BOSP Kinerja

Note : Pastikan perangkat yang akan Anda gunakan sama dengan yang digunakan untuk ARKAS versi sebelumnya. Data Anda di ARKAS versi sebelumnya tetap tersimpan dan akan dikonversi untuk diakses di ARKAS 4 versi terbaru.

mencari tahu versi aplikasi yang cocok untuk perangkat Anda.

Cara Cek Detail Sistem Operasi Perangkat

Ikuti langkah di bawah untuk mencari tahu sistem operasi dan versi prosesor perangkat Anda yang cocok untuk Aplikasi ARKAS, langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Klik logo Windows yang ada pada perangkat Anda atau tekan tombol Windows pada keyboard
  • Pilih Pengaturan (Settings)
  • Pilih Sistem (System)
  • Pilih Tentang (About)
  • Lihat versi prosesor perangkat Anda Anda apakah 32 bit atau 64 bit pada bagian Device Specifications
  • Lihat versi Windows yang terinstall pada perangkat Anda pada bagian Windows Specifications

Download Aplikasi ARKAS

Untuk membantu kepala sekolah dan tim Manajemen BOS, saat ini telah tersedia Aplikasi e-RKAS versi terbaru 3.4 dan 4.1.8 untuk memudahkan dalam membuat pelaporan. Jika ingin melakukan pembaharuan aplikasi ARKAS, silahkan mendownload filenya melalui tautan link ada di bawah ini.

Aplikasi ARKAS Terbaru

Name : ARKAS 3.4 dan 4.1.9

Format : exe

Size : 26 MB

File Compatible : Windows 8/10/11

Download Juga:
Buku Panduan ARKAS Versi 4.1.9

Demikian Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS) Versi terbaru 4.1.9 yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih atas kunjungannya.

Ikuti websiteedukasi.com di aplikasi Whatsapp dengan cara Subscribe atau Contact Me untuk mendapatkan perangkat pembelajaran terbaru dengan sangat mudah.

3 comments

  1. Dengan memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, aplikasi terbaru RKAS ini hadir untuk memudahkan pekerjaan selaku bendahara dalam mengelola laporan BOSP, terikasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *