Cara Reset Epson L3210 Lampu Berkedip

Posted on

Websiteedukasi.com – Reset Epson L3210 adalah suatu penanganan pada masalah pada printer karena mengalami error service required yang disebabkan oleh jumlah akumulasi cetak pada printer sudah mencapai ambang batas maksimal.

L3210 salah satu produk Printer Epson terlaris, Printer ini cocok digunakan untuk aktivitas kerja kantoran karena multi fungsi terdiri dari print, scan dan foto copy. Printer ini juga dilengkapi dengan tank tinta (eco tank) bawaan pabrik sehingga pemilik tidak perlu lagi menambah infus modifikasi.

Banyaknya jumlah mencetak dan lamanya penggunaan, sewaktu-waktu akan membuat Printer mengalami Error Service Required. Error ini ditandai dengan 2 (dua) lampu printer berkedip, ada beberapa faktor penyebabnya diantaranya yaitu:

Lampu Indikator Tinta Berkedip

Lampu indikator tinta berkedip karena telatnya pengisian tinta. Setelah tinta diisi, kemudian akan digunakan print namun 2 (dua) lampu indikator berkedip dan tidak bisa mencetak dan muncul notifikasi di layar komputer/laptop dengan keterangan “service required”

Notifikasi Waste Ink

Notifikasi Waste Ink adalah sudah tercapainnya jumlah pencetakan yang ditentukan oleh pabrikan Epson. Pada Printer Epson L3210 terdapat chip untuk menghitung jumlah pencetakan, jika sudah mencapai 100% maka anda perlu meriset menjadi 0 % agar print bisa digunakan untuk mencetak kembali.

Bermasalah pada Saat Mencetak

Macetnya kerta pada printer bisa menjadi pemicu printer minta di riset karena membuat tinta tidak lancar. Jika kertas yang macet tadi sudah di perbaiki dan bisa digunakan mencetak, maka anda tidak perlu meriset print. Namun apabila printer dihidupkan diam saja dan lampu indikator tinta berkedip-kedip, ini menandakan printer Epson L3210 perlu di riset.

Cara Reset Epson L3210

Mereset Epson L3210 diperlukan bantuan sebuah perangkat lunak yaitu Resetter Epson L3210. Untuk memudahkan dalam proses Reset L3210, berikut ini kami akan memberikan panduannya :

1. Hidupkan komputer dan Printer Epson L3210

2. Sambungkan Epson L3210 ke komputer/laptop

3. Selanjutnya Download Resetter Epson L3210

4. Setelah berhasil didownload, matikan protect Antivirus

5. Langkah selanjutnya, Extract Resetter Epson L3210 (Password : websiteedukasi.com).

6. Kemudian double klik AdjProg.exe, masukkan password dan lalu OK

8. Lalu pilih Particular adjustment mode

9. Langkah berikutnya pada Adjusment Program, pertama pilih Model Name L3210, kedua Klik tombol OK

10. Selanjutnya pilih Waste ink pad counter, lalu Klik tombol OK

11. Setelah jendela pop terbuka, beri tanda ceklish pada Main pad counter, Platen pad counter, dan Ink System pad counter, lalu klik tombol Check.

12. Pada langkah ini beri tanda ceklish kembali pada Main pad counter, Platen pad counter, dan Ink System pad counter, lalu klik tombol Initialize

13. Kemudian akan muncul notifikasi dan proses reset berjalan.

14. Setelah proses selesai akan muncul kembali notifikasi yang berisikan informasi bahwa anda diminta untuk mematikan printer.

15. Matikan printer dengan menekan tombol power, kemudian nyalakan kembali. Hasilnya notifikasi error dengan tanda 2 (dua) lampu berkedip hilang.

16. Setelah printer hidup, langkah selanjutnya klik tombol OK pada notifikasi yang ada di komputer/laptop.

17. Langkah trakhir klik tombol finish untuk menyelesaikan proses Reset Printer L3210.

Untuk membutikan Printer L3210 kembali dapat digunakan secara normal, silahkan anda coba untuk mencetak. Itulah langkah-langkah Reset Printer Epson L3210 yang dapat kami bagikan. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih atas kunjungannya.

Ikuti websiteedukasi.com di aplikasi Whatsapp dengan cara Subscribe atau Contact Me untuk mendapatkan perangkat pembelajaran terbaru dengan sangat mudah.