Panduan MPLS Masa Pandemi COVID-19 Tahun 2020/2021

Posted on

Websiteedukasi.com – MPLS merupakan kegiatan pertama yang dilakukan oleh peserta didik baru ketika masuk sekolah untuk pengenalan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar yang efektif, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal kultur sekolah.

Peserta didik baru tidak hanya dikenalkan dari sisi fisik sekolah barunya akan tetapi juga pengenalan sekolah yang bersifat non fisik. Sesuai dengan Permendikbud No.18 Tahun 2016 bahwa penyelenggaraan MPLS di sekolah wajib melakukan kegiatan yang bermanfaat, bersifat edukatif, kreatif dan menyenangkan.

Konsep MPLS yang humanis, dinamis, menyenangkan, edukatif, dan bermakna sangat penting untuk dilakukan mengingat Indonesia tengah mengalami Pandemi Covid-19.

Pandemi Covid-19 secara tidak langsung telah mengubah paradigma pendidikan Indonesia. Salah satu yang dapat diamati adalah adanya pergeseran dari pembelajaran konvensional secara tatap muka ke arah Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang dapat diakses dengan memanfaatkan teknologi digital. Konsep PJJ ini juga akan diadopsi dalam kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah. Kondisi Pandemi seperti saat ini belum memungkinkan untuk mengadakan MPLS secara tatap muka.

Kegiatan MPLS sepenuhnya akan dilaksanakan dari rumah menggunakan metode blended learning (kombinasi luring dan daring) dengan memanfaatkan beragam aplikasi, seperti: TV, siaran radio, aplikasi meeting, Learning Management System (LMS), dan media sosial.

Sebagai pedoman, berikut kami bagikan Panduan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Masa Pandemi COVID-19 Tahun Ajaran 2020/2021.

Panduan MPLS Masa Pandemi COVID-19.doc, Unduh

Demikianlah Panduan Pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Masa Pandemi COVID-19 Tahun Ajaran 2020/2021 dapat di bagikan, smeoga bermanfaat. Terima kasih atas kunjungannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *