Juknis Penulisan Blangko Ijazah Madrasah Tahun 2024

Posted on

Websiteedukasi.com – Petunjuk Teknis (Juknis) Penulisan Blangko Ijazah Madrasah Jenjang RA, MI, MTs, MA dan MAK Tahun Pelajaran 2023/2024 telah di atur di dalam Surat Keputusan (SK) Direktorat Jendral Pendidikan Islam Nomor 1921 Tahun 2024.

Petunjuk Teknis Penulisan Blangko Ijazah Madrasah dibuat dengan tujuan sebagai panduan bagi madrasah dan pemangku kepentingan lainnya dalam penulisan blangko Ijazah Madrasah, agar terhindar dari kesalahan dalam penulisan blangko ijazah.

Apa itu Ijazah Madrasah ?

Ijazah Madrasah adalah surat pernyataan resmi dan sah yang menyatakan bahwa seorang peserta didik telah tamat belajar atau lulus dari Madrasah.

Ijazah Madrasah (RA, MI, MTs, MA dan MAK) diterbitkan oleh satuan pendidikan yang telah memiliki ijin operasional dan memiliki peserta didik yang tamat belajar atau lulus dari satuan pendidikan. Ijazah RA dicetak satu halaman, sedangkan Ijazah MI, MTs, MA dan MAK dicetak bolak-balik, data siswa di halaman depan dan
daftar nilai di halaman belakang.

Ijazah Madrasah ditulis tangan dengan baik, benar, jelas, rapi, mudah dibaca, dan bersih dengan menggunakan tinta warna hitam yang tidak mudah luntur dan tidak mudah dihapus.

Jika terjadi kesalahan dalam penulisan blangko Ijazah tidak boleh dicoret, ditimpa, atau di tipe-ex dan harus diganti dengan blangko ijazah yang baru. Blangko Ijazah yang salah dalam penulisan, sebelum dimusnahkan disilang dengan tinta warna merah secara diagonal pada halaman depan dan belakang sebagai tanda bahwa blanko tersebut tidak sah digunakan.

Jika terdapat sisa blangko Ijazah karena rusak dan/atau kesalahan dalam penulisan, Kepala RA/Madrasah harus mengembalikan kepada Kanwil Kemenag Provinsi melalui Kemenag Kabupaten/Kota dengan disertai berita acara yang ditanda tangani oleh Kepala RA/Madrasah disaksikan Kemenag Kabupaten/Kota.

Blangko Ijazah yang tersisa, yang rusak dan/atau yang salah dalam penulisan yang terdapat di Kanwil Kemenag Provinsi dimusnahkan oleh Bidang Pendidikan Madrasah/Pendis paling lambat 31 Desember 2024 atas izin Kepala Kanwil Kemenag Provinsi disertai dengan berita acara pemusnahan blangko Ijazah, selanjutnya dilaporkan kepada Direktur Jenderal Pendidikan Islam c.q. Direktur Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah.

Jika terjadi kekurangan blangko Ijazah, Kanwil Kemenag Provinsi segera mengajukan surat permohonan penambahan blangko Ijazah ke Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, selambat-lambatnya tanggal 30 November 2024.

Penetapan Kelulusan

  1. Madrasah menetapkan kelulusan peserta didik sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku
  2. Madrasah menetapkan kelulusan peserta didik dengan ketentuan sebagai berikut:
    a. Kelulusan Madrasah Aliyah (MA)/Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) ditetapkan pada tanggal 6 Mei 2024
    b. Kelulusan Madrasah Tsanawiyah (MTs) ditetapkan pada tanggal 10 Juni 2024
    c. Kelulusan Madrasah Ibtidaiyah (MI) ditetapkan pada tanggal 10 Juni 2024
    d. Kelulusan Raudhatul Athfal (RA) ditetapkan pada tanggal 10 Juni 2024

Selengkapnya, bagi bapak ibu guru panitia Penulisan blangko Ijazah Madrasah silahkan mendownload Juknis dan Sosialisasi Penulisan Blangko Ijazah Madrasah Tahun Pelajaran 2023/2024 pada tombol download yang ada dibawah ini:

Juknis Penulisan Blangko Ijazah Madrasah Terbaru

Name : Juknis Penulisan Blangko Ijazah Madrasah 2024

Format : PDF

Size : 4.4 MB

File Compatible : All Windows

Demikian Petunjuk Teknis (Juknis) Penulisan Ijazah Madrasah Tahun pelajaran 2023/2024 yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih atas kunjungannya.

Ikuti websiteedukasi.com di aplikasi Whatsapp dengan cara Subscribe atau Contact Me untuk mendapatkan perangkat pembelajaran terbaru dengan sangat mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *