Juknis OSN SMP Tahun 2022

Posted on

Websiteedukasi.com – OSN SMP adalah suatu kegiatan berkelanjutan yang diadakan oleh Pusat Prestasi Nasional, bersifat olimpiade di bidang Matematika, IPA, dan IPS antar Peserta Didik SMP dan atau yang sederajat.

Pelaksanaan OSN jenjang SMP tahun 2022 berupaya untuk dapat menghasilkan anak-anak berprestasi di bidang Matematika, IPA, dan IPS dan mampu berdaya saing nasional maupun global.

Tujuan OSN SMP

OSN SMP tahun 2022 diselenggarakan bertujuan sebagai wahana olimpiade bidang ilmu Matematika, IPA, dan IPS bagi peserta didik SMP atau sederajat dalam rangka meningkatkan mutu Pendidikan khususnya bidang sains yang berasaskan Pendidikan karakter meliputi regligiusitas, integritas, nasionalisme, kemandirian, dan gotong royong.

Tema OSN SMP

Adapun tema penyelenggaraan OSN SMP tahun 2022 yaitu “TALENTA SAINS UNTUK INDONESIA MAJU

Sasaran OSN SMP

Peserta OSN SMP tahun 2022 adalah peserta didik yang terdaftar sebagai siswa SMP dan/atau yang sederajat kelas 7 dan 8 pada tahun ajaran 2020/202 serta berusia maksimal 16 tahun per 31 Desember 2022.

Jadwal Pelaksanaan

Jadwal pelaksanaan OSN SMP tahun 2022 dapat dilihat pada tabel berikut ini:

Soal OSN SMP

1) Jenis soal OSN SMP tahun 2022 adalah:
a) Cabang IPA: tes observasi dan tes teori.
b) Cabang Matematika: tes teori.
c) Cabang IPS: tes observasi dan tes teori.

2) Bentuk soal teori OSN SMP tahun 2022 adalah:
a) Cabang IPA: pilihan jamak dan isian.
b) Cabang Matematika: uraian.
c) Cabang IPS: pilihan jamak dan uraian.

Persyaratan Peserta

Persyaratan peserta OSN SMP tahun 2022 adalah sebagai berikut:

  1. Peserta adalah Warga Negara Indonesia.
  2. Peserta bukan peraih medali emas, perak, dan perunggu pada OSN SMP Tingkat Nasional Tahun 2021 pada semua cabang lomba.
  3. Peserta terdaftar sebagai siswa SMP dan/atau sederajat.
  4. Peserta didik yang terdaftar sebagai siswa SMP dan/atau sederajat, kelas 7 atau 8 pada tahun ajaran 2021/2022, dan berusia maksimal 16 tahun pada 31 Desember 2022.
  5. Peserta memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) atau Education Management Information System (EMIS).
  6. Peserta memiliki nilai rapor setiap semester sejak semester pertama serendah-rendahnya 75 (tujuh puluh lima) untuk cabang lomba yang akan diikuti.
  7. Peserta mengisi dan menandatangani surat pernyataan integritas dalam mengikuti seleksi OSN SMP tahun 2022.
  8. Peserta memiliki surat keterangan siswa aktif dari sekolah.

Pusat Informasi

Para peserta yang mengalami permasalahan dapat bertanya kepada narahubung melalui pesan WhatsApp maupun SMS. Narahubung tidak melayani/menerima panggilan telepon.

Sosial media Pusat Prestasi Nasional memberikan informasi terbaru mengenai lomba, festival, dan Olimpiade. Informasi yang diunggah pada media sosial bersifat benar dan dapat dipertanggungjawabkan. Berikut ini daftar narahubung pusat dan sosial media yang dapat dihubungi:

Selengkapnya, bagi yang ingin mendownload Panduan Teknis OSN SMP Tahun 2022 silahkan melalui tautan link yang ada di bawah ini;

Panduan Teknis OSN SMP Terbaru

Name : Panduan OSN SMP 2022

Format : PDF

Size : 1.7 MB

File Compatible : All Windows

Download Juga:
Silabus OSN SMP Tahun 2022 – Download

Demikianlah Panduan Teknis /Juknis Olimpiade Sains Nasional (OSN) Jenjang SMP Tahun 2022 yang dapat di bagikan, semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih atas kunjungannya.

Ikuti websiteedukasi.com di aplikasi Google News dengan cara Following (temukan feed Kami di bagian Following/Mengikuti) atau Contact Me untuk mendapatkan perangkat pembelajaran terbaru dengan sangat mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.