Juknis OSN SMA Tahun 2022

Posted on

Websiteedukasi.com – OSN SMA/MA yang dilaksanakan oleh Pusat Prestasi Nasional bertujuan untuk memfasilitasi bakat, minat, dan prestasi peserta didik di bidang sains. Selain itu, kompetisi sains diharapkan mampu membentuk peserta didik berprestasi yang jujur, disiplin, sportif, tekun, kreatif, tangguh, cinta tanah air dan berkarakter.

Bidang lomba dalam OSN SMA tahun 2022 meliputi 9 (sembilan) bidang keilmuan, yaitu: Matematika, Fisika, Kimia, Informatika/Komputer, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi.

Mekanisme seleksi penyelenggaraan OSN dilakukan mulai dari tingkat sekolah, kabupaten/kota, provinsi, nasional, dan internasional. Dalam buku ini, disampaikan informasi mengenai prosedur, peraturan, dan mekanisme kegiatan OSN sebagai pedoman bagi penyelenggara OSN setiap jenjangnya.

Sebagaimana tahun 2021 lalu, pada tahun ini karena kondisi pendemik masih belum mereda, dengan mengacu pada protokol kesehatan pelaksanaan lomba-lomba dilakukan secara daring/online di bawah pengawasan dari Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota/Provinsi.

Pusat Prestasi Nasional Kemendikbud Ristek Telah menyusun Panduan teknis pelaksanaan OSN SMA/MA tahun 2022, panduan ini merupakan penyempurnaan dari pedoman sebelumnya. Harapannya, panduan teknis ini dijadikan pedoman bagi seluruh pihak terkait dalam mengikuti pelaksanaan OSN SMA tahun 2022.

Keikutsertaan OSN SMA

Hasil OSN tahun 2022 akan dipersiapkan mewakili Indonesia pada ajang olimpiade sains internasional tahun 2023. Tempat pelaksanaan olimpiade sains tingkat internasional tahun 2023 adalah:

  1. International Mathematical Olympiad (IMO)
    Chiba, Jepang
  2. International Physics Olympiad (IPhO)
    Tokyo, Jepang
  3. International Chemistry Olympiad (IChO)
    Zürich, Swiss.
  4. International Olympiad in Informatics (IOI)
    Hungaria
  5. International Biology Olympiad (IBO)
    Rusia
  6. International Olympiad on Astronomy and Astrophysics (IOAA)
    Chorzów, Polandia
  7. International Earth Science Olympiad (IESO)
    To be decided (TBD)
  8. International Geography Olympiad (iGeo)
    Bandung, Indonesia
  9. International Economics Olympiad (IEO)
    To be decided (TBD)

Jadwal Pelaksanaan

Pelaksanaan Olimpiade Sains SMA dilakukan melalui seleksi secara berjenjang dengan urutan waktu sebagai berikut:

Pusat Informasi

Narahubung bertugas melayani peserta jika mengalami permasalahan akses dan kendala-kendala teknis selama pelaksanaan latihan maupun pelaksanaan seleksi OSN secara daring. Para peserta yang mengalami permasalahan seperti yang dimaksud di atas, dapat bertanya kepada narahubung masing-masing bidang melalui layanan chat (tidak melayani panggilan telepon). Daftar Narahubung Pusat yang dapat dihubungi adalah sebagai berikut :

Selengkapnya, bagi yang ingin mendownload Panduan Teknis OSN SD Tahun 2022 silahkan melalui tautan link yang ada di bawah ini;

Panduan Teknis OSN SMA Terbaru

Name : Pedoman OSN SMA 2022

Format : PDF

Size : 4.2 MB

File Compatible : All Windows

Download Juga:
Soal OSN SMA – Download

Demikianlah Panduan Teknis /Juknis Olimpiade Sains Nasional (OSN) Jenjang SMA/MA Tahun 2022 yang dapat di bagikan, semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih atas kunjungannya.

Ikuti websiteedukasi.com di aplikasi Google News dengan cara Following (temukan feed Kami di bagian Following/Mengikuti) untuk mendapatkan perangkat pembelajaran terbaru dengan sangat mudah.