Program Gerakan Literasi Sekolah Tahun 2020/2021

Posted on

Websiteedukasi.com – Program Gerakan Literasi Sekolah Tahun 2020/2021. Halo sobat websiteedukasi, pada postingan ini saya kan berbagi Contoh Program Gerakan Literasi Sekolah Tahun Pelajaran 2020/2021 yang bisa anda unduh secara gratis.

Gerakan literasi sekolah (GLS) adalah merupakan program yang dicanangkan pemerintah untuk membudayakan membaca dan menulis. Literasi tidak sekedar membaca dan menulis, namun mencakup keterampilan berpikir menggunakan sumber-sumber pengetahuan dalam bentuk cetak, visual, digital, dan auditori.

Literasi merupakan keterampilan penting dalam hidup. Sebagian besar proses pendidikan bergantung pada kemampuan dan kesadaran literasi. Budaya literasi yang tertanam dalam diri peserta didik memengaruhi tingkat keberhasilannya, baik di sekolah maupun dalam kehidupan bermasyarakat. Gerakan Literasi Sekolah (GLS) adalah merupakan sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh dan berkelanjutan untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang warganya literat sepanjang hayat melalui pelibatan publik.

Hal yang paling mendasar dalam praktik literasi adalah kegiatan membaca. Keterampilan membaca merupakan fondasi untuk mempelajari berbagai hal lainnya. Kemampuan ini sangat penting bagi pertumbuhan intelektual peserta didik. Melalui membaca peserta didik dapat menyerap pengetahuan dan mengeksplorasi dunia yang bermanfaat bagi kehidupannya. Membaca memberikan pengaruh budaya yang amat kuat terhadap perkembangan literasi peserta didik.

Penguatan pembiasaan wajib baca sangat penting diterapkan dalam pendidikan di Indonesia, karena wajib baca mempunyai tujuan yang sangat luas dan mendasar yakni

  1. membentuk budi pekerti luhur;
  2. mengembangkan rasa cinta membaca;
  3. merangsang tumbuhnya kegiatan membaca di luar sekolah;
  4. menambah pengetahuan dan pengalaman;
  5.  meningkatkan intelektual;
  6. meningkatkan kreativitas;
  7. meningkatkan kemampuan literasi tinggi.

Sudahkah sekolah yang bapak/ ibu sudah memiliki Program Gerakan Literasi Sekolah Terbaru? Jika belum , bapak dan ibu guru bisa mendapatkan Contoh Program Gerakan Literasi Sekolah Tahun Pelajaran 2020/2021 melalui postingan ini.

Selengkapnya, bagi bapak/ ibu guru yang belum memiliki Contoh Program Gerakan Literasi Sekolah Terbaru Tahun Pelajaran 2020/2021 bisa mengudnuhnya melalui tautan link yang saya sematkan di bawah ini.

Cover Program GLS.docx, Unduh
Lembar Pengesahan Program GLS.docx, Unduh
Contoh Program GLS.docx, Unduh

Demikian Contoh Program Gerakan Literasi Sekolah Tahun Pelajaran 2020/2021 yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat.

Ikuti websiteedukasi.com di aplikasi Whatsapp dengan cara Subscribe atau Contact Me untuk mendapatkan perangkat pembelajaran terbaru dengan sangat mudah.

1 comment

  1. Terima Kasih Sahabatku, semoga program literasi sekolahnya bermanfaat bagi kami. semoga menjadi ladang amal bagi sahabatku. Aamiin Ya Rabbal Aalamiin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *