Juknis Penulisan Ijazah 2022 SD SMP SMA SMK

Posted on

Websiteedukasi.com – Telah di tetapkan Penulisan Blangko Ijazah yang diatur dalam Persekjen Kemendikbud Ristek Nomor 1 Tahun 2022 tentang Spesifikasi teknis, bentuk dan tata cara pengisian blangko ijazah pendidikan dasar dan pendidikan menengah tahun pelajaran 2021/2022.

Ijazah adalah dokumen resmi, dalam penulisannya diperlukan Panduan sebagai penjamin kualitas, keaslian, dan keabsahan pada tingkat SD/SDLB, SMP/SMPLB, SMA/SMALB, SMK, Program Paket A, Program Paket B, dan Program Paket C, atau sederajat.

Untuk menjamin ketertiban dan keserasian dalam penerbitan ijazah sesuai dengan prinsip kehati-hatian, efisien, efektif dan akuntabel oleh satuan pendidikan bagi peserta didik, perlu diatur spesifikasi teknis, bentuk, dan tata cara pengisian blangko ijazah.

Peraturan Sekjen Kemendikbudristek No. 1 Tahun 2022 ditetapkan untuk melaksanakan ketentuan Pasal 11 Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2017 tentang ljazah dan Sertifikat Hasil Ujian Nasional.

Peraturan Sekretaris Jenderal Mendikbud Ristek Nomor 1 Tahun 2022 merupakan pedoman untuk menentukan spesifikasi dan bentuk Blangko Ijazah, melakukan pengadaan dan pendistribusian Blangko Ijazah Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah dan pengisian Blangko Ijazah Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Melalui Peraturan ini, Peraturan Sekretaris Jenderal Kemdikbud Ristek No 1 Tahun 2022 Pasal 6 menyampaikan tanggal kelulusan ditetapkan secara nasional sebagai berikut:

a. Kelulusan SD, SDLB, Program Paket A atau sederajat ditetapkan tanggal 15 Juni
b. Kelulusan SMP, SMPLB, Program Paket B atau sederajat ditetapkan tanggal 15 Juni
c. Kelulusan SMK atau sederajat ditetapkan tanggal 3 Juni
d. Kelulusan SMA, SMALB, Program Paket C ditetapkan tanggal 5 Mei tahun berkenaan.

Pada Pasal 8 Peraturan Sekretaris Jenderal Kemdikbud Ristek Nomor 1 Tahun 2022 di sampaikan Ijazah diberikan paling lambat 15 (lima belas) hari kerja sejak tanggal diterimanya Blangko Ijazah oleh Satuan Pendidikan dan Tanggal penerbitan Ijazah paling cepat satu hari setelah tanggal pengumuman kelulusan dan paling lambat 31 Juli 2022.

SPESIFIKASI TEKNIS DAN BENTUK BLANGKO IJAZAH

A. Spesifikasi Kertas
1. Spesifikasi kertas Blangko Ijazah adalah sebagai berikut.
a. Jenis : kertas berpengaman khusus (security paper);
b. Ukuran : 21 cm x 29,7 cm;
c. Berat : 150 gr/m2 dengan toleransi ± 4 gr/m
d. Tebal : 180 – 210 mm;
e. Opasitas : minimum 90%;
f. Kecerahan : 80% dengan toleransi ± 5% (brightness);
g. Bahan : pulp kayu kimia 100%;
h. Warna : krem;
i. Pengaman : tanda air lambang Garuda Pancasila sebar; dan
j. Minutering :
1) berupa serat berwarna merah kasat mata yang berpendar berwarna merah jika disinari dengan sinar ultraviolet.
2) berupa serat berwarna biru dan kuning tidak kasat mata yang berpendar berwarna biru dan kuning jika disinari dengan sinar ultraviolet.

Selengkapnya, bagi yang ingin mendownload Peraturan Sekjen Kemendikbud Ristek Nomor 1 Tahun 2022 Tentang Petunjuk Teknis Pengisian Blangko Ijazah tahun pelajaran 2021/2022 silahkan melalui link yang ada di bawah ini:

Petunjuk Teknis Penulisan Balngko Ijazah Terbaru

Name : Juknis Ijazah 2022

Format : PDF

Size : 6.3 MB

File Compatible : All Windows

Rekomendasi Kami:
Contoh Format Pengambilan Ijazah – Download

Demikianlah Petunjuk Teknis atau Juknis Penulisan Blangko Ijazah jenjang SD SMP SMA SMK  Tahun Pelajaran 2021/2022 yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih atas kunjungannya.

Ikuti websiteedukasi.com di aplikasi Whatsapp dengan cara Subscribe atau Contact Me untuk mendapatkan perangkat pembelajaran terbaru dengan sangat mudah.

1 comment

  1. Terima Kasih atas informasinya, namun masih ada beberapa yg perlu kami tanyakan hal Spesifikasi Kertas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *