Teknik Dasar Bantingan Osoto-Gari – Beladiri Judo

Posted on

Osoto-Gari adalah teknik bantingan dengan cara menyapit/menjepit luar dengan kaki (Large Reap/Clip).

Untuk mensukseskan teknik ini, petama yang Anda lakukan menghilangkan keseimbangan badan lawan ke serong kanan belakang, sehingga ia kan menempatkan seluruh berat badannya pada tumit kaki kanannya dan pada saat itu Tori menyapi/menjepit kaki kanan Uke dari luar dengan kaki kanan Tori.

Bila Tori melangkah ke kiri cukup jauh maka ia mendapat cukup kekuatan untuk malakukan sabitan dengan kaki kanannya. Berikut teknik pelaksanaannya ….

 Teknik Dasar Bantingan Osoto- Rari – Beladiri Judo

Gambar : Bantingan Osoto-Rari

1.Sikap pegangan kanan yang biasa

2. Usahakan agar Uke melangkah maju dengan kaki kanannya melalui suatu tarikan dengan tangan kiri Tori ke arah serong kanan depan Uke. Kemudian Tori melangkah maju ke samping kaki kanan Uke dengan kai kirinya sambil manrik (Hikite) dengan tangan kiri mendorong (Oshite) dengan tangan kanan agar seimbang badan Uke ke serong kanan belakang di hilangkan.

3,4,5. Kemudian angkatlah kaki kanan melali samping kaki kanan Uke lalu ayunkan kembali kebelakang menyambar dan menjepit kaki kanan Uke dengan tungkai bawah.

6,7. Pada saat bersamaan tariklah kebawah dengan tanga kiri dengan mendorong dengan tangan kanan (Oshite) ke arah serong kanan belakang. Semua gerakan tersebut akan mengakibatkan Uke terlempar dan jatuh pada samping kirinya.

Catatan :

  • Tori harus dekat dengan Uke sehingga mudah menghilangkan keseimbangan badan.
  • Tori harus menarik Uke keatas melangkah jauh
  • Tori pada saat melangkah maju dengan kaki kirinya saat itu pula melaklukan gerak mengayun menyambar/menjepit dengan kaki kanan sehingga Uke akan terlempar jauh.

40 Teknik Bantingan Judo (Nage Waza) – Jigoro Kano telah menyelesaikan semua teknik lemparan Judo pada tahun 1895. Semua teknik bantingan Judo berjumlah 40 (empat puluh) teknik yang di bagi atas lima kelompok Baca Selengkapnya

Demikian kami sampaikan mengenai Teknik Dasar Bantingan Osoto- Rari – Beladiri Judo, terimakasih sudah berkunjung di aak-share.com dan semoga bermanfaat.

Ikuti websiteedukasi.com di aplikasi Google News dengan cara Following (temukan feed Kami di bagian Following/Mengikuti) untuk mendapatkan berita & perangkat pembelajaran terbaru dengan sangat mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *