Suplemen BDR Bersama Orang Tua untuk SMP

Posted on

Websiteedukasi.com – Situasi pandemi corona virus deseas (covid-19) yang terjadi di seluruh penjuru dunia telah mempengaruhi penutupan sekolah hingga akhirnya mengharuskan pemerintah untuk mengeluarkan kebijakan “jaga jarak” (social distancing). Hal ini menyebabkan kegiatan pembelajaran tidak bisa berjalan normal seperti biasanya. Belajar dari rumah (learning from home – LFH) bagi siswa dan mengajar/bekerja dari rumah (work from home – WFH) bagi guru untuk semua jenjang pendidikan.

Learning from home atau secara konseptual adalah pembelajaran jarak jauh ini termasuk baru untuk jenjang SMP, sehingga berimplikasi pada proses pelaksanaannya. Guru tidak sendiri lagi mengelola pembelajaran seperti di sekolah, demikian juga orangtua tidak lagi dapat menyerahkan seluruh aktivitas belajar anak kepada guru, namun orangtua dan guru bekerja sama untuk mendampingi siswa dalam kegiatan belajarnya.

Perubahan ini dirasakan oleh siswa, guru dan juga orangtua, sehingga dibutuhkan strategi untuk efektivitas komunikasinya. Interaksi guru dan orangtua dalam proses kegiatan belajar anak membutuhkan strategi yang dapat menyesuaikan karakteristik siswa, guru, orangtua yang memenuhi kriteria pembelajaran jarak jauh.

Untuk membantu guru dan orangtua dalam mengoptimalkan tumbuh kembang anak melalui kegiatan belajar di rumah, dibutuhkan suplemen yang dapat memberikan petunjuk bagi guru dan orangtua.

Dengan demikian, suplemen ini disusun agar guru dan orangtua dapat bekerja sama secara efektif dalam memberikan kegiatan stimulasi perkembangan anak selama belajar di rumah. Diharapkan suplemen ini dapat memberikan manfaat bagi setiap pihak yang berkepentingan untuk tumbuh kembang anak secara optimal.

Tujuan Suplemen BDR untuk SMP:

  1. Melaksanakan pendampingan belajar dari rumah (BDR)
  2. Mendorong kolaborasi orangtua, guru/Tutor Paket
  3. Memberikan solusi bagi orangtua dalam melaksanakan belajar dari rumah baik daring maupun luring.
  4. Memastikan siswa mendapatkan pengalaman belajar yang bermakna, menantang dan sesuai dengan kemampuan serta kebutuhannya.

Manfaat Suplemen BDR untuk SMP:

  1. Membantu efektivitas komunikasi orangtua/keluarga dan guru/tutor Paket B.
  2. Membantu orangtua/keluarga memahami pelaksanaan kegiatan belajar anak di rumah.
  3. Membantu orangtua/keluarga membangun kelekatan dengan anak.

Bagi anda yang ingin mendownload Suplemen BDR Bersama Orang Tua untuk Sekolah Menegah Pertama silahkan melalui tautan link di bawah ini:

Suplemen BDR Orang Tua SMP.pdf, Unduh

Demikianlah Suplemen PJJ/Belajar Ddari Rumah Bersama Orang Tua untuk SMP yang dapat di bagikan, semoga bermanfaat. Terima kasih atas kunjungannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *