Soal dan Jawaban STS PKN Kelas 2 Semester 1

Posted on

Websiteedukasi.com – Download Soal Sumatif Tengah Semester (STS) atau Penilaian Tengan Semester (PTS) Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas II SD Semester Ganjil Implementasi Kurikulum Merdeka. Kegiatan STS/PTS tidak terasa sebentar lagi, adik-adik mari kita persiapkan dengan berlatih soal.

Berlatih soal dapat menambah pengetahuan, adik-adik bisa memanfaatkan soal latihan yang kakak bagikan ini. Soal ini sudah dilengkap dengan kunci jawaban untuk mata pelajaran PPKN Kelas 2 Sekolah Dasar (SD). Yuk simak penjelasan singkat dari Kakak mengenai Soal Sumatif Tengah Semester ini.

Sumatif Tengah Semester merupakan istilah baru pada Kurikulum Merdeka, pada Kurikulum 2013 istilah tersebut bernama Penilaian Tengah Semester. Materi Pelajaran pun berbenda karena sudah menggunakan Buku Kelas 2 Kurikulum Merdeka Terbitan Tahun 2021.

Kegiatan Sumatif Tengah Semester menjadi salah satu syarat kelulusan baik itu bagi peserta didik kelas bawah dan Kelas atas, oleh karena itu semua siswa diwajibkan mengikuti kegiatan PTS/STS yang diselenggarakan oleh Satuan Pendidikan pada Petengahan Semester.

Pengertian Penilaian Sumatif Tengah Semester

Penilaian sumatif tengah semester adalah suatu metode evaluasi dalam pendidikan yang dilakukan pada pertengahan periode pembelajaran.

Bentuk evaluasi yang digunakan oleh Pendidikan yaitu untuk menilai pengetahuan, keterampilan, dan pemahaman siswa setelah mereka telah menjalani sekitar setengah periode pembelajaran. Penilaian ini seringkali bersifat formatif dan dapat mencakup berbagai jenis instrumen evaluasi seperti ujian tertulis, proyek, presentasi, tugas, dan lain sebagainya.

Tujuan Penilaian Sumatif Tengah Semester

Tujuan utama dari penilaian sumatif tengah semester adalah untuk mengukur pencapaian siswa dalam hal pemahaman materi pelajaran dan kemampuan mereka dalam menguasai keterampilan tertentu pada titik waktu tertentu.

Penilaian sumatif tengah semester (STS) memberikan gambaran yang jelas tentang sejauh mana siswa telah memahami materi pelajaran yang telah diajarkan hingga saat itu. Ini memungkinkan guru untuk menentukan apakah siswa telah mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan.

Baca Juga : Soal dan Jawaban PTS/STS Kelas II SD Semua Mata Pelajaran

Manfaat Hasil Penilaian Sumatif Tengah Semester

Hasil dari penilaian Sumatif Tengah Semester dapat digunakan untuk memberikan umpan balik kepada siswa. Ini dapat membantu siswa untuk menyadari kekuatan dan kelemahan mereka dalam belajar sehingga mereka dapat memperbaiki prestasi mereka di masa depan.

Guru dapat menggunakan hasil penilaian sumatif tengah semester untuk mengidentifikasi area-area di mana siswa mungkin mengalami kesulitan dalam pemahaman materi. Hal ini memungkinkan guru untuk menyesuaikan pengajaran sesuai dengan kebutuhan individu siswa.

Sumatif Tengah Semester sebagai Evaluasi Program Pengajaran

Penilaian sumatif tengah semester juga dapat membantu guru dan lembaga pendidikan dalam mengevaluasi efektivitas program pengajaran. Jika sebagian besar siswa mendapatkan nilai rendah dalam area tertentu, ini bisa menjadi indikasi bahwa perlu ada perubahan dalam cara materi diajarkan.

Penilaian Sumatif Tengah Semester sebagai informasi Orang Tua dan Stakeholder

Hasil penilaian Sumatif Tengah Semester dapat digunakan untuk memberikan laporan kemajuan kepada orang tua dan pemangku kepentingan lainnya. Ini memungkinkan orang tua untuk memahami bagaimana anak-anak mereka sedang berkembang dalam pendidikan dan dapat mendorong kolaborasi antara rumah dan sekolah.

Contoh Soal Sumatif Tengah Semester

Bentuk soal sumatif tengah semester dapat bervariasi tergantung pada mata pelajaran, tingkat pendidikan, dan tujuan pengajaran. Berikut ini adalah contoh bentuk soal penilaian sumatif tengah semester mata pelajaran PPKN Kelas 2 Sekolah Dasar (SD) Semester 1 Kurikulum Merdeka:

A. Berilah tanda silang (x) huruf a, b, atau c pada jawaban yang paling benar!

1. Lambang negara kita adalah …
A. Bendera merah putih
B. UUD 1945
C. Garuda Pancasila

2. Perhatikan gambar berikut ini!

Simbol pohon beringin adalah simbol pancasila ke ….
A. Satu
B. Dua
C. Tiga

3. Perilaku yang menggambarkan sila ke tiga Pancasila adalah ….
A. Bermusyawarah memilih ketua kelas
B. Tidak membeda-bedakan teman
C. Rajin beribadah

4. Bunyi sila pertama pancasila adalah …
A. Ketuhanan Yang Maha Esa
B. Kemanusiaan yang adil dan beradab
C. Persatuan Indonesia

5. Perilaku yang menggambarkan menaati tata tertib disekolah adalah …
A. Mengerjakan PR bersama-sama sekolah
B. Memberikan contekan saat ulangan
C. Belajar dengan sungguh-sungguh

6. Perilaku yang menggambarkan menaati tata tertip di rumah adalah …
A. Memakai listerik boros
B. Merapikan tempat tidur
C. Berkelahi dengan adik

7. Perhatikan gambar berikut ini!

Gambar diatas menunjukan sikap ….
A. Gotong royong
B. Bermusyawarah
C. Menjalin persatuan

8. Riko sedang beribada. Maka sikap kita …
A. Menggangunya
B. Menghormatinya
C. Tidak membuat keramaian

9. Membantu teman yang kesulitan belajar adalah pengamalan Pancasila sila ke ….
A. Dua
B. Tiga
C. Empat

10. Melakukan pemilihan ketua kelas adalah pengamalan Pancasila sila ke ….
A. Tiga
B. Empat
C. Lima

B. Isilah titik-titik dibawah ini dengan jawaban yang benar
1. Perhatikan gambar berikut ini!

Simbol rantai adalah simbol pancasila ke ….
2. Sebelum belajar berdoa adalah pengamalan Pancasila sila ke…
3. Ani sedang membantu ibu menanam bunga Mawar. Ani menggambarkan sikap ….
4. Tidak membeda-bedakan teman adalah sikap ….
5. Sebutkan 2 contoh tata tertib di rumah …

Jumlah Soal Sumatif Tengah Semester

Jumlah Soal Sumatif Tengah Semester (STS) bervariasi tergantung pada mata pelajaran, tingkat pendidikan, dan tujuan pengajaran. Dan untuk Mata Pelajaran PPKN Kelas II SD Semester 1 Kurikulum Merdeka yang kakak bagikan ini terdiri dari 10 (sepuluh) soal pilihan ganda, 5 (lima) soal esai serta dilengkapi dengan kunci jawaban.

Cara Mendapatkan File Soal Sumatif Tengah Semester

Mendapatkan Soal dan Kunci Jawaban Sumatif Tengah Semester (STS) PPKN Kelas 2 SD Semester 1 Kurikulum Merdeka yang kakak bagikan ini sangatlah mudah, caranya silahkan mengunduh filenya melalui tombol Download yang ada dibawah ini.

Soal Penilaian Tengah Semester SD

Name : Soal STS 1 PPKN Kelas 2

Format : Word

Size : 213 KB

File Compatible : All Windows

Download Juga :
Soal dan Kunci Jawaban PTS/STS Kelas I Semester 1
Soal dan Kunci Jawaban PTS/STS Kelas II Semester 1
Soal dan Kunci Jawaban PTS/STS Kelas III Semester 1
Soal dan Kunci Jawaban PTS/STS Kelas IV Semester 1
Soal dan Kunci Jawaban PTS/STS Kelas V Semester 1
Soal dan Kunci Jawaban PTS/STS Kelas VI Semester 1

Demikian Soal dan Kunci Jawaban STS/ PTS PPKN Kelas 2 Jenjang SD/MI Semester 1 (Ganjil) Implementasi Kurikulum Merdeka yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih atas kunjungannya.

Ikuti websiteedukasi.com di aplikasi Whatsapp dengan cara Subscribe atau Contact Me untuk mendapatkan perangkat pembelajaran terbaru dengan sangat mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *