Kalender Pendidikan Bali Tahun 2024/2025

Posted on

Websiteedukasi.com – Download Kalender Pendidikan (Kaldik) Provinsi Bali Tahun Pelajaran 2024/2025. Dalam rangka efektifitas pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dan guna memantapkan mutu pendidikan di Bali, perlu adanya pengaturan penggunaan waktu Sekolah/Madrasah secara optimal dengan memperhatikan hari belajar efektif dan hari libur Sekolah/Madrasah.

Pemerintah Provinsi Bali telah menerbitkan Kalender Pendidikan Tahun Ajaran Baru dengan Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Bali Nomor : B.10.400.3/5600/UPTD. BPTP/DIKPORA Tentang Kalender Pendidikan Provinsi Bali Tahun Pelajaran 2024/2025.

Apa itu Kalender Pendidikan?

Kalender Pendidikan adalah pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran siswa selama satu tahun pelajaran yang mencakup permulaan tahun pelajaran, minggu efektif sekolah, hari efektif sekolah/madrasah dan hari libur. Kalender Pendidikan digunakan sebagai acuan dalam rangka efektifitas pelaksanaan kegiatan belajar mengajar pada satuan pendidikan.

Dasar Kalender Pendidikan

Kalender Pendidikan (Kaldik) Provinsi Bali Tahun Ajaran 2024/2025 disusun berdasarkan Keputusan bersama antara Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 855 Tahun 2023, Nomor 3 Tahun 2023, dan Nomor 4 Tahun 2023 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2024.

Kalender Pendidikan ini juga disusun sebagai penjabaran dari Surat Edaran Gubernur Bali Nomor B.10.422.3/24485/PK/BKPSDM Tanggal 25 Oktober 2023, Prihal Hari Libur Nasional, Cuti Bersama dan Dispensasi Hari Raya Suci Hindu di Bali Tahun 2024.

Tahun Ajaran Baru

BAB II
PERMULAAN DAN AKHIR TAHUN PELAJARAN
Pasal 2

Tahun pelajaran 2024/2025 dimulai pada hari Senin, 15 Juli 2024 dan berakhir pada hari Sabtu, 19 Juni 2025.

BAB III
PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DAN PERSIAPAN
TAHUN PELAJARAN 2024/2025
Pasal 3

1. Penerimaan peserta didik baru tahun pelajaran 2024/2025 dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut :
(a). Pemberitahuan ke masyarakat,
(b). Pendaftaran,
(c). Seleksi,
(d). Pengumuman Peserta Didik yang diterima, dan
(e). Pendaftaran ulang peserta didik yang diterima, dengan mengacu kepada Ketentuan Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2024/2025;
2. Perencanaan kelas dilaksanakan bulan Mei 2024.

BAB IV
PERMULAAN TAHUN PELAJARAN
Pasal 4

Pelaksanaan minggu pertama masuk Sekolah/Madrasah/Widya Pasraman dari jenjang TK/RA/PWP, TKLB, jenjang SD/MI/AWP, SDLB, jenjang SMP/MTs/MWP, SMPLB, jenjang SMA/MA/UWP, SMALB, dan SMK/MAK tanggal 15 s.d 20 Juli 2024.

Pasal 5

Kegiatan minggu pertama masuk Sekolah/Madrasah/Widya Pasraman dapat diisi dengan kegiatan :
1. Untuk SD/MI/AWP dan SDLB antara lain :
a. Pengenalan Sekolah/Madrasah/Widya Pasraman dan cara belajar;
b. Pengumpulan data untuk kepentingan Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah/Widya Pasraman termasuk pengumpulan data melalui angket orang tua, angket peserta didik, kuesioner dan pengisian Buku Laporan Pribadi;

2. Untuk peserta didik baru jenjang SMP/MTs/MWP, SMPLB, SMA/MA/UWP, SMALB dan SMK/MAK diisi dengan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS);

3. Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) diisi dengan kegiatan bridging course (persiapan-persiapan belajar pada jenjang Sekolah/Madrasah/Widya Pasraman yang lebih tinggi), budi pekerti/agama, peningkatan sradha dan bhakti generasi muda, kerja bakti, pemisahan sampah plastik, reboisasi, pengenalan Sekolah/Madrasah/Widya Pasraman dan lain-lain yang bersifat mendidik serta tidak boleh digunakan untuk kegiatan yang mengarah pada perploncoan dan kekerasan di lingkungan satuan pendidikan;

4. Untuk peserta didik yang tidak mengikuti MPLS diisi dengan kegiatan sesuai dengan situasi dan kondisi setempat, misalnya : Bakti Sosial, Porseni, Pendalaman Materi, Tes Penyegaran Bidang Studi/Mata Pelajaran dan sebagainya.

BAB V
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pasal 6

Kegiatan pembelajaran dari jenjang TK/RA/PWP, TKLB, jenjang SD/MI/AWP, SDLB, jenjang SMP/MTs/MWP, SMPLB, dan jenjang SMA/MA/UWP, SMALB dan SMK/MAK, dilaksanakan mulai hari Senin tanggal 22 Juli 2024.

Pasal 7

Pada permulaan semester, guru berkewajiban membuat persiapan mengajar agar kegiatan pembelajaran dapat mencapai tujuan yang efektif. Guru sebagai pengelola kegiatan pembelajaran wajib mempersiapkan
kegiatan antara lain :
1. Program Tahunan;
2. Program Semester;
3. Menyusun Silabus;
4. Menyusun Modul Ajar dan perangkat pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum yang digunakan sekolah;
5. Program ekstrakurikuler dan kokurikuler, pendekatan belajar mengajar dan penilaian serta bimbingan karier.

Pasal 8

Penyerahan Rapor/Capaian Pembelajaran kepada peserta didik dilaksanakan :
1. Semester 1 (satu) :
a. untuk sekolah yang melaksanakan 5 (lima) hari belajar perminggu dilaksanakan pada hari Jumat, 20 Desember 2024;
b. untuk sekolah yang melaksanakan 6 (enam) hari belajar perminggu dilaksanakan pada hari Sabtu, 21 Desember 2024;

2. Semester 2 (dua) :
a. untuk sekolah yang melaksanakan 5 (lima) hari belajar perminggu dilaksanakan pada hari Jumat, 20 Juni 2025;
b. untuk sekolah yang melaksanakan 6 (enam) hari belajar perminggu dilaksanakan pada hari Sabtu, 21 Juni 2025.

Pasal 9

Sekolah/Madrasah/Widya Pasraman dapat menyelenggarakan kegiatan pendidikan 5 (lima) atau 6 (enam) hari belajar perminggu yang setara dengan 200 hari sampai dengan 245 hari belajar efektif per tahun sepanjang tidak mengurangi jumlah jam belajar efektif yang telah ditetapkan.

BAB VI
KEGIATAN TENGAH SEMESTER
Pasal 10

1. Tengah semester adalah penggalan paruh waktu yang ada pada semester 1 dan semester 2.
2. Pada tengah semester 1 dan semester 2 Sekolah/Madrasah/Widya Pasraman dapat melakukan kegiatan minggu olahraga dan seni, karyawisata, lomba kreativitas, atau praktek pembelajaran yang bertujuan untuk mengembangkan bakat, kepribadian, prestasi dan kreativitas peserta didik dalam rangka pengembangan pendidikan anak seutuhnya.
3. Kegiatan tengah semester direncanakan dan dilaksanakan oleh Sekolah/Madrasah/Widya Pasraman selama 4 (empat) hari.

BAB VII
PENILAIAN HASIL BELAJAR DAN ASESMEN
Pasal 11

1. Penilaian Hasil Belajar meliputi Penilaian Harian, Penilaian Tengah Semester, Penilaian Akhir Semester, Uji Kompetensi Keahlian (UKK), Penilaian Formatif, Penilaian Sumatif, dan Ujian Akhir Sekolah.
2. Penilaian Akhir Semester 2 (dua) pada tahun pelajaran 2024/2025 untuk jenjang SD/MI/AWP, SDLB, SMP/MTs/MWP, SMPLB, SMA/MA/UWP, SMALB, dan SMK/MAK dilaksanakan setelah Ujian Akhir Sekolah atau yang sejenisnya.
3. Pelaksanaan Asesmen Nasional dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi atau lembaga yang berwenang.

Pasal 12

Waktu pelaksanaan Ujian Akhir Sekolah atau yang sejenisnya untuk jenjang SD/MI/AWP, SDLB, jenjang SMP/MTs/MWP, SMPLB, jenjang SMA/MA/UWP, SMALB dan SMK/MAK diselenggarakan antara bulan Pebruari sampai dengan Bulan Mei tahun berjalan atau sesuai dengan ketentuan yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi atau lembaga yang berwenang.

BAB VIII
HARI EFEKTIF BELAJAR SEKOLAH/MADRASAH/WIDYA PASRAMAN
Pasal 13

Jumlah Hari Efektif Belajar Sekolah/Madrasah/Widya Pasraman dalam satu tahun pelajaran sekurang-kurangnya 200 (dua ratus) hari, sebanyakbanyaknya 245 (dua ratus empat puluh lima) hari.

Pasal 14

Jumlah Hari Efektif Sekolah/Madrasah/Widya Pasraman pada tahun pelajaran 2024/2025 dengan sistem semester sebagai berikut :

  1. Semester 1 (satu) selama 123 hari, mulai pada hari Senin, tanggal 15 Juli 2024 dan berakhir pada hari Jumat, tanggal 20 Desember 2024;
  2. Semester 2 (dua) selama 117 hari, mulai hari Senin, tanggal 6 Januari 2025 dan berakhir pada hari Sabtu, tanggal 19 Juni 2025.

BAB IX
HARI LIBUR SEKOLAH/MADRASAH/WIDYA PASRAMAN
Pasal 15

Libur Semester dari jenjang TK/RA/PWP, TKLB, jenjang SD/MI/AWP, SDLB, jenjang SMP/MTs/MWP, SMPLB, dan jenjang SMA/MA/UWP, SMALB, dan SMK/MAK atau sekolah lain yang setingkat diatur sebagai
berikut :

  1. Libur Semester 1 (satu) selama 12 (dua belas) hari kerja mulai hari Senin s.d Sabtu, tanggal 23 Desember 2024 s.d 4 Januari 2025.
  2. Libur Semester 2 (dua) selama 12 (dua belas) hari kerja mulai hari Senin s.d Sabtu, tanggal 23 Juni s.d 5 Juli 2025.
  3. Libur akhir tahun pelajaran 2024/2025, selama 12 (dua belas) hari kalender mulai hari Senin s.d Sabtu, tanggal 7 Juli s.d 19 Juli 2025.
Download Kalender Pendidikan

Informasi lebih lengkapnya, bagi anda yang belum memiliki Kalender Pendidikan (Kaldik) Provinsi Bali Tahun Pelajaran 2024/2026 silahkan mendownloadnya melalui link yang ada di bawah ini:

Kalender Pendidikan Terbaru

Name : Kalender Pendidikan Prov. Bali 2024-2025

Format : PDF

Size : 2.50 MB

File Compatible : All Windows

Rekomendasi Kami:
 Kalender Pendidikan 2024/2025 Lengkap Semua Provinsi

Demikian Kalender Pendidikan (Kaldik) Provinsi Bali Tahun Pelajaran 2024/2025 yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih atas kunjungannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *