Kalender Pendidikan Provinsi DKI Jakarta Tahun 2021/2022

Posted on

Websiteedukasi.com – Pemerintah DKI Jakarta telah menerbitkan Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor 531 Tahun 2021 Tentang Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2021/2022.

Kalender Pendidikan atau disingkat kaldik DKI Jakarta di tetapkan berdasarkan ketentuan Pasal 3 ayat (6) butir c dan butir d Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 61 Tahun 2014 tentang Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah perlu menetapkan kalender pendidikan.

Dalam rangka memberikan panduan kepada seluruh jenjang pendidikan di Satuan Pendidikan baik Negeri maupun Swasta untuk mengatur pembelajaran dan penyusunan rencana program dan kegiatan pada Tahun Pelajaran 2021/2022 di Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta, maka dipandang perlu menetapkan Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2021 / 2022.

Penetapan Kalender Pendidikan sebagai dasar dan acuan dalam penyelenggaraan pendidikan pada jenjang pendidikan PAUD, SD/SDLB, PaketA, SMP/SMPLB, Paket B, SMA/SMALB, SMK dan Paket C di Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

PERMULAAN DAN AKHIR TAHUN PELAJARAN

Tahun Pelajaran 2021/2022 dimulai hari Senin, tanggal 12 Juli 2021 dan berakhir hari Jumat, tanggal 24 Juni 2022. Untuk Pendidikan Kesetaraan pada PKBM dimulai hari Senin, tanggal 2 Agustus 2021 dan berakhir hari Jumat, tanggal 1 Juli 2022.

PPDB DAN PERSIAPAN TAHUN PELAJARAN

  1. Alur Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) diatur tersendiri dalam Peraturan Gubernur;
  2. Pengaturan kelas dan penyusunan jadwal pelajaran dilaksanakan selambat-lambatnya hari Jumat, tanggal 9 Juli 2021;
  3. Sebelum memasuki tahun pelajaran baru, Kepala Satuan Pendidikan wajib membuat program yang mencakup:
    a. Program Kerja Sekolah;
    b. Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS).
  4. Sebelum tahun pelajaran baru, Pendidik (guru/tutor) wajib membuat program yang mencakup:
    a. Program Tahunan dan Semester;
    b. Program Kegiatan Pembelajaran;
    c. Program Pengembangan Diri yang meliputi:
    1) Kegiatan ekstrakurikuler, khusus bagi guru yang diberikan tugas sebagai Pembina kegiatan ekstrakurikuler;
    2) Layanan bimbingan dan peminatan pembelajaran oleh Guru Bimbingan Konseling (BK).
    d. Program lain dalam rangka pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS).

HARI-HARI PERTAMA MASUK SEKOLAH

Hari-hari pertama masuk sekolah bagi Peserta Didik SPAUD, TKLB, kelas I SD, dan SDLB, kelas VII SMP dan SMPLB, kelas X SMA, SMALB, dan SMK berlangsung selama 3 (tiga) hari kerja terhitung mulai tanggal 12 sampai dengan 14 Juli 2021 diisi dengan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Bagi Peserta Didik Pendidikan Kesetaraan Paket A setara SD, Paket B setara SMP dan Paket C setara SMA kelas awal dilaksanakan pada tanggl 2 sampai dengan 4
Agustus 2021.

WAKTU KEGIATAN PEMBELAJARAN

1. Kegiatan Pembelajaran

  • Kegiatan pembelajaran bagi SPAUD, TKLB, kelas I SD dan SDLB, kelas VII SMP dan SMPLB, kelas X SMA, SMALB dan SMK dimulai hari Kamis, tanggal 15 Juli 2021;
  • Kegiatan pembelajaran bagi kelas II sampai dengan kelas VI SD dan SDLB, kelas VIII dan IX SMP dan SMPLB, kelas XI dan XII SMA dan SMK, dan kelas XIII khusus program SMK 4 tahun dimulai hari Serrin, tanggal 12 Juli 2021; dan
  • Kegiatan pembelajaran bagi Paket A Tingkatan 1/Derajat Awal setara kelas II dan III, Tingkatan 2/Derajat Dasar setara kelas IV sampai VI, paket B Tingkatan 3/Derajat Terampil 1 setara kelas VIII, dan Tingkatan 4 / Derajat Terampil 2 setara kelas IX, Paket C Tingkatan VI/Derajat Mahir 2 setara kelas XI dan XII dimulai hari Kamis, tanggal 5 Agustus 2021;

2. Ujian dan Ulangan

  • Pada akhir kegiatan pembelajaran dilaksanakan Ujian Akhir yang pelaksanaanya akan diatur dalam ketentuan tersendiri; dan
  • Ulangan harian, ulangan tengah semester dan ulangan akhir semester merupakan tugas dan tanggung jawab pendidik yang diselenggarakan oleh Satuan Pendidikan.
  • Pelaksanaan Asesmen Nasional menyesuaikan dengan jadwal dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Selengkapnya, bagi yang ingin mendownload Kalender Pendidikan Provinsi DKI Jakarta Tahun Pelajaran 2021/2022 bisa mengunduhnya melalui tautan link di bawah ini.

Kaldik DKI Jakarta 2018/2019.xlsx – Download
Kaldik DKI Jakarta 2019/2020.xlsx – Download
Kaldik DKI Jakarta 2020/2021.pdf – Download
Kaldik Seluruh Provinsi 2021/2022 – Download

Kalender Pendidikan Provinsi DKI Jakarta Terbaru

Name : Kalender Pendidikan Provinsi DKI Jakarta T.P 2021/2022

Format : PDF

Size : 2.5 MB

File Compatible : All Windows

Demikian Kalender Pendidikan Provinsi DKI Jakarta Tahun Pelajaran 2021/2022 yang dapat di bagikan, semoga bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih.

Ikuti websiteedukasi.com di aplikasi Google News dengan cara Following (temukan feed website edukasi di bagian Following/Mengikuti) untuk mendapatkan berita & perangkat pembelajaran terbaru dengan sangat mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *