Format Laporan Penggunaan BOS Tahun 2021

Posted on

Websiteedukasi.com – Hallo sobat edukasi, pada postingan ini saya akan berbagi Contoh Format K7a Laporan/Pelaporan Rekapitulasi Realisasi Penggunaan Dana BOS Reguler Terbaru tahun 2021 sesuai dengan Permendikbud Nomor 6 Tahun 2021.

Bantuan Operasional Sekolah (BOS) adalah merupakan program pemerintah yang berasal dari realokasi dana subsidi BBM di bidang pendidikan. Program tersebut bertujuan untuk membebaskan biaya pendidikan bagi siswa yang tidak mampu dan meringankan siswa lain. Dengan BOS, siswa diharapkan dapat memperoleh pendidikan yang bermutu sampai 12 tahun.

BOS merupakan program pemerintah untuk penyediaan pendanaan biaya non personalia bagi satuan pendidikan dasar sebagai pelaksana program wajib belajar. Jenis kegiatan yang dapat dibiayai dengan menggunakan dana BOS antara lain :

  1. Pembiayaan seluruh kegiatan dalam rangka penerimaan siswa baru, meliputi biaya pendaftaran, penggandaan formulir, administrasi pendaftaran dan pendaftaran ulang serta kegiatan lain yang berkaitan dengan penerimaan siswa baru.
  2. Pembelian buku refernsi sebagai koleksi di perpustakaan.
  3. Pembelian buku pelajaran sebagai untuk koleksi perpustakaan.
  4. Pembiayaan kegiatan remedial, pembelajaran pengayaan, olahraga, kesenian, karya ilmiah remaja, palang merah, pramuka, dan sejenisnya.
  5. Pembiayaa ulangan harian, ulangan umum, dan ujian sekolah.
  6. Pembelian barang habis pakai seperti buku tulis, kapur, spidol, kertas, bahan praktikum, dan lain-lain.
  7. Pembiayaan langganan daya dan jasa, yaitu listrik, air, telepon, termasuk untuk pemasangan baru jika sudah ada jaringan di sekitar sekolah.
  8. Pembiayaan perawatan sekolah, yaitu pengecatan, perbaikan atap bocor, perbaikan pintu dan jendela,  perbaikan sanitasi dan lain-lain.
  9. Biaya untuk membayar tenaga guru honorer.
  10. Pengembangan profesi guru seperti pelatihan, KKG/MGMP dan KKKS/MKKS.
  11. Pemberian biaya transprtasi bagi siswa miskin yang menghadapi masalah transportasi ke sekolah.
  12. Pembiayaan pengelolaan BOS seperti alat kantor, penggandaan, surat menyurat, insentif bagi bendahara, dan lain-lain.
  13. Pembelian computer desktop untuk kegiatan pembelajaran di sekolah.
  14. Jika dana BOS telah digunakan untuk semua kegiatan di atas, dan masih tersisa, maka sisa dana BOS tersebut digunakan untuk membeli alat peraga,media pembelajaran, mesin ketik dan mebeler sekolah.

Laporan keuangan BOS tentunya harus di buat oleh Bendahara sekolah, yang nantinya digunakan untuk administrasi sekolah dan pencairan dana BOS berikutnya. Nah, sudahkah bapak/ibu bendaharan BOS memiliki Contoh Format K7a Laporan Keuangan BOS Terbaru 2021?

Jika bapak/ ibu bendahara BOS sekolah belum memiliki Format Rekapitulasi Realisasi Penggunaan Dana BOS Reguler  Tahun 2021 bisa mendownloadnya melalui tautan link di bawah ini;

Format Laporan Dana BOS.xlsx, Unduh
Format K7a BOS 2021.xlsx Download
Tata Cara Pelaporan BOS Reguler 2021 Download

Demikian Contoh Format Laporan Keuangan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Reguler Tahun 2021 yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat. Terima kasih atas kunjungannya.

Ikuti websiteedukasi.com di aplikasi Google News dengan cara Following (temukan feed website edukasi di bagian Following/Mengikuti) untuk mendapatkan informasi atau berita terbaru dengan sangat mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *