Pedoman Program PKP Berbasis Zonasi 2019

Pedoman Program PKP Berbasis Zonasi 2019

Websiteedukasi.com - Download Pedoman Program PKP Berbasis Zonasi Tahun 2019. Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) merupakan program untuk meningkatkan kompetensi siswa melalui pembinaan guru dalam merencanakan, melaksanakan sampai dengan mengevaluasi pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS).

Pengembangan pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skill (HOTs) dikembangkan sebagai upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran dan meningkatkan kualitas lulusan.

Peningkatan kualitas peserta didik salah satunya dilakukan oleh guru yang berfokus pada peningkatan kualitas pembelajaran di kelas dengan berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi. Desain peningkatan kualitas pembelajaran tersebut merupakan upaya peningkatan kulaitas peserta didik yang pada akhirnya meningkatkan kualitas Pendidikan di Indonesia.



Buku Panduan / Pedoman Pembelajaran Berorientasi HOTS Berbasisi Zonasi menjadi pegangan dalam mengembangkan pembelajaran berorientasi kepada keterampilan berpikir tingkat tinggi, dikembangkan dengan tujuan;
  1. Memberikan acuan kepada guru dalam mengembangkan pembelajaran berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi;
  2. Memberikan acuan kepada kepala sekolah dalam pelaksanaan supervisi akademik;
  3. Memberikan acuan kepada pengawas sekolah dalam pelaksanaan supervisi akademik dan manajerial.

Keterampilan berpikir tingkat tinggi yang dalam bahasa umum dikenal sebagai Higher Order Thinking Skill (HOTS) dipicu oleh 4 (empat) kondisi;
  • Sebuah situasi belajar tertentu yang memerlukan strategi pembelajaran yang spesifik dan tidak dapat digunakan di situasi belajar lainnya.
  • Kecerdasan yang tidak lagi dipandang sebagai kemampuan yang tidak dapat diubah, melainkan kesatuan pengetahuan yang dipengaruhi oleh berbagai faktor yang terdiri dari lingkungan belajar, strategi dan kesadaran dalam belajar.
  • Pemahaman pandangan yang telah bergeser dari unidimensi, linier, hirarki atau spiral menuju pemahaman pandangan ke multidimensi dan interaktif.
  • Keterampilan berpikir tingkat tinggi yang lebih spesifik seperti penalaran, kemampuan analisis, pemecahan masalah, dan keterampilan berpikir kritis dan kreatif.

Selengkapnya, bagi bapak/ ibu dewan guru yang belum mamiliki Buku Pedoman Program PKP Pembelajaran Berorientasi HOTs Berbasis Zonasi bisa mengunduhnya melalui tautan link yang kami sematkan dibawah ini;

1. Pedoman Pembelajaran PKP.pdf, Unduh
2. Pedoman Program PKP Berbasis Zonasi.pdf, Unduh
3. Juknis Program PKP Berbasis Zonasi.pdf, Unduh
4. Buku Pegangan Narasumber Nasional PKP.pdf, Unduh
5. Buku Pegangan Instruktur Nasional PKP.pdf, Unduh
6. Buku Pegangan Guru Inti PKP.pdf, Unduh
7. Materi Pembelajaran PKP Guru SD 2019.pdf, Unduh
8. Materi  Pembelajaran PKP Gur SMP 2019.pdf, Unduh

Demikian Buku Pedoman / Panduan Program PKP Berorientasi Higher Order Thinking Skill (HOTS) Berbasis Zonasi dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.

Banyak dibaca:

Loading...
Buka Komentar