Aplikasi e-Rapor SMK Versi 5.0 dan Panduan

Posted on

Websiteedukasi.com – Aplikasi e-Rapor SMK Versi 5.0 dan Panduan. Aplikasi e-Rapor SMK versi terbaru secara resmi telah dirilis Direktorat Pembinaan SMK. Dalam rangka pengendalian mutu penilaian, Direktorat Pembinaan SMK mengembangkan aplikasi “e-Rapor SMK” yang mengimplementasikan Panduan Penilaian secara utuh pada seluruh kurikulum SMK yang berlaku.

Aplikasi e-Rapor SMK dikembangkan bersama-sama dengan guru dan praktisi pendidikan untuk memudahkan guru dalam melaksanakan penilaian tanpa bertentangan dengan Panduan Penilaian. Pada pertengahan tahun ini aplikasi e-Rapor SMK telah dikembangkan hingga versi 5.0. Meskipun begitu rilisnya membutuhkan waktu yang cukup panjang mengingat adanya update dari aplikasi Dapodik.

Aplikasi eRapor SMK adalah perangkat lunak berbasis web untuk mempermudah pendidik dan satuan pendidikan mengimplementasikannya. Tujuannya adalah untuk mempermudah dalam menyusun laporan hasil penilaian peserta didik berupa laporan per penilaian, laporan pencapaian kompetensi, rapor, dan legger.

Selain Aplikasi E Raport SMK di rilis juga Panduan e-Rapor SMK Versi 5.0. Panduan ini disusun sebagai acuan praktis bagi para guru dalam merencanakan, mengolah, menganalisis, dan melaporkan kegiatan penilaiannya dengan menggunakan aplikasi tersebut. Diharapkan dengan buku panduan ini, para guru dapat melaksanakan tugasnya dalam melakukan penilaian secara lebih profesional sehingga pada gilirannya mutu pendidikan kita dapat lebih terjaga dan terus meningkat.

Semoga aplikasi ini bisa bermanfaat dan dapat diimplementasikan di seluruh SMK di Indonesia.

fitur di versi 5
1. Rule pengguna
   – Asesor
   – Penguji internal dan eksternal UKK
   – Kepala Program
2. Perencanaan, penilaian dan cetak sertifikat UKK
3. Penilaian prakerin mengambil referensi dari dapodik jadi tidak bisa manual input referensi di eraporsmk
4. Pembaharuan cetak rapor UTS
5. Penambahan beberapa tabel dan perubahan beberapa field di Database
6. Penyesuaian dengan teknologi terbaru.

Bagi bapak/ibu guru SMk yang belum memiliki Aplikasi e-Rapor SMK Versi 5.0 Tahun Pelajarfan 2019/2020 Beserta panduannya bisa menguduhnya pada tautan link yang saya sematkan di bawah ini;

Aplikasi e-Rapor SMK v.5.0

Panduan Aplikasi e-Rapor SMK 5.0, Unduh
Tanya Jawab seputar e-rapor instalasi, penggunaan, FAQ, permasalahan, dll dapat diakses, Kunjungi

Demikian Aplikasi dan Panduan e-Rapor SMK Versi 5.0 Terbaru Tahun Pelajaran 2019/2020 yang dapat saya bagikan. Semoga bermanfaat. Sumber: psmk.kemdikbud.go.id

Ikuti websiteedukasi.com di aplikasi Whatsapp dengan cara Subscribe atau Contact Me untuk mendapatkan perangkat pembelajaran terbaru dengan sangat mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *