Teknik Dasar Bantingan Harai-Goshi – Beladiri Judo

Posted on

Harai-Goshi adalah teknik bantingan beladiri Judo dengan sapuan kaki melaui pinggul (Hip Sweep).

Seperti biasa yaitu Tori perlu menghilangkan keseimbangan badan Uke, namun untuk teknik ini hilangkan keseimbangan Uke ke serong kanan depannya lalu Tori berputar dan menarik Uke kemudian menyapu kaki kanan Uke dengan kaki kanan Tori.

Pengertian dari teknik ini adalah bahwa Tori melempar Uke melalui pinggul Tori sebagaimana melempar dengan teknik Uki-Goshi. Teknik pelaksanaanya sebagai berikut …

Teknik Dasar Bantingan Harai-Goshi

1. Sikap pegangan kanan yang biasa.

2, 3. Tori menarik Uke dengan tangtan kananya sambil melangkah mundur dengan kaki kananya sehingga Uke akan melangkah maju dengan kaki kirinya. pada saat yang bersamaan Tori memindahkan kaki kirinya kedekat ibu jari kaki kiri Uke dan menarik Uke dengan tangan kirinya sehingga Uke akan kehilangan keseimbangan ke depan dan badannya akan condong ke depan.

4. Agar tidak jatuh maka Uke secara alami akan melangkah maju dengan kaki kanannya ke depan. Tori mempergunakan kesempatan tersebut sambil tetap menarik dengan tangaan kirinya dan dorong dengan tangan kanannya, lalu berputar pada ibu jari kaki kirinya dan badan bagian atas berputar ke kiri, kaki kanan di luruskan sambil menegangkan ibu jari kakinya. Tori menempatkan pinggulnya didepan perut bagain bawah Uke lalu kaki kan Tori menyapu ke belakang malalui kaki kanan Uke.

5. Pada saat menyapu dengan kanan kebelakang, Tori menarik dengan kedua tangannya dan memutar badan bagian atas ke kiri serta memalingkan kepalanya kekiri dan melempar Uke.

Yang menjadi perhatian adalah kedudukan pinggul Tori terhadap badan Uke pada saat melakukan lemparan. Tarik dengan tangan kiri serta menekan atau mendorong dengan tangan kanan adalah sangat penting dalam usaha mehilnagkan keseimbangan badan Uke.

40 Teknik Bantingan Judo (Nage Waza) – Jigoro Kano telah menyelesaikan semua teknik lemparan Judo pada tahun 1895. Semua teknik bantingan Judo berjumlah 40 (empat puluh) teknik yang di bagi atas lima kelompok Baca Selengkapnya

Demikian kami sampaikan mengenai Teknik Dasar Bantingan Harai-Goshi, terimakasih sudah berkunjung di aak-share.com dan semoga bermanfaat.

Ikuti websiteedukasi.com di aplikasi Whatsapp dengan cara Subscribe atau Contact Me untuk mendapatkan perangkat pembelajaran terbaru dengan sangat mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *