Soal dan Jawaban PTS Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 2 K13

Posted on

Websiteedukasi.com – Halo sobat edukasi, mengingat sebentar lagi akan di selenggarakan penilaian tengah semester genap, berikut kami bagikan Soal PTS/UTS Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP/MTs Semester 2 Kurikulum 2013 dilengkapi dengan kunci Jawaban.

Penilaian tangah semester di laksanakan sebagai acuan guru untuk mendorong semangat berajar peserta didik untuk penilaian akhir tahun atau penilian kenaikan kelas agar mendapatkan nilai yang lebih baik. Oleh karena itu untuk mempersipakan diri adik-adik dapat berlatih soal-soal latihan penilian tengah semester genap.

Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP/MTs Semester Genap Kurikulum 2013 ini bukanlah soal bocoran melaikna soal latihan untuk persiapan atau pemantapakan dalam kegiatan panilian ulangan semester genap di tahun ini.

Soal penilaian tengah semester genap yang akan kami bagikan ini dapat juga di gunakan oleh guru sebagai soal referensi untuk pembuatan soal penilaian tengah semester genap khusunya mata pelajaran Bahasa Indonesia kurikulum 2013.

Soal PTS Bahasa Indonesia Terpadu Kelas VIII Semester Genap Kurikulum 2013 ini dapat digunakan juga oleh adik-adik dapat mempersiapakan diri secara madiri baik di rumah atau di sekolah dengan mengerjakan soal latihan penilaian Tengah Semester (PTS) / Ulangan Tengan Semester (UTS) ini.

Adapun contoh soal latihan penilaian tengah semester Kelas 8 Semester 2 kurikulum 2013 adalah sebagai berikut:

1. Teks tersebut di atas dapat disebut dengan eksplanasi karena
A. Menjelaskan sejarah
B. Menjelaskan hubungan peristiwa atau proses terjadinya sesuatu
C. Menceritakan sesuatu
D. Memberi argumentasi atau pendapat terhadap sesuatu

2. Kalimat yang mengisi teks ekplanasi dalam setiap paragrafnya berisi
A. Fakta
B. Karangancerita
C. Argumentasi
D. Narasi

3. Teks eksplanasi sebagai jawaban atas pertanyaan mengapa, uraiannya akanbersifat
A. Kausalitas
B. Kronologis
C. Argumentatif
D. Deskriptif

4. Teks eksplanasi sebagai jawaban atas pertanyaan bagaimana, uraiannya akan bersifat
A. Kausalitas
B. Kronologis
C. Argumentatif
D. Deskriptif Perhatikan teksberikut!

Pembentukan dan pengawetan suatu fosil mensyaratkan bahwa beberapa struktur terbenam dalam keadaan yang akan dapat memperlambat pembusukan. Fosil yang ditemukan biasanya tidak selalu utuh. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti aktivitas organisme pengurai, aktivitas geologis kulit bumi, pelapukan oleh cuaca dan air, dan dimakan oleh organisme lain. Fosil yang utuh dan lengkap biasanya terawetkan dalam salju atau karena termineralisasi. Fosil yang berupa jejak dapat merupakan tapak kaki, tangan, dan daun tumbuhan. Cuplikan tersebut menjelaskan proses pembentukan dan pengawetanfosil.
5. Teks tersebut di atas disusun dengan menggunakanpola
A. Kausalitas
B. Kronologis
C. Argumentatif
D. Deskriptif

6. Dengan demikian, tropisme sesungguhnya merupakan gerak dari bagian tumbuhan yang disebabkan adanya rangsangan. Hal itu ternyata berbeda dengan gerak pasti, arah gerak tropisme bergantung pada arah datangnyarangsangan.
Penggalan kalimat di atas adalah struktur teks eksplanasi berupa:
A. Identifikasifenomena
B. Rangkaiankejadian
C. Ulasan
D. Argumentasi

7. Awal pemerintahan Kabupaten Bandung, dimulai sejak Piagam Sultan Agung Mataram pada tanggal 20 April 1641. Tanggal tersebut ditetapkan sebagai hari jadi KabupatenBandung.
Penggalan kalimat di atas adalah struktur teks eksplanasi berupa:
A. Identifikasifenomena
B. Rangkaiankejadian
C. Ulasan
D. Argumentasi

8. Semua produsen dapat menghasilkan makanannya sendiri sehingga disebut organisme autotrof. Sebagai produsen, tumbuhan hijau menghasilkan makanan melalui proses fotosintesis. Makanan dimanfaatkan oleh tumbuhan itu sendiri maupun makhluk hidup lainnya. Dengan demikian, produsen merupakan sumber energi utama bagi organisme lain, yaitukonsumen.
Penggalan kalimat di atas adalah struktur teks eksplanasi berupa:
A. Identifikasifenomena
B. Rangkaian kejadian
C. Ulasan
D. Argumentasi

9. Kerusakan hutan yang terjadi di Indonesia, terutama di Pulau Jawa, telah mengakibatkan bencana banjir dan tanah longsor. Kerusakan tersebut disebabkan oleh maraknya penebang liar yang mengakibatkan menurunnya fungsi hutan sebagai resapan air. Kerusakan hutan tersebut juga disebabkan oleh pemilik hak pengusahaan hutan (HPH) dalam melakukanreboisasi.
Pada penggalan teks di atas, konjungsi yang digunakan adalah
A. Konjungsikausalitas
B. Konjungsikronologis
C. Konjungsiargumentatif
D. Konjungsibiasa

10. Berdasarkan piagam itu, Sultan Agung diangkat Tumenggung Wiraangunangun sebagai Bupati Bandung. Ketika itu, pemerintahan Kabupaten Bandung berpusat di daerah Krapyak atau Bojongasih. Tepatnya, di tepi Sungai Cikapundung, dekat muaranya yaitu Sungai Citarum. Nama Krapyak kemudian berganti menjadi Citeureup. Nama itu hingga kini tetap abadi menjadi salah satu nama desa di Dayeuhkolot
Pada penggalan teks di atas, konjungsi yang digunakan adalah
A. Konjungsikausalitas
B. Konjungsikronologis
C. Konjungsiargumentatif
D. Konjungsibiasa

Selengkapnya, bagi bapak atau ibu guru maupun adik-adik yang ingin mendownload Soal PTS / UTS Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP/MTs Semester 2 Kurikulum 2013 silahkan melalui tautan link yang yang sudah kami sediakan di bawah ini;

Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP/MTs Terbaru

Name : Soal PTS 2 Bahasa Indonesia Kelas VIII K13

Format : Word

Size : 68 KB

File Compatible : All Windows

Rekomendasi Kami:
Soal PTS Kelas VIII Semester 2 K13 Lengkap – Download

Demikianlah Soal Latihan dan Kunci Jawaban UTS/ PTS Bahasa Indonesia Kelas 8 (VIII) Semester 2/ genap jenjang SMP/MTs Kurikulum 2013 yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih atas kunjungannya.

Ikuti websiteedukasi.com di aplikasi Google News dengan cara Following (temukan feed Kami di bagian Following/Mengikuti) atau Contact Me untuk mendapatkan perangkat pembelajaran terbaru dengan sangat mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.