Soal dan Jawaban PTS Bahasa Indonesia Kelas 9 Semester 2 K13

Posted on

Websiteedukasi.com – Hallo sobat edukasi, yuk kita persiapkan diri secara madiri dengan berlatih soal penilaian Tengah Semester (PTS) / Ulangan Tengan Semester (UTS) semester mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IX SMP/MTs Semester 2 Kurikulum 2013 lengkap dengan Kunci Jawaban.

Penilaian tangah semester di laksanakan sebagai acuan guru untuk mendorong semangat berajar peserta didik untuk penilaian akhir tahun atau penilian kenaikan kelas agar mendapatkan nilai yang lebih baik. Oleh karena itu untuk mempersipakan diri adik-adik dapat berlatih soal-soal latihan penilian tengah semester genap.

Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP/MTs Semester Genap Kurikulum 2013 ini bukanlah soal bocoran melaikna soal latihan untuk persiapan atau pemantapakan dalam kegiatan panilian ulangan semester genap di tahun ini.

Soal penilaian tengah semester genap yang akan kami bagikan ini dapat juga di gunakan oleh guru sebagai soal referensi untuk pembuatan soal penilaian tengah semester genap khusunya mata pelajaran Bahasa Indonesia kurikulum 2013.

Soal PTS Bahasa Indonesia Terpadu Kelas IX Semester Genap Kurikulum 2013 ini dapat digunakan juga oleh adik-adik dapat mempersiapakan diri secara madiri baik di rumah atau di sekolah dengan mengerjakan soal latihan penilaian Tengah Semester (PTS) / Ulangan Tengan Semester (UTS) ini.

Adapun contoh soal latihan penilaian tengah semester Bahasa Indonesia Kelas 9 Semester 2 kurikulum 2013 adalah sebagai berikut:

Materi Teks Tanggapan
Soal untuk mengidentifikasi dan menguraikan struktur teks tanggapan

1. Bacalah kutipan berikut kemudian pilihlah jawaban yang tepat! Alasan yang pertama, kita pasti sudah mengetahui jika lulusan SMK lebih mudah dan lebih siap untuk bekerja jika dibandingkan dengan lulusan SMA. Karena di SMK siswa tidak hanya diajari teoretik yang mendalam sesuai jurusannya saja, melainkan di sana siswa juga dibekali dengan kemampuan praktik yang sangat menambah pengalaman dan memberikan gambaran nyata tentang dunia kerja. Sebagaimana yang sering kita dengar atau lihat, siswa SMK sering melaksanakan PKL (Praktik Kerja Lapangan) atau yang biasa disebut dengan istilah “magang”. Saya sepakat dengan hal ini karena pada SMA, siswa lebih banyak belajar teori secara mendalam, sehingga lulusan SMA harus berkuliah dulu jika ingin mendapatkan pekerjaan.

Kutipan tersebut merupakan bagian teks tanggapan ….
A. evaluasi
B. deskripsi
C. penegasan ulang
D. kesimpulan

2. Bacalah kutipan berikut kemudian pilihlah jawaban yang tepat!
Internet memberikan dampak negatif yang tidak sedikit bagi pelajar. Internet menyediakan situs yang isinya tidak pantas untuk dilihat oleh pelajar terutama pelajar SD dan SMP Informasi pada kutipan tersebut termasuk….
A. sanggahan
B. kritik
C. pujian
D. evaluasi

3. Bacalah kutipan berikut kemudian pilihlah jawaban yang tepat!

Pencemaran Lingkungan

Pencemaran udara umumnya dihasilkan oleh pembakaran bahan bakar fosil yang tidak sempurna, seperti pembakaran batu bara, kayu, minyak, dan gasolin. Polutan gas yang masuk ke udara berasal dari aktivitas manusia atau terjadi secara alami. Polutan gas ini mengandung karbon dioksida, karbon monoksida, timah, nitrogen oksida, dan sulfur dioksida.

Saat ini, jumlah karbon dioksida (CO2) yang dilepaskan ke udara terus mengalami peningkatan sehingga terjadilah efek rumah kaca atau kenaikan suhu di bumi. Efek rumah kaca ini menjadi masalah darurat yang dapat mengancam kehidupan manusia di bumi. Peningkatan suhu di bumi menyebabkan salju di daerah kutub mencair sehingga permukaan air laut meningkat. Hal tersebut menjadi salah satu faktor yang memicu semakin sering terjadinya banjir di bumi.

Karbon monoksida membuat kemampuan darah untuk membawa oksigen ke jaringan tubuh berkurang. Karbon monoksida ini dihasilkan oleh asap motor dan mobil. Sulfur dioksida (SO2) yang meningkat di atmosfer menyebabkan gangguan kesehatan pada manusia, terutama radang paru-paru, penyakit bronkitis, dan gagal jantung. Selain itu, SO2 juga mampu merusak semua vegetasi hingga jarak yang jauh. SO2 merupakan komponen utama yang menyebabkan terjadinya hujan asam. Hujan asam dapat menyebabkan korosi pada bangunan dan kerusakan hutan.

Isi paragraf ke-1 bacaan tersebut adalah…
A. Polutan gas yang masuk ke udara berasal dari aktivitas manusia
B. Bahan bakar fosil yang tidak sempurna, seperti pembakaran batu bara, kayu, minyak, dan gasolin.
C. Polutan gas ini mengandung karbon dioksida, karbon monoksida, dan sulfur dioksida.
D. Pencemaran udara umumnya dihasilkan oleh pembakaran bahan bakar fosil yang tidak sempurna

Selengkapnya, bagi bapak atau ibu guru maupun adik-adik yang ingin mendownload Soal PTS / UTS Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP/MTs Semester 2 Kurikulum 2013 silahkan melalui tautan link yang yang sudah kami sediakan di bawah ini;

Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas IX SMP/MTs Terbaru

Name : Soal PTS 2 Bahasa Indonesia Kelas IX K13

Format : Word

Size : 175 KB

File Compatible : All Windows

Rekomendasi Kami:
Soal PTS Kelas IX Semester 2 K13 Lengkap – Download

Demimkianlah Soal Latihan dan Kunci Jawaban PTS/UTS Bahasa Indonesia Kelas 9 / IX SMP/MTs Semester 2 Kurikulum 2013 yang dapat kami bagikan, terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat.

Ikuti websiteedukasi.com di aplikasi Google News dengan cara Following (temukan feed Kami di bagian Following/Mengikuti) untuk mendapatkan perangkat pembelajaran terbaru dengan sangat mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.