Permendikbud Nomor 25 Tahun 2020 tentang Standar Satuan Biaya Operasional Pendidikan Tinggi pada Perguruan Tinggi Negeri Kemendikbud

Posted on

Websiteedukasi.com – Perturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 25 Tahun 2020 Tentang Standar Satuan Biaya Operasional Pendidikan Tinggi pada Perguruan Tinggi Negeri di Lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Permendikbud nomor 25 tahun 2020 di tetapkan untuk melaksanakan ketentuan Pasal 88 ayat (5) Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi dan Pasal 8 ayat (3) Peraturan Pemerintah Nomor 26 Tahun 2015 tentang Bentuk dan Mekanisme Pendanaan Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 26 Tahun 2015 tentang Bentuk dan Mekanisme Pendanaan Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum, maka pemerintah perlu menetapkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang Standar Satuan Biaya Operasional Pendidikan Tinggi pada Perguruan Tinggi Negeri di Lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Perguruan Tinggi Negeri yang disingkat PTN adalah perguruan tinggi yang didirikan dan/atau diselenggarakan oleh Pemerintah.

Standar Satuan Biaya Operasional Pendidikan Tinggi (SSBOPT) SSBOPT ditetapkan sebagai dasar:
a. Kementerian mengalokasikan anggaran dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara untuk PTN; dan
b. PTN menetapkan biaya yang ditanggung oleh Mahasiswa.

SSBOPT diatas ditetapkan dengan mempertimbangkan:
a. capaian Standar Nasional Pendidikan Tinggi;
b. jenis Program Studi; dan
c. indeks kemahalan wilayah.

Besaran UKT sebagaimana dimaksud dalam Pasal 6 ayat (1) dan ayat (2) ditetapkan oleh pemimpin PTN bagi
Mahasiswa program diploma dan program sarjana dari setiap jalur penerimaan Mahasiswa terbagi dalam beberapa kelompok paling sedikit 2 (dua) kelompok:

  1. kelompok I dengan besaran UKT paling tinggi Rp 500.000,00 (lima ratus ribu rupiah); dan
  2. kelompok II dengan besaran UKT paling rendah Rp 501.000,00 (lima ratus satu ribu rupiah) dan paling tinggi Rp1.000.000,00 (satu juta rupiah).

Informasi selangkapnya bisa anda dapatkan dengan mendownload Permendikbud No. 25 Tahun 2020 Tentang Standar Satuan Biaya Operasional Pendidikan Tinggi pada Perguruan Tinggi Negeri di Lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui tautan link di bawah ini:

Permendikbud Nomor 25 Tahun 2020.pdf, Unduh

Demikianlah Permendikbud No 25 Tahun 2020 Tentang SSBOPT pada Perguruan Tinggi Negeri di Lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dapat di bagian, smeoga bermanfat. Terima kasih atas kunjungannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *