Pedoman Peringatan Hari Lahir Pancasila 2020

Posted on

Websiteedukasi.com – Download Panduan atau Pedoman, Tema dan Logo Peringatan Hari Lahir Pancasila tanggal 1 Juni 2020.

Penetapan Pancasila disusun Undang-Undang Dasar negara RI yang secara substantif dibuat demi terwujudnya Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur. Melalui peringatan hari lahir Pancasila diharapkan dapat menghayati dengan mendalam makna kesatuan dan persatuan, dimana warganya dengan latar belakang yang majemuk dapat bertemu, saling memahami dan bersepakat. Merayakan harlah berarti kita menguatkan fondasi berbangsa, dan merasakan indahnya bersatu, berbagi dan berprestasi untuk mencapai cita-cita bangsa.

Dilaksanakannya Peringatan hari lahir Pancasila diharapkan dapat menunjukkan cara-cara khas berbagi dalam peri kehidupan sehari-hari anak-anak bangsa yang ditandai dengan semangat gotong royong, terutama dalam persiapan dan penyelanggaraannya. Dengan semangat gotong royong perayaan ini menjadi milik bersama.

Berkenan peringatan hari lahir pancasila, Kementerian pendidikan dan Kebudayaan telah mengeluarkan surat edaran Nomor : 46930/A.A7/TU/2020  tanggal 21 Mei 2020 perihal Pedoman Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2020.

Pada surat edaran tersebut di jelaskan bahwa untuk mengurangi penyebaran Covid-19, peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2020 dilaksanakan melalui media elektronik, video conference atau dalam jaringan (online).

Diminta Kementerian/Lembaga, instansi pemerintah pusat maupun daerah, serta kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri wajib mengikuti jalannya Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia pada tanggal 1 Juni 2020 mulai pukul 09.00 WIB melalui siaran langsung di kanal Youtube BPIP, laman Facebook BPIP, Instagram BPIP, dan siaran TVRI dari kantor/ruang kerja/rumah/tempat tinggal masing-masing.

Setiap kantor instansi pusat dan daerah, kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri serta seluruh komponen masyarakat Indonesia agar mengibarkan Bendera Merah Putih selama 1 (satu) hari pada tanggal 1 Juni 2020, berhubung tidak ada upacara penaikan bendera pada saat Peringatan Hari Lahir Pancasila, maka pengibaran bendera dilakukan pada pukul 06.00 s.d. 18.00 waktu setempat.

Tema dan Logo Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2020:Tema Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2020 adalah “Pancasila Dalam Tindakan Melalui Gotong Royong Menuju Indonesia Maju” .

Aktivitas atau kegiatan alternatif untuk memperingati dan memeriahkan Hari Lahir Pancasila Tahun 2020 dapat dilakukan secara kreatif, menjaga dan membangkitkan kecintaan terhadap aktualisasi nilai-nilai Pancasila pada masa darurat Covid-19, mendorong pelibatan dan partisipasi publik, serta mematuhi protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.

Pedoman, Tema dan Logo Hari Lahir Pancasila 2020.pdf, Unduh

Demikianlah Pedoman Pelaksanaan Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2020 dapat di sampaikan, semoga bermanfaat untuk kita semua.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *