Pakta Integritas ANBK 2022 Format Word

Posted on

Websiteedukasi.com – Asesmen Nasional (AN) adalah evaluasi yang dilakukan oleh pemerintah untuk pemetaan mutu sistem pendidikan pada tingkat satuan pendidikan dasar dan menengah dengan menggunakan instrumen asesmen kompetensi minimum, survei karakter, dan survei lingkungan belajar.

Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) merupakan pelaksanaan teknis pada kegiatan asesmen yang menggunakan komputer secara daring dan semidaring sebagai media untuk menampilkan dan menjawab soal.

Pelaksana Asesmen Nasional adalah lembaga yang bertugas dan bertanggung jawab melaksanakan kebijakan teknis Asesmen Nasional pada tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota, satuan pendidikan, dan sekolah Indonesia di luar negeri.

Jalannya kegiatan Asesmen Nasional harus sesuai dengan POS AN yang ditetapkan oleh BSKAP Kemendikbud Ristek. Pelaksanaan AN merupakan tanggung jawab bersama antara Pemerintah, Pemerintah Daerah, dan perwakilan RI di luar negeri.

Bentuk Soal ANBK

Bentuk soal Asesmen Nasional terdiri dari soal objektif (Pilihan Ganda, Pilihan Ganda Kompleks, Menjodohkan, dan Isian Singkat) dan non objektif (Uraian).

Di lokasi asesmen dipasang pengumuman yang bertuliskan:

“ASESMEN NASIONAL SEDANG BERLANGSUNG”

“SELAIN PESERTA, PENGAWAS, PROKTOR, DAN TEKNISI ASESMEN NASIONAL DILARANG MASUK RUANG ASESMEN”

“DILARANG MEMBAWA PERANGKAT KOMUNIKASI ELEKTRONIK, KAMERA, DAN SEJENISNYA KE DALAM RUANG ASESMEN”

“KAWASAN WAJIB MEMAKAI MASKER DAN MENERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN”

Contoh Pakta Integritas ANBK

Ketentuan lain saat pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) yaitu Pengawas, proktor, dan teknisi harus menandatangani pakta integritas. Pihak yang perlu membuat Pakta Integritas adalah Kepala Dinas Pendidikan Provinsi, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota, dan Kepala Satuan Pendidikan. Adapun contoh Pakta Integritas ANBK adalah sebagi berikut:

PAKTA INTEGRITAS
KEPALA DINAS PENDIDIKAN PROVINSI …
DALAM PELAKSANAAN ASESMEN NASIONAL
TAHUN 2022

Dalam rangka pelaksanaan Asesmen Nasional Tahun 2022, saya Kepala Dinas Pendidikan Provinsi … dengan ini menyatakan bahwa saya :

  1. Sanggup meningkatkan kualitas, kredibilitas, dan akuntabilitas pelaksanaan Asesmen Nasional untuk peningkatan mutu pendidikan;
  2. Sanggup melaksanakan Asesmen Nasinal Tahun 2022 sesuai Prosedur Operasi Standar Penyelenggaraan Asesmen Nasional Tahun 2022 dan menyukseskan pelaksanaan Asesmen Nasional Tahun 2022;
  3. Sanggup menjaga keamanan dan kerahasiaan bahan Asesmen Nasional; dan
  4. Sanggup melaksanakan Asesmen Nasional secara jujur dan penuh tanggungjawab.

Demikian pakta integritas ini saya buat dengan sebenar-benarnya tanpa ada unsur paksaan dari pihak manapun.
Apabila saya melanggar hal-hal yang telah dinyatakan dalam pakta integritas ini, saya bersedia dikenakan sanksi sesuai dengan hukum dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Selengkapnya, bagi Kepala Sekolah, Proktor, Teknisi dan Pengawas yang ingin mendownload Format Pakta Integritas ANBK Terbaru tahun 2022 silahkan melalui link yang ada di bawah ini:

Pakta Integritas ANBK Terbaru

Name : Pakta Integritas ANBK 2022

Format : Word

Size : 26 KB

File Compatible : All Windows

Download Juga:
POS Asesmen Nasional (AN) Tahun 2022 – Download

Demikianlah Pakta Integritas Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Tahun 2022 yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih atas kunjungannya.

Ikuti websiteedukasi.com di aplikasi Google News dengan cara Following (temukan feed Kami di bagian Following/Mengikuti) untuk mendapatkan perangkat pembelajaran terbaru dengan sangat mudah.