Permenpan RB Nomor 8 Tahun 2021

Posted on

Websiteedukasi.com – Sistem Manajemen Kinerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) adalah suatu proses sistematis yang terdiri dari perencanaan Kinerja; pelaksanaan, pemantauan dan pembinaan Kinerja, penilaian Kinerj, tindak lanjut, dan sistem informasi Kinerja.

Sistem Manajemen Kinerja PNS terdiri atas: a. perencanaan Kinerja, b. pelaksanaan Kinerja, pemantauan Kinerja, dan pembinaan Kinerja, c. penilaian Kinerja, d. tindak lanjut; dan e. sistem informasi Kinerja PNS.

Perencanaan Kinerja sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4 huruf a Permenpan RB NO. 8 Tahun 2021 terdiri atas: a. penyusunan rencana SKP; dan b. penetapan SKP. Penyusunan rencana SKP sebagaimana dimaksud dalam Pasal 5 huruf a dilakukan secara berjenjang dari pejabat pimpinan tinggi atau pejabat pimpinan unit kerja mandiri ke pejabat administrasi dan pejabat fungsional dengan memperhatikan tingkatan jabatan pada Instansi Pemerintah.

Penyusunan rencana SKP pejabat pimpinan tinggi dan pimpinan unit kerja mandiri serta pejabat administrasi dan pejabat fungsional dapat dilakukan dengan 2 model, yaitu: a. dasar/inisiasi dan b. pengembangan.

Penyusunan rencana SKP dengan model dasar/inisiasi dapat digunakan pada Instansi Pemerintah yang akan membangun Sistem Manajemen Kinerja PNS. Penyusunan rencana SKP dengan model pengembangan dapat digunakan pada Instansi Pemerintah yang telah membangun Sistem Manajemen Kinerja PNS dapat dilaksanakan Instansi Pemerintah paling lambat 1 Januari 2023.

Rencana SKP yang telah direviu oleh Pengelola Kinerja ditandatangani PNS dan ditetapkan oleh Pejabat Penilai Kinerja. Perilaku Kerja meliputi aspek: a. orientasi pelayanan, b. komitmen, c. inisiatif kerja, d. kerja sama; dan e. kepemimpinan. Standar perilaku kerja pada setiap aspek perilaku kerja merupakan level yang dipersyaratkan sesuai jenis dan/atau jenjang jabatan.

Penyusunan Rencana SKP dilakukan secara berjenjang dari pejabat pimpinan tinggi atau pejabat pimpinan unit kerja mandiri ke pejabat administrasi dan pejabat fungsional dengan memperhatikan tingkatan jabatan pada Instansi Pemerintah.

Informasi selengkapnya, silahkan anda download Permenpan-RB Nomor 8 Tahun 2021 tentang Sistem Manajemen Kinerja Pegawai Negeri Sipil melalui tautan link dibawah ini:

PermenpanRB 8 Tahun 2021 – Download

Demikianlah PermenpanRB Nomor 8 Tahun 2021 tentang Sistem Manajemen Kinerja PNS yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Ikuti websiteedukasi.com di aplikasi Google News dengan cara Following (temukan feed website edukasi di bagian Following/Mengikuti) untuk mendapatkan berita & perangkat pembelajaran terbaru dengan sangat mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *