Juknis PIP Madrasah Terbaru Tahun 2022

Posted on

Websiteedukasi.com – Petunjuk Teknis (Juknis) PIP Madrasah Tahun 2022 di susun untuk mengatur persyaratan penerima bantuan, mekanisme pencairan dana bantuan, tata kelola dana bantuan, pelaporan, pertanggungjawaban dan monitoring. Serta untuk memperlancar proses pelaksanaan program Indonesia Pintar Untuk Siswa Madrasah agar lebih tepat prosedur, tepat waktu dan tepat sasaran.

Juknis PIP Madrasah 2022 ditetapkan berdasarkan Keputusan Dirjen Pendis Nomor 873 Tahun 2022 Tentang Petunjuk Teknis Program Indonesia Pintar siswa Madrasah Tahun Anggaran 2022.

Apa itu PIP Madrasah?

Program Indonesia Pintar siswa Madrasah merupakan bantuan berupa uang dari pemerintah yang diberikan kepada peserta didik yang orang tuanya tidak atau kurang mampu membiayai pendidikannya, sebagai kelanjutan dan perluasan sasaran dari program Bantuan Siswa Miskin (BSM).

Pemerintah menetapkan kebijakan Program Indonesia Pintar (PIP) siswa Madrasah dalam upaya meningkatkan akses pendidikan khususnya siswa yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi.

Kuota dan Alokasi Anggaran PIP Madrasah

Kuota dan alokasi anggaran bantuan sosial Program Indonesia Pintar sebagaimana tercantum dalam DIPA Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Tahun Anggaran 2022 bisa anda lihat pada tabel di bawah ini:

TUJUAN PIP

Tujuan pemerintah mengadakan Progam PIP Madrasah adalah sebagai berikut:

  1. menghilangkan hambatan ekonomi bagi anak untuk berpartisipasi di sekolah sehingga mereka memperoleh akses pelayanan pendidikan yang lebih baik di tingkat dasar dan menengah pada satuan/program pendidikan di bawah binaan Kementerian Agama
  2. mencegah anak putus sekolah akibat kesulitan ekonomi
  3. menarik siswa yang putus sekolah agar kembali bersekolah
  4. membantu siswa kurang mampu dalam memenuhi kebutuhan kegiatan pembelajaran
  5. mendukung penuntasan wajib belajar pendidikan 9 (sembilan) tahun dan pendidikan menengah universal (wajib belajar 12 tahun)

PENGGUNAAN DANA PIP

Bantuan PIP Madrasah digunakan untuk memenuhi kebutuhan biaya personal pendidikan peserta didik, antara lain:

  • pembelian buku/kitab dan alat tulis
  • pembelian pakaian/seragam dan alat perlengkapan pendidikan, seperti tas, sepatu dan sejenisnya
  • biaya transportasi
  • uang saku
  • iuran bulanan
  • biaya kursus/pelatihan tambahan
  • keperluan lain yang berkaitan dengan kebutuhan pendidikan

Informasi selengkapnya bisa anda dapatkan dengan mengunduh Petunjuk Teknis (Juknis) Pelaksanaan Program Indonesia Pintar Untuk Siswa Madrasah Tahun 2022 pada tautan link yang ada dibawah ini:

Petunjuk Teknis PIP Madrasah Terbaru

Name : Juknis PIP Madrasah 2022

Format : PDF

Size : 18.8 MB

File Compatible : All Windows

Demikianlah Petunjuk Teknis atau Juknis Pelaksanaan Program Indonesia Pintar Untuk Siswa Madrasah Tahun Anggaran 2022 yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih.

Ikuti websiteedukasi.com di aplikasi Google News dengan cara Following (temukan feed Kami di bagian Following/Mengikuti) atau Contact Me untuk mendapatkan perangkat pembelajaran terbaru dengan sangat mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.