Panduan Aplikasi ARKAS Versi 3.2

Posted on

Websiteedukasi.com – Buku Panduan Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS/RKAS) Versi 3.02 merupakan buku petunjuk bagaimana langkah-langkah dalam menggunakan Aplikasi RKAS.

Dengan adanya buku panduan ini diharapkan bagi user yang menggunakan Aplikasi RKAS ini tidak menemukan kesulitan, sehingga dapat membantu pihak sekolah dalam membuat laporan-laporan keuangannya dengan baik.

RKAS (Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah) adalah sebuah sistem informasi yang dibuat untuk menangani masalah manajemen keuangan sekolah mulai dari proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian, pengawasan atau pengendalian. Dengan sistem yang terdistribusi diharapkan berbagai pihak yang terlibat mampu berkoordinasi dengan baik. Capaian output terakhir yang diberikan sistem informasi ini adalah pelaporan, dimana setiap report yang dihasilkan sudah disesuaikan dengan format yang dikeluarkan pemerintah.

Untuk dapat menggunakan aplikasi RKAS, kita perlu melakukan beberapa tahapan. Tahapan instalasi ini merupakan tahapan awal untuk memasang aplikasi RKAS pada komputer kita. Langkah yang pertama kita lakukan adalah mendownload Aplikasi ARKAS Versi 3.2 .

Setiap satuan pendidikan harus memiliki Rencana Kerja yang jelas, terperinci, transparan dan akuntabel untuk melaksanakan semua kegiatan sekolah agar lebih terarah sesuai dengan standar pengelolaan satuan pendidikan yang tertuang dalam Permendiknas No. 19 Tahun 2007 yang menyatakan Sekolah/Madrasah harus membuat RKJM dengan menjabarkan semua kegiatan dalam bentuk Rencana Kerja dan Anggaran sekolah sampai dengan rincian objek yang harus dibiayai dari dana BOS.

Penyusunan Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM), Rencana Kerja Tahunan (RKT), dan RKAS, dengan ketentuan:
1. RKJM disusun tiap 4 (empat) tahun;
2. RKJM, RKT, dan RKAS disusun berdasarkan hasil evaluasi diri Sekolah;
3. RKAS memuat penerimaan dan perencanaan penggunaan BOS Reguler; dan
4. RKJM, RKT, dan RKAS harus disetujui dalam rapat dewan guru setelah memperhatikan pertimbangan Komite Sekolah dan disahkan oleh dinas pendidikan provinsi atau kabupaten/kota sesuai dengan kewenangannya.

Informasi selengkapnya, bagi yang belum memiliki Buku Manual Panduan Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah Versi 3.2 Tahun 2021 silahkan mengunduhnya melalui tautan link yang ada di bawah ini:

Untuk membantu kepala sekolah dan tim Manajemen BOS, saat ini telah tersedia Aplikasi e-RKAS versi terbaru 3.2 untuk memudahkan dalam membuat pelaporan. Jika ingin mendownloadnya silahkan melalui tautan link di bawah ini:

Manual Aplikasi ARKAS Terbaru

Name : Buku Panduan ARKAS Versi 3.2

Format : PDF

Size : 26.4 MB

File Compatible : All Windows

Download Juga:
Aplikasi ARKAS Versi 3.2

Demikian Buku Panduan Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) Versi 3.2 yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih atas kunjungannya

Ikuti websiteedukasi.com di aplikasi Google News dengan cara Following (temukan feed Kami di bagian Following/Mengikuti) untuk mendapatkan berita & perangkat pembelajaran terbaru dengan sangat mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *