Pedoman Teknis Analisis Potensi dan Permintaan Pekerja Lulusan SMK

Posted on

Websiteedukasi.com – Buku Pedoman Teknis Analisis Potensi dan Permintaan (Demand) Pekerja Lulusan SMK Berdasarkan Bidang Keahlian di Tingkat Provinsi merupakan output kajian antara Direktorat Pembinaan SMK dengan Lembaga Demografi Universitas Indonesia yang outcome akhirnya adalah untuk menambah/ mengembangkan bidang keahlian yang sesuai dengan keunggulan wilayah/provinsi dalam penyerapan pekerja dan mengurangi paket-paket keahlian yang kurang sesuai dengan potensi/keunggulan ekonomi di provinsi tersebut.

Hasil studi ini juga diharapkan memberikan informasi kepada Direktorat Pembinaan SMK tentang lapangan usaha yang banyak menyerap tenaga kerja lulusan SMK dan bidang keahlian dimiliki pekerja yang terserap di provinsi-provinsi yang potensi menyerap tenaga kerja lulusan SMK.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Visi 2045 yang mentargetkan peningkatan pendidikan vokasi yang berorientasi pada demand-driven. Penyerapan pekerja lulusan SMK erat kaitannya dengan perkembangan dan peran kegiatan ekonomi sektoral. Struktur penyerapan pekerja lulusan SMK di tingkat provinsi akan sangat berbeda karena potensi ekonomi sektoral yang juga berbeda antar provinsi di Indonesia.

Selanjutnya, guna mengetahui potensi dan permintaan lulusan SMK antar provinsi, kajian ini bertujuan untuk mengestimasi elastisitas penyerapan tenaga kerja lulusan SMK menurut lapangan usaha, memetakan sektor yang banyak menyerap pekerja lulusan SMK, mengkaji Program Keahlian SMK yang dibutuhkan di propinsi yang memiliki potensi dalam penyerapan pekerja lulusan SMK, dan permasalahan serta tantangan apa yang dihadapi untuk memenuhi permintaan pekerja lulusan SMK.

Direktorat Pembinaan SMK yang telah memberikan kepercayaan kepada Lembaga Demografi, FEB UI, untuk melakukan penelitian Analisis Potensi dan Permintaan Pekerja Lulusan SMK Berdasarkan Bidang Keahlian di Tingkat Provinsi yang di bantu narasumber untuk memberikan arahan kajian ini, Padang Wicaksono, selain itu tim peneliti yang telah melaksanakan penelitian ini, yaitu Paksi C.K. Walandouw, Triasih Djutaharta, Asmanedi, Nurhadi Wiyono, Dewi Prihastuti, Ratna Indrayanti, Aisha Khurniasari, serta pihak-pihak terkait yang telah membantu pelaksanaan kegiatan penelitian ini.

Pedoman Analisis Potensi dan Permintaan Pekerja Lulusan SMK.pdf, Unduh

Demikianlah Pedoman Teknis Analisis Potensi dan Permintaan Pekerja Lulusan SMK di Tingkat Provinsi yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *