Tata Tertib Pengawas, Proktor, dan Teknisi UNBK 2020

Posted on

Websiteedukasi.com – Tata Tertib Pengawas, Proktor, dan Teknisi UNBK 2020. Halo sobat websiteedukasi, pada postingan ini saya akan membagikan Tata Tertib Pengawas Ruang Ujian, Proktor, dan Teknisi UJian Nasioanl Berbasis Komputer Tahun 2020 Tahun Pelajaran 2019/2020.

Tata tertib UNBK bukan hanya pesertanya saja namun juga di buat untuk Pengawas, Proktor, dan Teknisi. Tentunya semua itu sudah di atur Prosedur Operasional Standar (POS) Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2019/2020 yang di tetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).

Adapun Tata Tertib Pengawas, Proktor, dan Teknisi UNBK jenjang SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MA Tahun 2020 Tahun Pelajaran 2019/2020 adalah sebagai berikut:

TATA TERTIB PENGAWAS RUANG UJIAN, PROKTOR, DAN TEKNISI 
TAHUN PELAJARAN 2019/2020

a. Di Ruang Sekretariat UN

  1. Pengawas ruang, Proktor, dan Teknisi harus hadir di lokasi pelaksanaan ujian 45 (empat puluh lima) menit sebelum ujian dimulai;
  2. Pengawas ruang, Proktor, dan Teknisi menerima penjelasan dan pengarahan dari Ketua Panitia UN Tingkat Satuan Pendidikan;
  3. Pengawas ruang, Proktor, dan Teknisi mengisi dan menandatangani pakta integritas;

b. Di Ruang Ujian
Pengawas ruang masuk ke dalam ruangan 20 (dua puluh) menit sebelum waktu pelaksanaan ujian untuk melakukan secara berurutan:

  1. memeriksa kesiapan ruang ujian;
  2. mempersilakan peserta ujian untuk memasuki ruangan dengan menunjukkan kartu peserta ujian dan meletakkan tas di bagian depan ruang ujian, serta menempati tempat duduk sesuai dengan nomor yang telah ditentukan;
  3. membacakan tata tertib peserta ujian;
  4. memimpin doa dan mengingatkan peserta untuk bekerja dengan jujur;
  5. mempersilakan peserta ujian untuk mulai mengerjakan soal;
  6. selama ujian berlangsung, pengawas ruang ujian wajib:
    a) menjaga ketertiban dan ketenangan suasana sekitar ruang ujian;
    b) memberi peringatan dan sanksi kepada peserta yang melakukan kecurangan;
    c) melarang orang yang tidak berwenang memasuki ruang ujian selain peserta ujian; dan
    d) mematuhi tata tertib pengawas, di antaranya tidak merokok di ruang ujian, tidak membawa dan/atau menggunakan alat atau piranti komunikasi dan/atau kamera, tidak mengobrol, tidak membaca, tidak member isyarat, petunjuk, dan/atau bantuan apapun kepada peserta berkaitan dengan jawaban dari soal ujian yang diujikan.
  7. 5 (lima) menit sebelum waktu ujian selesai, pengawas ruang memberi peringatan kepada peserta ujian bahwa waktu tinggal 5 (lima) menit; dan
  8. setelah waktu ujian selesai, pengawas mempersilakan peserta ujian untuk berhenti mengerjakan soal.
    Pengawas ruang ujian tidak diperkenankan membawa perangkat komunikasi elektronik, kamera, dan sejenisnya serta membawa bahan bacaan lain ke dalam ruang ujian.

Tata Tertib Pengawas Ruang Ujian, Proktor, dan Teknisi UNBK Tahun 2020 diatas tidaklah rapi, nah bgai anda yang ingin mendownload dalam bentuk file bisa melalui link yang saya sematkan di bawah ini:

Tata Tertib Pengawas, Proktor, Teknisi UNBK 2020.doc, Unduh

Demikianlah Tata Tertib Pengawas, Proktor, dan Teknisi UNBK Tahun 2020 (Tahun Pelajaran 2019-2020) yang dapat saya bagiakan, semoga bermanfaat.

Ikuti websiteedukasi.com di aplikasi Whatsapp dengan cara Subscribe atau Contact Me untuk mendapatkan perangkat pembelajaran terbaru dengan sangat mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *