Buku Turbulensi Pendidikan Vokasi di Era Disrupsi 4.0

Posted on

Websiteedukasi.com – Buku Turbulensi Pendidikan Vokasi di Era Disrupsi 4.0. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) mengalami berbagai macam turbulensi lingkungan yang akan dihadapi di masa depan. Turbulensi meliputi turbulensi pasar tenaga kerja, turbulensi teknologi, turbulensi kebijakan, dan turbulensi daya saing.

Tantangan SMK semakin berat dengan isu-isu strategis internasional yang dapat mendisrupsi sekolah dari peredaran kemajuan pendidikan 4.0. Berbagai tantangan dan peluang menjadi hambatan sekaligus dorongan untuk meningkatkan kapabilitas SMK dalam menghadapi turbulensi yang sifat unpredictable, dinamis, dan bersifat merusak sistem yang ada. Kepemimpinan perubahan SMK diuji kemampuannya untuk melakukan terobosan-terobosan strategi menghadapi berbagai macam tuntutan serta perubahan untuk pengembangan revitalisasi SMK.

Buku kajian Turbulensi Pendidikan Vokasi di Era Disrupsi 4.0 dapat menjadi pedoman bagi organisasi sekolah dalam mengelola turbulensi dengan menggunakan Good – S c h o o l G o v e r n a n c e . Kombinasi dari berbagai macam strategi dapat menjadi langkah perubahan SMK untuk menangkap turbulensi yang sifatnya positif seperti revolusi industri 4.0 dan society 5.0, dan menangkal turbulensi masa depan yang sifatnya merusak sistem yang ada di tata kelola SMK.

Buku Turbulensi Pendidikan Vokasi di Era Disrupsi 4.0 ini merupakan hasil kajian bersama antara Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pendidikan (LPMPP) Universitas Negeri Yogyakarta bersama Direktorat Pembinaan SMK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dan peserta Focus Group Disscussion dari kalangan sekolah, stakeholder, dan industri.

Buku Turbulensi Pendidikan Vokasi di Era Disrupsi 4.0.pdf, Unduh

Dengan adanya buku Turbulensi Pendidikan Vokasi di Era Disrupsi 4.0 diharapkan mampu menjembatani permasalahan lapangan yang dijumpai organisasi sekolah agar iklim organisasi meningkat dan bersiap dengan cepat serta tanggap terhadap perubahan yang terjadi di masa yang akan datang.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *