Teknik Melakukan Round Off – Senam Ketangkasan

Posted on

Teknik Melakukan Round Off – Melihat dari gerakkannhya, Round Off adalah melakukan hand stand atau hand spring dengan berputar pada sumbu tegak. Jelas pada Round Off ini kelepasan sendi tulang punggung, punggung demikian kelepasan dan kekuatan bahu sangat menentukan.

Teknik Melakukan Round Off
  • aKesukaran pertama adalah keterampilan anak memutar badan. Hal ini akan terjadi dengan sendirinya dengan penempatan kedua tangan penopang yang berbalik (jari tangan menghadap kearah balik tolak).
  • Tolakkan oleh satu kaki
  • Penempatan tangan dilakukan satu persatu (walaupun terjadi dalam waktu sangat singkat/cepat). Bagi yang telah menguasai sepenuhnya round off, mungkin akan sekaligus menempatkan kedua tangan penopang di lantai
  • Perhatikan lemparan kaki anak melalui “daerah” sisi, tidak menyamping. Lemparan kaki dilakukan seperti halnya pada hand spring.
  • Latihan dengan irama lambat untuk anak dapat gambaran jaklannya gerakkan ( terutama putaran badan) dengan pembantu berdiri didepan anak.
    Sekalipun lemparan kaki dilakukan agak keras. Latihan ini hingga sampai hand stand yang berbalik arah. Pada saat sikap hand stand, pembantu menahan dalam sikap ini.
  • Bantuan dengan tali yang diikatkan pada pinggang anak dibantu oleh dua oarng yang masing-masing memegang salah satu ujung tali. Perlu diperhatikan cara mengikat tali pembantu ini, jangan sampai menghalangi atau berlawanan dengan putaran badan yang akan dilakukan anak.

    Pembantu harus mengikuti anak ; terutama bila dilakukan dengan awalan. Perhatikan tali yang dipegang pembantu harus cukup tegang (tidak kendur), agar cepat menahan anak dari jatuh ke belakang setelah melakukan round off ini.

  • Untuk pertama kali anak dapat dilepas/melakukan tanpa bantuan, maka pembantu selalu berada dekat dengan tempat mendarat kedua kaki, untuk segera menopang belakang pinggul, punggung atau bila perlu “menangkap” anak tersebut keseluruhannya.
Gambar gerakkan Round Off

Gambar gerakkan Round Off
Ikuti websiteedukasi.com di aplikasi Google News dengan cara Following (temukan feed website edukasi di bagian Following/Mengikuti) untuk mendapatkan berita & perangkat pembelajaran terbaru dengan sangat mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *