Soal UM Sosiologi MA dan Kunci Jawaban

Posted on

Websiteedukasi.com – Seiring dengan semakin dekatnya penyelenggaraan Ujian pada Madrasah Aliyah, Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI telah menerbitkan berbagai regulasi yang mengatur Ujian Madrasah (UM). Salah satunya adalah penetapan Kisi-Kisi Ujian Madrasah (UM) Tahun Pelajaran 2021/2022.

Pengertian Kisi-Kisi?

Kisi-kisi soal UM merupakan acuan pengembangan dan penyusunan soal Ujian Madrasah yang dibuat berdasarkan kriteria pencapaian Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, dan kurikulum yang berlaku. Sehingga dari kisi-kisi ini dapat dilihat ragam dan bentuk soal, ruang lingkup materi, dan indikator dari masing-masing soal yang akan digunakan dalam Ujian Akhir Madrasah.

Kisi-kisi pada soal ujian madrasah mengacu pada KMA Nomor 183 Tahun 2019 tentang Kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah.

UM atau Ujian Madrasah adalah kegiatan pengukuran dan penilaian pencapaian Standard Kompetensi Lulusan (SKL) mata pelajaran Sosiologi untuk tingkat MA secara nasional.

Dalam rangka mempersiapkan Ujian Madrasah, berikut kami bagikan soal latihan Soal Ujian Madrasah Mata Pelajaran Sosiologi jenjang Madrasah Aliyah. Soal UM ini dapat anda gunakan untuk berlatih mempersiapkan Ujian Madrasah, selain soal UM Sosiologi untuk kelas XII MA, kami bagikan juga Kisi-Kisi, format bank soal, template soal didalam satu folder.

Adapun Soal Latihan Ujian Madrasah (UM) Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XII Madrasah Aaliyah (MA) Kurikulum 2013 adalah sebagai berikut:

Soal Ujian Madrasah Sosiologi MA

I. PILIHAN GANDA
1. Tokoh ini mengatakan bahwa sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang tindakan sosial, dia membagi tindakan sosial menjadi 4 jenis tindakan. Yaitu tindakan rasional instrumental, tindakan berorientasikan nilai, tindakan afektif dan tindakan tradisional. Tokoh yang dimaksud adalah………
a. Auguste comte
b. Max webber
c. Emile durkheim
d. Gillin dan gillin
e. Mayor polak

2. Perhatikan pernyataan berikut !
1) Andi menonton pertandingan sepakbola lewat youtube
2) Kelas XII IIS 1 bertanding melawan XII IIS 3 dalam kompetisi futsal internal MAN 1
3) Andini menyanyi dikamar mandi
4) Buruh dan pemilik perusahaan terlibat konflik masalah kenaikan gaji
5) Azka dan kawan kawan menjadi relawan menolong korban bencana alam
Yang termasuk kedalam objek kajian sosiologi ditentukan oleh nomer……………………
a. 1,2 dan 3
b. 1, 3 dan 4
c. 2, 3 dan 5
d. 2, 4 dan 5
e. 3,4 dan 5

3. Sosiologi merupakan ilmu yang didasarkan pada teori yang sudah ada, kemudian diperluas, diperhalus dan diperdalam. Hal tersebut menunjukkan ciri sosiologi yang bersifat……..
a. Teoritis
b. Nonetis
c. Kumulatif
d. Empiris
e. Katagoris

4. Bapak sosiologi adalah Auguste Comte. Comte berkaca pada fenomena yang terjadi di masyarakat Prancis pada abad ke 19, walaupun belum berhasil mengembangkan hukum hukum yang dapat mengatur gejala yang terjadi di Prancis, comte memberi nama ilmu tersebut dengan istilah sosiologi. Kemudian Comte membagi tahapan pemikiran manusia kedalam 3 tahapan, yaitu tahap teologis, tahap metafisik dan tahap positif….. Oleh karena itu Comte dikenal sebagai tokoh sosiologi penganut aliran………………..
a. Empiris
b. Teologis
c. Positifis
d. Teoritis
e. Interaksionis

5. Pada saat terjadi masalah yang berlarut larut seperti kasus antar etnis di Sidomulyo dan konflik perebutan lahan di Mesuji. Disaat itu peran sosiolog diharapkan mampu melakukan pengamatan terhadap masalah tersebut dan dapat memberikan solusi yang terbaik bagi semua pihak. Pernyataan tersebut menunjukkan kegunaan sosiologi dalam……………
a. Pemecahan masalah
b. Penelitian sosial
c. Perencanaan sosial
d. Pembangunan
e. Penganalisis masalah

6. Sosiologi merupakan disiplin ilmu yang bersifat katagoris. Hal ini berarti bahwa sosiologi……..
a. Hanya mengkaji fenomena sosial secara umum
b. Mengkaji ilmu yang bermanfaat bagi kepentingan ilmu itu sendiri
c. Mengkaji fenomena sosial dimasa lampau
d. Mempelajari fenomena yang berdampak positif dan negatif
e. Mengkaji pada apa yang terjadi bukan yang seharusnya terjadi

7. Manusia sebagai makhluk individu sangat terpengaruh oleh hal hal yang terdapat dalam lingkungannya. Karena pada hakekatnya manusia selain sebagai individu juga terlahir sebagai makhluk sosial, yang sejak lahir sudah diberikan naluri untuk membutuhkan orang lain dan hidup bersama dengan orang lain yang disebut dengan naluri……………
a. Group insting
b. Gregoriousness
c. Sosialita
d. Homo sosialis
e. Homo ludens

8. Dalam sosiologi unit terkecil pembentuk masyarakat adalah……………….
a. Kelompok
b. Keluarga
c. Klan
d. Organisasi
e. Individu

9. Kumpulan dari dua orang yang saling berinteraksi saling tergantung dan saling mempengaruhi, dalam sosiologi di kenal dengan ……………………..
a. Kelompok
b. Keluarga
c. Struktur sosial
d. Klan
e. Individu

10. Eva dan Norma adalah dua sahabat yang sudah lama terpisahkan. Melalui media sosial mereka akhirnya kembali bertemu secara intens di media sosial. Akhirnya disepakati mereka akan bertemu dalam acara reuni kecil yang hanya dihadiri oleh teman teman dekat mereka saja. Yang dilakukan oleh eva dan norma merupakan contoh terjadinya interaksi sosial, karena syarat terjadinya interaksi sosial adalah adanya…………..
a. Hubungan timbal balik
b. Pertemuan langsung
c. Kontak primer dan komunikasi
d. Kontak dan komunikator
e. Kontak dan komunikasi

Selengkapnya, bagi adik-adik kelas 12 yang ingin mendownload Soal Latihan Soal Ujian Madrasah (UM) Sosiologi MA beserta Kunci Jawaban silahkan melalui tautan link di bawah ini:

Soal Ujian Madrasah Sosiologi Terbaru

Name : Soal UM Sosiologi MA

Format : Word

Size : 127 KB

File Compatible : All Windows

Download Juga:
Soal Ujian Madrasah MA Lengkap – Download

Demikianlah Soal dan Kunci Jawaban Ujian Madrasah UM Sosiologi Madrasah Aliyah (MA) yang dapat kami bagikan, terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat untuk kita semua.

Ikuti websiteedukasi.com di aplikasi Google News dengan cara Following (temukan feed Kami di bagian Following/Mengikuti) atau Contact Me untuk mendapatkan perangkat pembelajaran terbaru dengan sangat mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.