Soal dan Jawaban PTS IPS Kelas 7 Semester 2 K13

Posted on

Websiteedukasi.com – Hallo sobat edukasi, mengingat sebentar lagi akan di selenggarakan penilaian tengah semester genap, adik-adik sebaiknya mempersiapakan secara madiri dengan berlatih mengerjakan soal latihan penilaian Tengah Semester (PTS) atau Ulangan Tengan Semester (UTS) khususnya Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII SMP/MTs Semester 2 Kurikulum 2013 sudah di lengkapi dengan kunci jawaban.

Penilaian tangah semester di laksanakan sebagai acuan guru untuk mendorong semangat berajar peserta didik untuk penilaian akhir tahun atau penilian kenaikan kelas agar mendapatkan nilai yang lebih baik. Oleh karena itu untuk mempersipakan diri adik-adik dapat berlatih soal-soal latihan penilian tengah semester genap.

Soal PTS IPS Kelas 7 SMP/MTs Semester Genap Kurikulum 2013 ini bukanlah soal bocoran melaikna soal latihan untuk persiapan atau pemantapakan dalam kegiatan panialian ulangan semester genap di tahun ini yang terdiri dari Materi Kebutuhan Manusia, Aktivitas Ekonomi dan Kreativitas Dan Kewirausahaan.

Soal penilaian tengah semester genap yang akan kami bagikan ini dapat juga di gunakan oleh guru sebagai soal referensi untuk pembuatan soal penilaian tengah semester genap khusunya mata pelajaran IPS kelas 7 kurikulum 2013/ k-13.

Soal PTS IPS Terpadu Kelas VII Semester Genap Kurikulum 2013 ini dapat digunakan juga oleh adik-adik dapat mempersiapakan diri secara madiri baik di rumah atau di sekolah dengan mengerjakan soal latihan penilaian Tengah Semester (PTS) / Ulangan Tengan Semester (UTS) ini.

Adapun contoh soal penilaian tengah semester mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 7 SMP/MTs Semester 2 kurikulum 2013 adalah sebagai berikut;

Soal Latihan IPS Kelas VII SMP/MTs Semester 2

1. Ketidakseimbangan antara kebutuhan yang terus meningkat dan ketersediaan alat pemuas kebutuhan yang terbatas di sekitar kita mengakibatkan adanya … .
a. tindakan ekonomi
b. masalah ekonomi
c. kesenjangan sosial
d. kehidupan sosial

2. Perhatikan pernyataan berikut!
1. Menumpuk bahan konsumsi setiap bulan
2. Membuat skala prioritas kebutuhan
3. Membeli barang sesuai kebutuhan
4. Membeli kebutuhan sebanyak mungkin saat diskon
Perilaku terpuji berupa sikap mensyukuri akan terpenuhinya kebutuhan sehari-hari ditunjukkan dengan penyataan nomor … .
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 2 dan 3
d. 3 dan 4
3. Perhatikan tabel berikut!

Kebutuhan primer bagi seorang pelajar ditunjukkan tabel nomor … .
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4

4. Perhatikan ilustrasi berikut!
“Sasmita seorang pekerja keras, sehari-hari ia menjalani kehidupan dengan bekerja tanpa kenal lelah. Semua pekerjaan diselesaikan dengan penuh tanggung jawab dan memiliki hasil yang memuaskan. Giat bekerja demi memenuhi kebutuhan yang bersifat materi tidak membuatnya lupa untuk melakukan kegiatan yang membuatnya merasa senang, aman dan tenang, seperti beribadah, menonton acara televisi atau membaca buku kesukaannya.”
Kegiatan yang dilakukan oleh Sasmita dengan tujuan membuat jiwa senang, aman dan tenang merupakan kebutuhan … .
a. Sekarang b. masa akan datang c. Jasmani d. Rohani

5. Perhatikan ilustrasi berikut!
“Bayu seorang pengusaha konveksi pakaian kerja. Hasil produksinya berupa jas, gaun, kemeja, celana dan rok. Dalam memproduksi, Bayu menjalin hubungan dengan pabrik tekstil untuk mendapatkan kain sebagai bahan baku usahanya. Bayu mendirikan usaha konveksinya di daerah dekat pabrik tekstil untuk menghemat biaya dalam mendapatkan bahan baku. Kegiatan ini mampu menyerap tenaga kerja dan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat.”
Dari ilustrasi tersebut, barang setengah jadi ialah …
a. Kain
b. Jas
c. Gaun
d. Kemeja

6. Suatu kegiatan manusia yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya disebut dengan … ekonomi.
a. Ilmu
b. Tindakan
c. Motif
d. Prinsip

7. Berikut ini contoh dari motif ekonomi berbuat sosial ialah … .
a. Andani menggunakan motor ke tempat kerja untuk menghemat pengeluaran bensin
b. Erni menyumbangkan buku untuk sekolah dengan tujuan menumbuhkan minat baca pada siswa
c. Rizky menjadi agen beras untuk mendapatkan keuntungan demi memenuhi kebutuhan sehari-hari
d. Soraya semangat belajar demi mendapatkan nilai terbaik di sekolah

8. Suatu tindakan yang penuh pertimbangan sehingga pengorbanan yang kita lakukan mendapatkan hasil yang maksimal, merupakan pengertian dari …. ekonomi.
a. Tindakan
b. Motif
c. Prinsip
d. Ilmu

9. Kegiatan menghasilkan atau menambah nilai guna suatu barang disebut … .
a. kegiatan ekonomi
b. Produksi
c. Distribusi
d. Konsumsi

10. Perhatikan pernyataan berikut!
1. Faktor alam
2. Faktor tenaga kerja
3. Faktor modal
4. Faktor kewirausahaan
Faktor produksi asli ditunjukkan pernyataan nomor … .
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 2 dan 3
d. 3 dan 4

Selengkapnya, bagi bapak atau ibu guru maupun adik-adik yang ingin mendownload Soal PTS / UTS Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 7 SMP/MTs Semester 2 Kurikulum 2013 silahkan melalui tautan link yang yang sudah kami sediakan di bawah ini;

Soal PTS IPS Kelas VII SMP/MTs Terbaru

Name : Soal PTS 2 IPS Kelas VII K13

Format : Word

Size : 806 KB

File Compatible : All Windows

Rekomendasi Kami:
Soal PTS Kelas VII Semester 2 K13 Lengkap – Download

Demikianlah Soal Latihan dan Kunci Jawaban UTS/ PTS Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 7 (VII) Jenjang SMP/MTs Semester 2/ genap Kurikulum 2013 yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih atas kunjungannya.

Ikuti websiteedukasi.com di aplikasi Google News dengan cara Following (temukan feed Kami di bagian Following/Mengikuti) atau Contact Me untuk mendapatkan perangkat pembelajaran terbaru dengan sangat mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.