SK Dirjen Pendis tentang Kurikulum Darurat Madrasah

Posted on

Websiteedukasi.com – Surat Keputusan (SK) Dirjen Pendis Nomor 2791 tahun 2020 tentang Panduan Kurikulum Darurat pada Madrasah.

Pada Masa Darurat Covid-19, untuk menjamin terselenggaranya pendidikan dan pembelajaran di madrasah berjalan secara efektif dan efisien. Direktur Jenderal Pendidikan Islam telah menyusun panduan Kurikulum Darurat Pada Madrasah.

Panduan Kurikulum Darurat sebagai pedoman bagi pendidik dan satuan pendidikan jenjang Raudhatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA) dalam malaksanakan pembelajaran di madrasah pada masa darurat.

Pendidik dan satuan pendidikan dapat mengembangkan pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif sesuai dengan kondisi dan kebutuhan masing-masing madrasah.

Panduan Kurikulum darurat pada madrasah ini diuraikan dengan sistematika sebagai:
1. Pendahuluan
2. Konsep kurikulum darurat
3. Pembelajaran pada masa darurat
4. Langkah-langkah pembelajaran pada masa darurat
5. Penilaian hasil belajar pada masa darurat
6. Penutup

Sasaran pengguna Panduan Kurikulum Darurat pada Madrasah adalah:
1. Pendidik (guru mata pelajaran, guru BK dan guru kelas)
2. Pimpinan satuan pendidikan (kepala madrasah dan wakil kepala madrasah)
3. Pengawas Madrasah
4. Orang tua siswa, dan
5. Pemangku kepentingan lainnya.

Pada masa darurat, seluruh siswa harus tetap mendapatkan layanan pendidikan dan pembelajaran dari madrasah. Kegiatan pembelajaran tidak hanya mengandalkan tatap muka antara guru dengan siswa, tetapi siswa dapat melakukan belajar dari rumah dengan bimbingan/pemantauan oleh guru dan orang tua.

SK Dirjen Pendis Kurikulum Darurat Madrasah.pdf, Unduh

Demikianlah SK Dirjen Pendis tentang Panduan Kurikulum Darurat Pada Madrasah yang dapat di sampaikan, smeoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *