Kebijakan Rancangan Juknis BOS 2021

Posted on

Websiteedukasi.com – Pada Januari 2021 Menteri Pendidikan dan Kebudayaan telah menyusun Pokok-Pokok Kebijakan Rancangan Permendikbud tentang Petunjuk Teknis BOS Tahun 2021.

Melalui surat Edaran, Kemendikbud meyampikan ada 9 Pokok Kebijakan pada Rancangan Permendikbud tentang Petunjuk Teknis BOS Tahun 2021 yang diantaranya : Tujuan BOS, Syarat dan Kriteria Penerima BOS, Penetapan Sekolah Penerima, Satuan Biaya BOS, Penggunaan Dana BOS, Pelaporan, Pengembalian Dana, Sisa Dana dan Sanksi.

Tujuan BOS 2021 tidak mengalami perubahan, yaitu membantu biaya operasional sekolah yang belum terpenuhi
oleh pemerintah daerah dan/atau dari sumber lainnya, mendukung pemerataan akses layanan Pendidikan, dan meningkatkan mutu pembelajaran.

Syarat dan Kriteria Penerima BOS berdasarkan Permendikbud No 19/2020 mengalami perubahan yaitu pada poin 3 memiliki izin menyelenggarakan pendidikan bagi sekolah yang diselenggarakan masyarakat yang terdata pada Dapodik dan 4 memiliki jumlah Peserta Didik paling sedikit 60 (enam puluh) Peserta Didik selama 3 (tiga) tahun terakhir saat cut off tahun berjalan *)

Pada Rancangan Permendikbud tentang Petunjuk Teknis BOS 2021, Penetapan Sekolah penerima dana BOS Reguler ditetapkan setiap tahun pelajaran berdasarkan data pada Dapodik per tanggal 31 Agustus.

Satuan Biaya BOS pada RPM Juknis BOS 2021 ditetapkan oleh Menteri. Ditetapkan melalui Keputusan Menteri. Besaran satuan biaya bersifat majemuk dan dihitung berdasarkan dua indikator, yaitu indeks kemahalan konstruksi (IKK) dan indeks peserta didik (IPD).

Rentang dan sebaran satuan biaya BOS Reguler tahun 2021

Mekanisme Penyaluran dan 12 Komponen Penggunaan dana BOS Reguler pada RPM Juknis BOS 2021 tidak mengalami perubahan.

Prinsip Penggunaan Dana BOS berdasarkan Rancangan Juknis BOS 2021 Mendukung konsep “Merdeka Belajar”, Bersifat tidak kaku dan mengikat dan Pengelolaan berdasar Manajemen Berbasis Sekolah.

RPM Juknis BOS 2021: Pelaporan, Pengembalian Dana dan Sanksi 
Pelaporan
Pelaporan menjadi persyaratan dalam penyaluran:
Pelaporan:

  • tahap I menjadi persyaratan penyaluran tahap III tahun berjalan.
  • tahap II menjadi persyaratan penyaluran tahap I tahun berikutnya
  • tahap III menjadi persyaratan penyaluran tahap II tahun berikutnya

Pengembalian dana
Pengembalian dana BOS Reguler diberlakukan bagi Sekolah dengan ketentuan:

  1. Sekolah yang menolak dana BOS Reguler setelah dana BOS Reguler disalurkan; dan Pengembalian Dana
  2. Sekolah tutup/merger setelah dana BOS Reguler disalurkan.

Sanksi
Sekolah yang tidak ditetapkan penerima BOS Reguler dan/atau tidak menerima dana BOS Reguler maka:

  1. Bagi Sekolah yang diselenggarakan oleh Pemerintah daerah biaya operasionalnya menjadi tanggung jawab Pemerintah Daerah sesuai kewenangannya
  2. Bagi Sekolah yang diselenggarakan oleh masyarakat biaya operasionalnya menjadi tanggung jawab badan hukum penyelenggara

Selengkapnya, silahakan download Pokok-Pokok Kebijakan Rancangan Permendikbud tentang Petunjuk Teknis BOS 2021 melalui tautan link di bawah ini:

Kebijakan BOS Tahun 2021.pdf, Unduh

Demikian 9 Pokok-Pokok Kebijakan Rancangan Permendikbud tentang Petunjuk Teknis (Juknis) BOS Reguler Tahun 2021 yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. Terima kasih.

Ikuti websiteedukasi.com di aplikasi Google News dengan cara Following (temukan feed website edukasi di bagian Following/Mengikuti) untuk mendapatkan berita & perangkat pembelajaran terbaru dengan sangat mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *