Program Supervisi Kepala Sekolah Tahun 2020/2021

Posted on

Websiteedukasi.com – Program Supervisi Kepala Sekolah Tahun 2020/2021. Hallo sobat websiteedukasi, pada postingan ini saya akan share Program Supervisi Kepala Sekolah Terbaru tahun pelajaran 2020/2021 jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK yang bisa anda unduh secara gratis.

Sekolah adalah merupakan sebuah sistem yang terdiri atas komponen-komponen penting yang kait-mengait, berhubungan erat dan tidak mungkin terpisahkan. Komponen tersebut meliputi seluruh ranah fisik dan non-fisik, stakeholder (pemangku kepentingan) terhadap keberadaan sekolah yaitu siswa, guru, unsur pimpinan, karyawan, orang tua siswa/ komite sekolah, instansi terkait, serta pihak-pihak yang secara langusung maupun tidak langsung berkepentingan terhadap eksistensi sekolah. Semua itu dapat dikatakan sebagai komponen sistem per-sekolah-an.

Perlu kita ketahui bersama, komponen pembentuk sistem perikehidupan sekolah tersebut dapat dipisahkan menjadi dua bagian yaitu komponen inti – yang merupakan komponen langsung terlibat dan berada di sekolah – dan komponen luar yang secara tidak langsung berpengaruh terhadap kemajuan kehidupan sekolah.

Sebagai lembaga pendidikan, sekolah dalam hal ini memiliki visi dan misi yang jelas sehingga keduanya diharapkan dapat dicapai secara optimal. Pencapaian visi, misi, dan tujuan sekolah tidak begitu saja dapat diwujudkan tanpa adanya program sistematis dan lengkap yang meliputi perencanaan, roses serta evaluasi sehingga kegagalan pencapaian visi, misi, dan tujuan sekolah dapat diminimalisasikan.

Salah satu faktor penting dalam rangkaian upaya pencapaian visi, misi, dan tujuan sekolah tersebut adalah dengan perlu disusunnya sebuah Program Supervisi untuk mencermati, memantau, serta evaluasi melekat terhadap beberapa titik vital kehidupan sekolah anatara lain: supervisi KBM, supervisi perpustakaan, supervisi administrasi sekolah, supervisi laboratorium, serta supervisi kegiatan kesiswaan/ ekstrakurikuler.

Mengingat akan pentingya kegiatan supervisi terhadap proses kehidupan sistem sekolah, dengan ini websiteedukasi.com mencoba untuk menyusun Program Supervisi Kepala Sekolah Jenjang SD SMP SMA SMK Tahun Pelajaran 2020/2021.

Program Supervisi ini tentu saja masih terlalu jauh dari sempurna mengingat keterbatasan berbagai aspek dari penyusun. Namun demikian harapan tetap mengedepan, kiranya program supervisi ini dapat membantu – meski hanya sedikit – upaya pencapaian visi, misi, dan tujuan sekolah-sekolah khusunya Tahun Pelajaran 2018/2019.

Contoh Program Supervisi Kepala Sekolah Tahun Ajaran 2020/2021 yang coba saya bagikan ini dibuat dengan menggunakan aplikasi pengolah kata Ms Word, sehingga dapat bapak dan ibu Kapala Sekolah/ Waka kurikulum mengeditnya sesuai dengan kbutuhan.

Selengkapnya, bagi bapak dan ibu yang belum memiliki Contoh Program Supervisi Kepala Sekolah Terbaru Tahun 2018/2019 bisa mengunduhnya melalui tautan link yang saya sematkan di bawah ini;

Program Supervisi Kepala Sekolah.doc, Unduh

Dekimian Program Supervisi Kepala Sekolah Jenjang SD, SMP, SMA, SMK Terbaru tahun pelajaran 2020/2021 yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat.
Ikuti websiteedukasi.com di aplikasi Whatsapp dengan cara Subscribe atau Contact Me untuk mendapatkan perangkat pembelajaran terbaru dengan sangat mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *