POS Akreditasi Sekolah/Madrasah Tahun 2021

Posted on

Websiteedukasi.com –  POS Pelaksanaan Akreditasi Sekolah / Madrasah Tahun 2021 merupakan Prosedur Operasional Standar digunakan oleh Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) untuk melaksanakan akreditasi Sekolah/Madrasah dengan syarat kepengurusan BAN-S/M sesuai dengan Pedoman Akreditasi Sekolah/Madrasah dan peraturan perundangan yang berlaku.

Pada tahun 2021 BAN-S/M telah menetapkan kuota sebanyak 10.449 sekolah/madrasah sebagai sasaran visitasi yang jumlahnya telah ditetapkan untuk setiap provinsi. Pelaksanaan akreditasi tahun ini menggunakan Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) 2020 yang perlu disosialisasikan pada sekolah/madrasah yang menjadi sasaran visitasi.

Untuk pengumpulan informasi tentang sekolah/madrasah yang menjadi sasaran, BAN-S/M menggunakan Sistem Penilaian Akreditasi Sekolah/Madrasah (Sispena-S/M) yang sudah terintegrasi dengan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Kemendikbud dan Education Management Information System (EMIS) Kemenag. Sispena-S/M akan menjadi pintu gerbang pertama untuk masuk dalam proses akreditasi sekolah/madrasah.

Pelaksanaan akreditasi tahun ini baik tingkat SD SMP SMA SMK menggunakan instrumen baru IASP 2020. Untuk sasaran sekolah/ madrasah pada setiap provinsi sudah ditentukan berdasarkan hasil akreditasi sebelumnya yang mempunyai peringkat A, B, C, dan TT.

Sekolah/madrasah dapat diakreditasi apabila telah mengisi Data Isian Akreditasi (DIA) melalui Sispena-S/M. Kegiatan Pengisian DIA dilakukan oleh sekolah/madrasah dalam kurun waktu yang telah ditetapkan oleh BAN-S/M Provinsi. Bagi sekolah/madrasah yang melakukan akreditasi wajib mengajukan reakreditasi dan mengisi DIA paling lambat 6 (enam) bulan sebelum masa berlaku sertifikatnya berakhir.

WAKTU DAN TEMPAT

  1. Kegiatan sosialisasi yang diselenggarakan oleh BAN-S/M Provinsi dilaksanakan selama 1 (satu) atau 2 (dua) hari secara daring.
  2. Kegiatan Pengisian DIA dilakukan oleh sekolah/madrasah melalui aplikasi Sispena-S/M dalam kurun waktu yang telah ditetapkan oleh BAN-S/M Provinsi.

DOKUMEN YANG DIPERLUKAN

  1. BAN-S/M Provinsi.
    a. Kuota dan daftar sekolah/madrasah yang memenuhi syarat untuk diakreditasi.
    b. Petunjuk penggunaan Sispena-S/M.
    c. IASP2020.
  2. Disdik Provinsi, Kanwil Kemenag, Disdik Kabupaten/Kota, dan KanKemenag dan KPA-S/M.
    a. Daftar sekolah/madrasah yang memenuhi syarat untuk diakreditasi.
    b. Petunjuk penggunaan Sispena-S/M.
    c. IASP2020.
  3. Sekolah/Madrasah.
    a. Petunjuk penggunaan Sispena-S/M.
    b. IASP2020.
    c. Dokumen yang diperlukan di IASP2020.

HASIL

  1. Tersampaikannya informasi sekolah/madrasah yang memenuhi persyaratan untuk diakreditasi pada tahun 2021.
  2. Tersosialisasikannya IASP2020 dan proses pelaksanaan akreditasi di tahun 2021.
  3. Terinformasikannya pengisian DIA melalui Sispena-S/M.
  4. Terinformasikannya batas waktu pengisian DIA oleh sekolah/madrasah.
  5. Terisikannya DIA oleh sekolah/madrasah dengan batas waktu yang telah ditetapkan oleh BAN-S/M Provinsi.

Selengkapnya, silahkan yang ingin mendownload POS Akreditasi Sekolah/Madrasah Tahun 2021 bisa melalui tautan link dibawah ini;

POS Akreditasi Sekolah/Madrasah Terbaru

Name : POS Akreditasi Sekolah/Madrasah 2021

Format : PDF

Size : 1 MB

File Compatible : All Windows

Demikianlah POS Akreditasi Sekolah/Madrasah Tahun 2021 yang dapat di bagikan, semoga bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih atas kunjungannya.

Ikuti websiteedukasi.com di aplikasi Google News dengan cara Following (temukan feed website edukasi di bagian Following/Mengikuti) untuk mendapatkan berita & perangkat pembelajaran terbaru dengan sangat mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *