Permendikbud Nomor 6 Tahun 2020 Tentang Penerimaan Mahasiswa Baru PTN

Posted on

Websiteedukasi.com – Permendikbud Nomor 6 Tahun 2020 Tentang Penerimaan Mahasiswa Baru PTN. Perguruan Tinggi Negeri yang selanjutnya disingkat PTN adalah perguruan tinggi yang didirikan dan/atau diselenggarakan oleh Pemerintah.

Upaya untuk melaksanakan ketentuan Pasal 73 ayat (7) Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, perlu menetapkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri.

Berdasarkan Pasal 2 Permendikbud Nomor 6 Tahun 2020, Penerimaan mahasiswa baru Program Sarjana pada PTN
diselenggarakan dengan prinsip:

  1. adil, yaitu tidak membedakan agama, suku, ras, jenis kelamin, umur, kedudukan sosial, kondisi fisik, dan tingkat kemampuan ekonomi calon mahasiswa, dengan tetap memperhatikan potensi dan prestasi akademik calon mahasiswa dan kekhususan Program Studi di PTN yang bersangkutan;
  2. akuntabel, yaitu dilaksanakan sesuai dengan prosedur dan kriteria yang jelas;
  3. fleksibel, yaitu diselenggarakan beberapa kali dan setiap calon mahasiswa dapat menempuh paling banyak 2 (dua) kali UTBK;
  4. efisien, yaitu penyelenggaraan tes masuk PTN menggunakan teknologi informasi dan komunikasi, pelibatan sumber daya manusia, dan fleksibilitas waktu; dan
  5. transparan, yaitu pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru PTN dilakukan secara terbuka dan hasil pelaksanaan diakses secara mudah.

Jalur penerimaan mahasiswa baru Program Sarjana pada PTN dilakukan melalui:

  • seleksi nasional masuk PTN (SNMPTN) dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik,
    nonakademik, dan/atau portofolio calon mahasiswa;
  • seleksi bersama masuk PTN (SBMPTN) dilakukan berdasarkan hasil UTBK dan dapat ditambah
    dengan kriteria lain sesuai dengan talenta khusus yang ditetapkan PTN yang bersangkutan; dan
  • seleksi lainnya.

Penelusuran prestasi akademik, nonakademik, dan/atau portofolio calon mahasiswa sebagaimana dimaksud diatas merupakan seleksi atas:

  • nilai rapor peserta didik pendidikan menengah atau sederajat yang berasal dari seluruh sekolah di
    seluruh wilayah Indonesia; dan/atau
  • prestasi nonakademik peserta didik pendidikan menengah atau sederajat.

UTBK terdiri atas:

  • tes potensi skolastik, yaitu tes yang bertujuan untuk mengukur kemampuan kognitif yang diperlukan bagi calon mahasiswa yang diprediksi mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi; dan
  • tes kompetensi akademik, yaitu tes yang bertujuan untuk menilai kompetensi lainnya.

Seleksi lainnya dilakukan berdasarkan seleksi dan tata cara yang ditetapkan oleh masing-masing Pemimpin Perguruan Tinggi.

Permendikbud Nomor 6 Tahun 2020.pdf, Unduh

Demikianlah Permendikbud Nomor 6 Tahun 2020 Tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri yang dapat saya sampikan, semoga informasi ini bermanfaat.

Ikuti websiteedukasi.com di aplikasi Google News dengan cara Following (temukan feed website edukasi di bagian Following/Mengikuti) untuk mendapatkan informasi atau berita terbaru dengan sangat mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *