Laporan Praktikum Kimia SMA Terbaru

Posted on

Websiteedukasi.com, Laporan Praktikum Kimia SMA Terbaru – Halo soabat websiteedukasi, pada postingan ini saya akan berbagi Contoh Laporan Praktikum Kimia jenjang SMA Materi Pengujian Asam Basa Dengan Indikator Bahan Alami Terbaru yang bisa anda unduh secara gratis.

Laporan Praktikum Mata Pelajaran Kimia jenjang SMA terbaru merupakan laporan hasil pengamatan peserta didik/ siswa SMA dengan menggunakan bahan-bahan alami meliputi Bunga Kamboja, Bunga, Mawar, Bunga Buganvil, Bunga Nusa indah, Bunga Anggrek, Daun Pacar air, dan Kunyit.

Contoh Laporan Praktikum Kimia Pengujian Asam Basa Dengan Indikator Bahan Alami SMA ini dibuat secara berkelompok, adapun contoh Laporan Praktikum Kimia SMA sebagai berikut:

 

Laporan Praktikum Kimia 
Pengujian Asam Basa Dengan Indikator Bahan Alami

A. Judul
Membuat indkator asam basa dari bahan alami.

B. Tujuan
1. Membuat Indikator Asam Basa dari Ekstrak Bahan Alam
2. Menentukan sifat larutan dengan indikator alami

D. Alat dan Bahan

Alat :
1. Potongan gelas plastik
2. Alat tumbuk
3. Sendok dan pengaduk
4. Saringan

Bahan :
1. Air
2. Sabun ( Cairan dengan air )
3. Asam ( di campurkan dengan air 1 : 1 )
4. Bunga kamboja
5. Bunga mawar
6. Bunga buganvil
7. Bunga nusa indah
8. Bunga Anggrek
9. Daun pacar air
10. Kunyit.

E. Cara kerja.

  1. Menggerus beberapa helai mahkota bunga kamboja, bunga mawar, bunga bugenvil,bunga nusa indah, daun pacar air, bunga Anggrek, dan kunyit  sampai halus dengan menggunakan alat tumbuk, kemudian tambahkan air 4 : 4.
  2. Menambahkan cuka pada masing – masing  gelas plastik yang berisi bahan yang sudah digerus tadi dengan menggunakan sendok makan dengan perbandingan 2 : 2.
  3. Lalu aduk  masing – masing bahan yang sudah dicampur dengan cairan asam atau cairan sabun colet tadi menggunakan sendok makan yang bersih sampai berubah warna.
  4. Lalu amati warna yang terjadi pada bahan – bahan tersebut di atas.
  5. Ulangi langkah kerja di atas sampai ketujuh bahan sampai selesai.

F. Pengamatan
……………………………………

Selengkapanya, bagi peserta didik/ siswa SMA Kelas 10, Kelas 11, Kelas 12 yang ingin mengunduh Contoh Laporan Praktikum Kimia Pengujian Asam Basa Dengan Indikator Bahan Alami Terbaru bisa mengunduhnya melalui tautan link yang saya sematkan di bawah ini.
Laporan Praktikum Kimia SMA.doc, Unduh
Demikian Laporan Praktikum Kimia jenjang SMA Terbaru yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat.
Ikuti websiteedukasi.com di aplikasi Whatsapp dengan cara Subscribe atau Contact Me untuk mendapatkan perangkat pembelajaran terbaru dengan sangat mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *