Tata Cara dan Format Pelaporan Dana BOS Tahun 2020

Posted on

Websiteedukasi.com – Tata Cara dan Format Pelaporan Dana BOS Tahun 2020. Halo sobat websiteedukasi, pada postingan ini saya akan membagikan Tata Cara dan Format Pelaporan Rekapitulasi Realisasi Penggunaan Dana BOS Reguler 2020-2021 jenjang SD, SMP, SMA dan SMK berdasarkan Permendikbud No. 8 Tahun 2020 Tentang Juknis BOS Reguler.

Pada BOS 2020 ini banyak kebijakan-kebijakan baru seperti naiknya dana alokasi BOS pada satuan Pendidikana, naikna honor 50%, sekolah di wajibkan menempelkan laporan agar bisa di lihat oleh wali murid dan masyarakat dan kebijakan lainnya. Bagaiman cara pelaporan dana bos berdasarkan permendikbud nomor 8 tahun 2020? berikut tata caranya:

Tata Cara Pelaporan BOS Reguler Tahun 2020

1  Pelaporan Sekolah dilakukan dengan ketentuan sebagai berikut:
a. Sekolah harus menyusun pembukuan secara lengkap.
Pembukuan disertai dengan dokumen pendukung. Pembukuan yang harus disusun oleh Sekolah sebagai berikut:
1) RKAS;
2) buku kas umum;
3) buku pembantu kas;
4) buku pembantu bank;
5) buku pembantu pajak; dan
6) dokumen lain yang diperlukan;

b. Sekolah harus menyusun laporan secara lengkap dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. melakukan rekapitulasi realisasi penggunaan dana bos reguler yaitu melakukan rekapitulasi penggunaan dana BOS Reguler berdasarkan standar pengembangan Sekolah dan komponen pembiayaan dana BOS Reguler. Realisasi penggunaan dana yang dilaporkan merupakan seluruh penggunaan dana BOS Reguler yang diterima Sekolah pada tahun berkenaan. Laporan ini dibuat tiap tahap dan ditandatangani oleh Bendahara, kepala Sekolah, dan Komite Sekolah serta disimpan di Sekolah; dan
  2. Sekolah yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah menyampaikan laporan realisasi penggunaan dana BOS Reguler kepada Pemerintah Daerah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan; dan

c. Sekolah harus mempublikasikan semua pelaporan baik penerimaan dan penggunaan dana BOS Reguler kepada masyarakat secara terbuka. Dokumen yang harus dipublikasikan yaitu rekapitulasi dana BOS Reguler berdasarkan
komponen pembiayaan. Publikasi laporan dilakukan pada papan informasi Sekolah atau tempat lainnya yang mudah diakses oleh masyarakat.

2. Contoh format laporan rekapitulasi realisasi penggunaan dana BOS Reguler di Sekolah sebagai berikut:

3. Pelaporan dana BOS Reguler pada Pemerintah Daerah Provinsi/Kabupaten/Kota dilakukan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
4. Pajak terkait penggunaan dana BOS Reguler di Sekolah mengikuti ketentuan peraturan perundang-undangan mengenai pajak nasional dan pajak daerah.

Bagi Anda yang ingin mendownload Format Laporan Rekapitulasi Realisasi Penggunaan Dana BOS Reguler silahkan melalui tautan link di bawah ini:

Format Laporan Rekapitulasi Penggunaan Dana BOS Reguler.doc, Unduh
Format Laporan Rekapitulasi Penggunaan Dana BOS Reguler.xlsx, Unduh
Juknis BOS Reguler Tahun 2020 (Permendikbud No 8 Tahun 2020), Unduh

Demikianlah Tata cara Pelaporan Rekapitulasi Realisasi Penggunaan Dana BOS Reguler Tahun 2020 yang dapat saya sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat.

Ikuti websiteedukasi.com di aplikasi Google News dengan cara Following (temukan feed website edukasi di bagian Following/Mengikuti) untuk mendapatkan informasi atau berita terbaru dengan sangat mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *