Juknis Penyaluran Tunjangan Guru PNSD Tahun 2021

Posted on

Websiteedukasi.com – Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 7 Tahun 2021 di tetapkan agar penyaluran tunjangan profesi, tunjangan khusus, dan tambahan penghasilan Guru pegawai negeri sipil daerah berjalan secara tertib, efisien, efektif, ekonomis, transparan, akuntabel, kepatutan, dan bermanfaat.

Permendikbud nomor 7 tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis TPG PNSD merupakan peyempurna dari Peraturan Menteri Nomor 19 Tahun 2019. Guru Pegawai Negeri Sipil Daerah akan mendapatkan tunjangan profesi, tunjangan khusus, dan tambahan penghasilan.

Tunjangan Profesi adalah tunjangan yang diberikan kepada Guru yang memiliki sertifikat pendidik sebagai penghargaan atas profesionalitasnya. Tunjangan Khusus adalah tunjangan yang diberikan kepada Guru sebagai kompensasi atas kesulitan hidup yang dihadapi dalam melaksanakan tugas di Daerah Khusus.

Tambahan Penghasilan adalah sejumlah uang yang diberikan kepada Guru pegawai negeri sipil daerah yang belum bersertifikat pendidik yang memenuhi kriteria sebagai penerima tambahan penghasilan.

Berdasarkan Permendikbud Nomor 7 Tahun 2021, Tunjangan Profesi diberikan kepada Guru yang memenuhi kriteria sebagai berikut:

  1. Guru dengan status CPNSD/PNSD;
  2. memiliki satu atau lebih sertifikat pendidik;
  3. berstatus sebagai Guru yang mengajar pada satuan pendidikan yang tercatat pada Data Pokok Pendidikan (Dapodik) di bawah binaan Kementerian;
  4. memiliki Nomor Registrasi Guru (NRG) yang diterbitkan oleh Kementerian;
  5. aktif mengajar sebagai Guru mata pelajaran/Guru kelas atau aktif membimbing sebagai Guru bimbingan konseling/Guru teknologi informasi dan komunikasi pada satuan pendidikan yang sesuai dengan peruntukan Sertifikat Pendidik yang dimiliki;
  6. memenuhi beban kerja sesuai dengan ketentuan peraturan perundangundangan;
  7. memiliki hasil penilaian kinerja paling rendah dengan sebutan “Baik”;
  8. mengajar di kelas dengan dengan rasio guru dan siswa sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan bagi guru; dan
  9. tidak terikat sebagai tenaga tetap pada instansi selain satuan pendidikan bagi Guru atau dinas pendidikan bagi pengawas satuan pendidikan.

Informasi selengkapnya bisa anda dapatkan dengan mendownload Permendikbud Nomor 7 Tahun 2021 Tentang TPG PNSD Tahun 2021 melalui tautan link dibawah ini:

Permandikbud 19 Tahun 2019 – Download
Permandikbud 7 Tahun 2021 – Download

Demikian info Permendikbud Nomor 7 Tahun 2021 Tentang Petunjuk Teknis Penyaluran Tunjangan Profesi, Tunjangan Khusus, Dan Tambahan Penghasilan Guru PNSD, semoga bermanfaat untuk kita semua.

Ikuti websiteedukasi.com di aplikasi Google News dengan cara Following (temukan feed website edukasi di bagian Following/Mengikuti) untuk mendapatkan berita & perangkat pembelajaran terbaru dengan sangat mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *