Juknis Penyusunan Dokumen 1 MI Tahun 2020

Posted on

Websiteedukasi.com – Juknis Penyusunan Dokumen 1 MI Tahun 2020. Petunjuk Teknis Penyusunan Dokumen 1 MI bertujuan untuk memandirikan dan memberdayakan satuan pendidikan melalui pemberian kewenangan (otonomi) kepada satuan pendidikan dan mendorong untuk melakukan pengambilan keputusan secara partisipatif dalam pengembangan kurikulum.

Sedangkan secara khusus tujuannya Penyusunan Dokumen 1 MI adalah: (a) meningkatkan mutu pendidikan melalui kemandirian dan inisiatif madrasah dalam mengembangkan kurikulum, mengelola dan memberdayakan sumber daya yang tersedia; (b) meningkatkan kepedulian warga madrasah dalam mengembangkan kurikulum melalui pengambilan keputusan bersama untuk mewujudkan keunggulan madrasah; dan (c) meningkatkan kompetisi yang sehat antar satuan pendidikan.

Langkah-langkah Penyusunan KTSP
Penyusunan KTSP hendaknya mengikuti langkah-langkah yang sebagai berikut :
1. Membentuk Tim Pengembang Kurikulum
Tahap awal yang harus dilakukan madrasah dalam pengembangan KTSP adalah menyusun tim pengembang kurikulum madrasah. Tim terdiri dari unsur: kepala madrasah, komite madrasah, guru (termasuk Koordinator Bidang Kurikulum) dan pemangku kepentingan (stakeholders). Tim ini merupakan penggerak penyusunan, implementasi, monitoring dan pengendali, serta evaluasi kurikulum. Tim ini mengadakan pertemuanpertemuan untuk mengkaji kebijakan-kebijakan dalam pengembangan kurikulum.

2. Analisis konteks/pemetaan madrasah
Tim pengembang kurikulum madrasah melakukan analisis terhadap kondisi madrasah dan hubungannya dengan peserta didik. Analisis dilakukan terhadap kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dihadapi madrasah. Analisis ini dilakukan secara holistik sehingga hasil yang diperoleh merupakan gambaran nyata tentang kondisi madrasah.

3. Penyusunan dokumen 1 KTSP
Setelah melakukan analisis, Tim pengembang kurikulum menyelenggarakan pertemuan/workshop untuk menyusun KTSP. Kepala madrasah, guru, komite madrasah dengan bimbingan pengawas dan nara sumber menyusun KTSP dokumen 1 dengan pertimbangan utama mutu konten/ isi dokumen.

Selengkapnya, silahkan download Petunjuk Teknis Penyusunan Dokumen 1 MI Tahun 2020 melalui tautan link yang saya sematkan di bawah ini:

Juknis Penyusunan Dokumen 1 MI.pdf, Unduh

Demikianlah Petunjuk Teknis / Juknis Penyusunan Dokumen 1 MI Tahun 2020 yang dapat saya sampaikan, smeoga bermanfaat.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *