Juknis Penulisan Ijazah 2020 SD SMP SMA SMK

Posted on

Websiteedukasi.com, Petunjuk teknis juknis Penulisan / Pengisian Blangko Ijazah 2020 jenjang SD SMP SMA SMK telah di atur dalam Peraturan Sekjen Kemendikbud Nomor 5 Tahun 2020 tentang perubahan atas Peraturan Sekjen Kemendikbud Nomor 2 Tahun 2020 tentang Spesifikasi teknis, bentuk dan tata cara pengisian blangko ijazah pendidikan dasar dan pendidikan menengah tahun pelajaran 2019-2020.

Mengingat Ijazah merupakan dokumen resmi yang diterbitkan sebagai pengakuan terhadap prestasi belajar atau penyelesaian suatu jenjang pendidikan setelah lulus dari satuan pendidikan, oleh karena itu pemerintah telah menuyusun Panduan penulisan blangko Ijazah sebagai penjamin kualitas, keaslian, dan keabsahan pada tingkat SD, SDLB, SMP, SMPLB, SMA, SMK, SMALB, Program Paket A, Program Paket B, Program Paket C, atau sederajat.

Berikut ini spesifikasi teknis, bentuk, dan tata cara pengisian blangko ijazah pendidikan dasar dan pendidikan menengah.

SPESIFIKASI TEKNIS DAN BENTUK BLANGKO IJAZAH

A. Spesifikasi Kertas dan Bingkai
1. Spesifikasi kertas Blangko Ijazah adalah sebagai berikut.
a. Jenis  : kertas berpengaman khusus (security paper);
b. Ukuran : 21 cm x 29,7 cm;
c. Berat : 150 gr/m² dengan toleransi ± 4 gr/m²;
d. Tebal : 180 – 210 mikrometer;
e. Opasitas : minimum 90%;
f. Kecerahan : 80% dengan toleransi ± 5% (brightness);
g. Bahan : pulp kayu kimia 100%;
h. Warna : krem;
i. Pengaman : tanda air lambang Garuda Pancasila sebar; dan
j. Minutering : 1) berupa serat berwarna merah kasat mata yang berpendar berwarna merah jika disinari dengan sinar ultra violet.

2) berupa serat berwarna biru dan kuning tidak kasat mata yang berpendar berwarna biru dan kuning jika disinari dengan sinar ultra violet.
2. Spesifikasi bingkai Blangko Ijazah adalah sebagai berikut:
a. berbentuk persegi panjang vertikal;
b. lebar 1,5 cm dengan jarak 0,5 cm dari tepi kertas;
c. berbentuk ornamen; dan
d. kombinasi warna sebagai berikut:
a. merah (Pantone 206 U), kuning (Pantone 108 U), dan hitam (Pantone Black 6 U) untuk SD/SPK, SDLB, dan Program Paket A;
b. biru (Pantone 293 U), kuning (Pantone 108 U), dan hitam (Pantone Black 6 U) untuk SMP/SPK, SMPLB, dan Program Paket B;
c. abu-abu (Pantone 644 U), kuning (Pantone 108 U), dan hitam (Pantone Black 6 U) untuk SMA/SPK, SMALB, dan Program Paket C; dan
d. Hijau (Pantone 620 U), kuning (Pantone 108 U), dan hitam (Pantone Black 6 U) untuk SMK.

Selengkapnya, silahkan download Petunjuk Teknis (Juknis) Penulisan Ijazah Tahun 2020 (tahun pelajaran 2019/2020 pada tautan link di bawah ini.

Juknis Penulisan Ijazah 2020.pdf, Unduh

Demikianlah info tentang petunjuk teknis (Juknis) Penulisan/ Pengisian Blangko Ijazah jenjang SD SMP SMA SMK tahun 2020 Tahun Pelajaran 2019/2020 yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.

Loading...

1 comment

  1. Terima Kasih atas informasinya, namun masih ada beberapa yg perlu kami tanyakan hal Spesifikasi Kertas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *