Juknis AKA PDBK Daring Tahun 2020

Posted on

Websiteedukasi.com – Pengembangan prestasi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK) di bidang seni dilakukan secara berjenjang dan berkelanjutan melalui penyelenggaraan Ajang Kreasi dan Apresisasi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (AKA-PDBK). Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan wadah berkreasi dengan menampilkan karya kreatif dan inovatif peserta didik berkebutuhan Khusus dalam bidang seni dengan mengedepankan sportivitas dan kreativitas.

Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan menyelenggarakan Ajang Kreasi dan Apresiasi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (AKA-PDBK) tingkat nasional secara daring Tahun 2020.

Dalam situasi pandemi virus Corona COVID-19 di Indonesia saat ini, AKA-PDBK tetap dilaksanakan dengan mekanisme yang mengutamakan keselamatan semua pihak. Pelaksanaan AKA-PDBK tahun 2020 akan dilaksanakan secara Daring (dalam jaringan)/online.

Sehubungan dengan hal tersebut, maka disusunlah Buku Panduan Teknis AKA-PDBK tahun 2020 secara Daring/online sebagai acuan kerja bagi para juri, peserta, dan pembimbing serta panitia dalam melaksanakan kegiatan ini.

Pelaksanaan Registrasi dan unggah materi lomba Ajang Kreasi dan Apresiasi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (AKA-PDBK) tingkat nasional secara daring tahun 2020, dimulai pada tanggal 1 s.d. 10 September 2020 dengan menggunakan Aplikasi lomba Pendidikan Khusus Pusat Prestasi Nasional pada laman : http://pk.pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id

Peserta lomba dapat diikuti oleh peserta didik berkebutuhan khusus di satuan pendidikan khusus maupun pada satuan pendidikan penyelenggara pendidikan inklusif. Jenis lomba yang laksanakan meliputi

  1. mewarnai untuk peserta didik tunagrahita SDLB/SD,
  2. menyanyikan lagu wajib nasional untuk peserta didik tunagrahita SMPLB/SMP,
  3. pembawa acara upacara bendera untuk peserta didik tunagrahita SMALB/SMA,
  4. membaca teks proklamasi kemerdekaan RI untuk peserta didik Autis SDLB/SD,
  5. membaca puisi tema kemerdekaan untuk peserta didik Autis SMPLB/SMP,
  6. sosialisasi protocol kesehatan untuk peserta didik Autis SMALB/SMA

Penyelenggaraan Ajang Kreasi dan Apresiasi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (AKA-PDBK) tingkat nasional secara daring Tahun 2020 harus mematuhi protokol kesehatan;

Juknis AKA PDBK Daring Tahun 2020.pdf, Unduh
Pemberitahuan Juknis AKA PDBK Daring.pdf, Unduh

Demikianlah Petunjuk Teknis Ajang Kreasi dan Apresiasi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (AKA-PDBK) daring tingkat nasional Tahun 2020 yang dapat dibagikan, semoga bermanfaat. Terima kasih atas kunjungannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *