Cara Upgrade ke Google Analytics 4 (GA4) Terbaru

Posted on

Websiteedukasi.com – Google Analytics adalah layanan statistik pengunjung web gratis untuk mengumpulkan informasi secara real times. Aplikasi ini mengambil data website dari mesin pencarian (search engine), iklan, jaringan pay-per-click, email marketing, dan juga tautan dari dokumen PDF.

Google Analytics menjadi salah satu cara membuat website berkualitas dan juga untuk meningkatkan perkembangan web karena kita bisa melihat report trafik pada website dalam jangka waktu per hari, per minggu, atau per bulan.

Blogger sendiri sudah menyediakannya layanan Statistik pengunjung, tetapi perhitungan pada Blogger tidak se-akurat Analytics. Untuk Wordpess bisa menggunakan plugin Statistik Traffic Jetpack, WP Statistic, WP Power Stats, dan WP Slimstat Analytics, namun saya lebih suka menggunakan Google Analytics.

Cara Upgrade GA4
Mendaftarkan web ke Google Analytics sangat mudah, anda hanya perlu menambahkan URL, nama web dan memasang kode di web/blog. Jika anda memiliki lebih dari satu website anda tidak perlu lagi buat akun baru karena anda bisa menambahkan 100 web dalam satu akun.

Bagi website atau blognya sudah di daftarkan ke Google Analytics bisa melakukan Upgrade ke GA4, ini merupakan tampilan terbaru. Mungkin dari anda ada yang masih bingung dalam mengimplementasikannya, jika anda salah dalam melakukan Upgrade maka pengunjung tidak terbaca di dasbord GA4. Berikut ini panduannya:

Pertama: Login ke akun Google Analytics

Kedua: Setelah halaman terbuka, lalu kebagian Admin.

Ketiga: Selanjutnya lakukan Upgrade GA4, lalu Hubungkan. Jika sudah terhubung tampilannya seperti pada gambar di bawah ini.

Kelima: Lalu klik Lihat properti GA4 Anda, setelah laman terbuka pilih penginstalan Tag dan klik icon segitiga. Contoh bisa anda lihat pada gambar.

Keenam: Kemudian tambahkan aliran data, pilih Web. Maka akan muncul halaman baru, silahkan isikan URL dan Nama Situs Web Anda.

Cara pengisian URL : pilih https, jika website anda tanpa www jadi cukup isikan namaweb.com dan dengan www menjadi www.namaweb.com tanpa perlu menyertakan https://.

Ketujuh: Langkah selanjutnya, Buat Aliran Data. Lalu tambahkan script pada website Anda di atas kode </head>, untuk wordpress bisa di cari di header.php.

Setelah kode di tambahkan, masuk ke halaman beranda, kemudian realod halaman Google Analytics dan tunggu beberapa menit anda akan melihat aktifitas online pada akun GA4 Anda.

Kesimpulan:
Google Analytics adalah Aplikasi layanan statistik pengunjung atau visitor website gratis untuk mengumpulkan informasi secara real times.

Mengupgrade Google Analytics ke GA4 anda hanya perlu menghubungkan, menambahkan URL, Nama Web, dan mengimplementasikan kode javascript ke dalam website atau blog.

Ikuti websiteedukasi.com di aplikasi Google News dengan cara Following (temukan feed website edukasi di bagian Following/Mengikuti) untuk mendapatkan informasi atau berita terbaru dengan sangat mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *