CP Seni Rupa Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Posted on

Websiteedukasi.com – Capaian Pembelajaran Seni Rupa Kelas VII SMP/MTs Kurikulum Merdeka adalah kompetensi minimum yang harus dicapai peserta didik untuk setiap mata pelajaran. CaPaian Pembelajaran (CP) dirancang dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan Standar Isi, sebagaimana Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KI-KD) dalam Kurikulum 2013 dirancang.

Capaian Pembelajaran merupakan pembaharuan dari KI dan KD, yang dirancang untuk terus menguatkan pembelajaran yang fokus pada pengembangan kompetensi. Kurikulum 2013 bahkan kurikulum nasional yang terdahulu sudah ditujukan untuk berbasis kompetensi, sehingga kurikulum ini meneruskan upaya tersebut.

Baca Juga : Modul Ajar Kelas VII SMP/MTs Kurikulum Merdeka

Dalam Capaian Pembelajaran (CP), strategi yang semakin dikuatkan untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan mengurangi cakupan materi dan perubahan tata cara penyusunan capaian yang menekankan pada fleksibilitas dalam pembelajaran.

Pengurangan Konten

Konsekuensi dari pembelajaran yang berorientasi pada kompetensi adalah perlunya pengurangan materi pelajaran atau pokok bahasan.

Beberapa contoh konkrit penyederhanaan dan penyesuaian kompetensi dan materi ajar dalam Capaian Pembelajaran di Kurikulum Merdeka adalah pengurangan beberapa materi dalam CP Seni Musik Fase D karena terlalu banyak dan terlalu terperinci untuk jenjang tersebut.

Pembelajaran Secara Konstruktif

Capaian Pembelajaran di Kurikulum Merdeka mengutamakan kompetensi yang perlu dicapai tanpa mengikat konteks dan konten pembelajarannya.

Berdasarkan kompetensi tersebut, satuan pendidikan diharapkan dapat mengembangkan pembelajaran yang sesuai dengan konteks sekolah dan relevan dengan perkembangan, minat, serta budaya peserta didik.

Penggunaan Fase

Perbedaan lain antara KI dan KD dalam Kurikulum 2013 dengan Capaian Pembelajaran di Kurikulum Merdeka adalah rentang waktu yang dialokasikan untuk mencapai kompetensi yang ditargetkan.

Perumusan Capaian Pembelajaran

Perubahan lain yang signifikan dari KI dan KD menjadi CP adalah format penulisan kompetensi yang ingin dicapai serta rentang waktu yang ditargetkan untuk mempelajarinya.

Capaian Pembelajaran di Kurikulum Merdeka ditulis dalam metode yang berbeda, di mana pemahaman, sikap atau disposisi terhadap pembelajaran dan pengembangan karakter, serta keterampilan yang terobservasi atau terukur ditulis sebagai suatu rangkaian.

Fleksibilitas Pembelajaran

Fleksibilitas CP memberikan keleluasaan untuk pembelajaran yang kontekstua. Ini dicontohkan dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, di mana topik tentang Pemilihan Umum dapat dipelajari pada masa-masa sekitar Pemilihan Umum di Indonesia atau daerahnya.

Peningkatan Kualitas Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran di Kurikulum Merdeka dapat dieksplorasi oleh guru dengan menyesuaikan kebutuhan siswa, kearifan lokal serta situasi dan kondisi terkini. Namun demikian, untuk implementasinya diperlukan masa adaptasi sebab baik bagi guru maupun siswa memiliki tingkat kesiapan yang berbeda-beda.

Contohnya, untuk guru yang sebelumnya melakukan pembelajaran dengan Kurikulum 2013 dimana kompetensi dicapai tiap tahun perlu beradaptasi dengan capaian pembelajaran pada kurikulum prototipe yang dirancang menjadi tiap fase.

Contoh Capaian Pembelajaran

Sebagai referensi penyusunan Capaian Pembelajaran (CP) berikut kami bagikan pada Mata Pelajaran Seni Rupa Kelas 7 SMP/MTs sesuai dengan Buku Seni Rupa Kelas VII Kurikulum Merdeka. Bagaimana untuk mendapatkannya, silahkan anda menggunakan tombol Download di bawah ini.

Capaian Pembelajaran SMP/MTs Terbaru

Name : CP Seni Rupa Kelas VII

Format : Word

Size : 67 KB

File Compatible : All Windows

Rekomendasi Kami :
Perangkat Pembelajaran Kelas VII SMP/MTs
Perangkat Pembelajaran Kelas VIII SMP/MTs
Perangkat Pembelajaran Kelas IX SMP/MTs

Rekomendasi Kami :
Perangkat Ajar Seni Rupa Kelas VII SMP/MTs

Demikian Capaian Pembelajaran (CP) Seni Rupa Kelas 7 Jenjang SMP/MTs Semetser 1 dan 2 Implementasi Kurikulum Merdeka yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih atas kunjungannya.

Ikuti websiteedukasi.com di aplikasi Whatsapp dengan cara Subscribe atau Contact Me untuk mendapatkan perangkat pembelajaran terbaru dengan sangat mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *