Majalah SMK Edisi 7 Tahun 2019

Majalah SMK Edisi 7 Tahun 2019

Websiteedukasi.com - Majalah SMK Edisi 7 Tahun 2019. Halo sobat websiteedukasi, pada postingan ini saya akan share atau berbagai Majalah SMK Edisi 7 Tahun 2019 yang bisa anda unduh secara gratis.

Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) meluncurkan kurikulum terbaru yaitu Spektrum 2018. Kurikulum SMK dengan Spektrum 2018 mendukung kepekerjaan yaitu terdapat kompetensi keahlian yang disesuaikan dengan kebutuhan industri. Dalam kurikulum Spektrum 2018 sudah terdapat 146 kompetensi keahlian dengan tambahan 4 kompetensi keahlian yang sesuai dengan kebutuhan industri. 4 kompetensi terbaru itu adalah logistik, hotel dan restaurant, dan lain-lain.


Selain itu, ada perbedaan kurikulum spektrum 2018 dengan kurikulum sebelumnya. Pada kurikulum spektrum 2018 , terdapat kompetensi keahlian yang progam belajarnya selama 4 tahun, misalnya kompetensi yang ada pada bidang otomotif, TI, dan yang lainnya.“Ada progam kompetensi keahlian yang 4 tahun di kurikulum Spektrum 2018.

Penambahan 4 (empat) kompetensi baru ini juga telah disesuaikan dengan kebutuhan industri terkini yang ada di Indonesia. sekolah juga harus menyekaraskan kebutuhan kurikulum dengan daerahnya, misalnya di Jakarta ada kompetensi keahlian Seni Tari Jakarta. “Kurikulm Spektrum 2018 sudah menyesuaikan dengan industri 4.0 yaitu jamannya power point seven.

Pengembangan pengembangan kurikulum pada SMK terbus dilakukan guna untuk menumbuhkan Kualitas daya saing Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya yang ditunjukkan oleh siswa siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) mulai memperlihatkan hasil menggembirakan. Setidaknya capaian para wakil Indonesia pada WorldSkills Competition (WSC) 2019 di Kazan, Rusia pada 22-27 Agustus adalah sebuah bukti. Kontingen Indonesia yang pesertanya merupakan alumni SMK, mampu bersaing secara jujur dengan peserta yang jauh lebih kuat dan berpengalaman, termasuk sudah lama berkiprah dieven kelas dunia setingkat WSC.

Dengan memperoleh dua medali perak dan satu perunggu ditambah dengan 12 Medallion for Excellence, Indonesia beberapa tingkat berada di atas Negara maju seperti Belanda, Australia, Finlandia, Kanada. Dua Negara terakhir diketahui pernah sebagai tuan rumah penyelenggara WSC, yaitu di Hel-sinki Finlandia 2005 dan 2009 di Calgary, Kanada. Pada masa itu, kehadiran Indonesia di even sekelas WSC belum begitu dilirik apalagi menghasilkan prestasi, tapi tidak untuk beberapa tahun berikutnya.

Semua itu dihasilkan melalui sebuah perjuangan besar tanpa kenal lelah, tidak ada kata menyerah, Indonesia adalah bangsa yang besar, bangsa yang tidak mau menyerah begitu saja. Kita memiliki keyakinan yang tinggi bahwa potensi yang kita miliki tidak akan kalah bersaing dengan Negara maju dan modern sekalipun. Yang terpenting ada keinginan untuk berubah, mengejar ketertinggalan tanpa
harus menoleh ke belakang. Terus menatap ke depan, itulah sekarang yang terus kita lakukan, berbagai perbaikan demi perbaikan dilakukan dalam upaya meningkatkan kualitas daya  saing SDM siswa SMK.

Selengkapnya, bagi anda yang belum memiliki Majalah SMK Edisi 3 Tahun 2018 bisa mengunduhnya melalui tautan link yang saya sematkan di bawah ini;

Majalah SMK Edisi 7 Tahun 2019.pdf, Unduh
Spektrum SMK K13 Tahun 2018.pdf, Unduh

Demikian Majalah SMK Edisi 7 Tahun 2019 yang dapat saya bagikan, smeoga bermanfaat. Source file: psmk.kemdikbud.go.id

Banyak dibaca:

Loading...
Buka Komentar