Juknis O2SN SD Tahun 2019

Juknis O2SN SD Tahun 2019

Juknis O2SN SD Tahun 2019 - Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan adalah menyelenggarakan kompetisi olahraga secara berjenjang dan bertahap, mulai tingkat sekolah, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, sampai dengan tingkat nasional atau yang sering kita sebut dengan nama Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Tingkat SD tahun 2019.

Kegiatan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN-SD) merupakan momentum yang tepat dan sangat berharga bagi anak-anak kita untuk dapat berprestasi dan berkompetisi secara sehat sekaligus dapat memberikan pengalaman belajar yang baik, yaitu belajar bekerja sama, mematuhi aturan, mengakui kelemahan diri sendiri dan belajar menghargai kekuatan lawan serta mengilhami nilai nilai fairplay yang ada pada setiap pertandingan/perlombaan cabang olahraga pada O2SN-SD.

O2SN-SD 2019 dilaksanakan setiap tahun. Pembinaan dan pengembangan olahraga pada tingkat SD dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan merupakan salah satu bagian dan empat pilar kebijakan pembangunan pendidikan nasional, yang meliputi olah hati atau qolbu, olah rasa, olah pikir, dan olahraga. Olahraga menjadi kegiatan fisik yang dapat membangkitkan semangat, menumbuhkan sportivitas, persahabatan, dan persaudaraan.

Juknis O2SN SD Tahun 2019

Olimpiade Olahraga Siswa Nasional tingkat Sekolah Dasar ke-Xll Tahun 2019 (O2SN - Xll SD 2019) akan diselenggarakan di Provinsi Jawa Tengah. Nah, untuk adik-adik yang memiliki prestasi di bidang olahraga dan berkeingin mengikuti O2SN Tigkat Sekolah Dasar Tahun 2019, adapun Persyaratan Peserta O2SN XII SD 2019 sebagai berikut:
  1. Peserta adalah warga negara Indonesia (WNI).
  2. Peserta O2SN XII SD 2019 adaIah slswa SD/MI dan atau yang sederajat.
  3. Siswa yang pada tahun pelajaran 2019/2020 masih duduk dl SD/MI dan atau yang sederajat dan dilahirkan tanggal 1 Januari 2007 atau sesudahnya, dibuktikan dengan rapor asli, akte kelahiran asli, dan kartu keluarga asli beserta foto kopinya yang telah dilegalisir oleh kepala sekolah yang bersangkutan. Apabila siswa yang bersangkutan masih duduk di SD/MI dan atau yang sederajat namun lahir sebelum tanggal 1 Januari 2007,  maka slswa yang bersangkutan tidak dapat mengikuti O2SN-XIl SD 2019. Begitu pula apabila siswa yang bersangkutan lahir setelah tanggal 1Januarl 2007 namun telah tamat dan sekolah dasar dan atau yang sederajat, maka siswa yang bersangkutan tidak dapat juga mengikuti O2SN-XII SD 2019.
  4. Pelaksanaan seleksi di daerah siswa kelas VI tahun pelajaran 2018/20l9 tidak diikutsertakan.
  5. Perwakilan tingkat kecamatan merupakan atlet terbaik hasil seleksi tingkat kecamatan, dibuktlkan dengan surat keputusan (SK) UPTD Kecamatan kepala / Koordinator wilayah.
  6. Perwakilan tingkat kabupaten/kota merupakan atlet terbaik basil seleksi tingkat kabupaten/kota, dibuktikan dengan Surat Keputusan (SK) kepala dinas pendidikan kabupaten/kota.
  7. Perwakilan tingkat provinsi merupakan atlet terbaik pada seleksi peserta tingkat provinsi, dibuktikan dengan surat keputusan (SK) kepala dinas pendidikan provinsi.
  8. Belum pernah menjadi juara 1, 2. dan 3 pada 02SN-SD tahun sebelumnya.
  9. Belum pernah juara 1, 2, dan 3 pertandingan perlombaan tingkat internasional resmi mengacu pada masing-masing cabang olabraga.
  10. Berlaku disiplin, sportit, dan menghargai sesama peserta lomba, menghargai panitia, juri/wasit, dan perangkat pertandingan (perlombaan) Iainnya.
  11. Memenuhi persyaratan peserta sebagai mana diatur pada ketentuan khusus masing-masing cabang olahraga.
  12. Apabila peserta yang dikirim tidak memenuhi ketentuan sebagaimana tercantum pada butir I sampai 11 di atas, maka yang bersangkutan tidak diperkenankan mengikuti O2SN Tahun 2019.

Informasi selengkapnya, silahkan anda download Juknis (Juklak) O2SN SD Tahun 2019 pada tautan link yang saya sematkaan dibawah ini;

Juknis O2SN SD 2018.PDF, Unduh

Demikian Petunjuk Teknis (Juknis) O2SN jenjang SD Tahun 2019 yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat.

Banyak dibaca:

Loading...
Buka Komentar