Teknik Lompat Tinggi Galah

Posted on

Lompat Tinggi Galah atau sering hanya disebut Lompat Galah. Lompat Tinggi Galah merupakan lompat tinggi yang dibantu dengan menggunakan galah agar hasil lompatannya bisa sangat tinggi.

Lompat galah termasuk salah satu jenis nomor lompat yang paling sulit dibandingkan dengan jenis lompat yang lain. Faktor kesulitan itu diantaranya terletak :

  1. Saat melakukan awalan, disamping berlari cepat harus pula memegang/membawa galah.
  2. Dalam berlari cepat itu, harus berakhir dengan menancapkan galah yang disertai pula dengan menolakkan kaki dan diteruskan bergantung serta mengangkat seluruh berat badan ke atas dan berputar untuk melewati mistar.
  3. Saat melewati misatar harus segera melepaskan galah dan meluncur kebawah mendarat ketinggian yang cukup tinggi.
  4. Seluruh gerakkan menuntut faktor ketinggian, kekuatan, kecepatan, keterampilan, kelantukan dan koordinasi yang tinggi.
Itulah sebabnya maka lompat tinggi galah hanya sesuai bagi orang putra saja dan itupun terbatas bagi anak-anak yang sudah dewasa. Namun demikian tidak berarti bahwa lompat tinggi galah tidak boleh dilakukan (diajarkan) kepada anak-anak. 
Apabila fasilitas memungkinkan, maka kepada anak-anakpun dapat diberikan pelajaran atau pelatihan lompat tinggi galah, terutama anak-anak berumur 13 tahun keatas, karena anak-anak seumur itu sudah memiliki kekuatan untuk melakukan lompat tinggi galah walaupun dalam bentuk yang sederhana.
Ikuti websiteedukasi.com di aplikasi Google News dengan cara Following (temukan feed website edukasi di bagian Following/Mengikuti) untuk mendapatkan berita & perangkat pembelajaran terbaru dengan sangat mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *