Teknik Dasar Melakukan Lompat Harimau

Posted on

Teknik Dasar Melakukan Lompat Harimau ~ Lompat harimau merupakan suatu lanjutan gerak dari lompat kedepan dengan tolakkan kedua kaki, pada saat yang sama kedua lengan direntangkan kedepan siap untuk menopang badan yang jatuh “mendarat” dimaytras, dilanjutnkan denga guling depan.

Tidak dapat disangkal bahwa kekhawatiran, sikap ragu-ragu menyebabkan lompat yang “tagung-tangung” menyebabkkan anak jatuh dalam sikap yang tidak diinginkan. Kekuatan tangan, bahu untuk menopang beban (bobot) badan adalah lebih besar dari menopnag badan ketikan hand stand. Karena bobot badan akan bertambah karena “terlempar” dari satu jarak dan malalui ketinggian.

Bentuk dan sikap lompat harimau dilukiskan sebagai berikut : dengan bertumpu pada kedua kaki melompat keatas depan, pada saat yang sama kedua tangan/lengan diayunkan kedepan, badan direntangkan saat berada diudara sebelum mendarat dengan berrtumpu atas kedua tangan.

Penonjolan dalam sikap ini adalah rentangan badan ketia melayang diudara. menuklik, adalah juga lompat dengan bertumpu atas kedua kaki, badan “terlipat” saat melayang di udara, mendarat pada tempat kedua kaki bertumpu :

  1. Lompat harimau diberikan setelah guru memberikan latihan kekuatan tangan, lengan dan bahu, demikian pula kemampuan melakukan guling depan.
  2. Sekalipun latihan pemulaan dilakukan pada keadaan rendah (dari sikap jongkok), dasar menolak atas kedua kaki dan “melayang” diudara sebelum mendarat telah ditanamkan pada anak. Sehingga dari semula dalam latihan anak melakukan lompatan melalui suatu benda.
  3. Melatih daya pegas sendi pergelangan kaki, dengan tujuan agar dapat menolak dengan kuat keatas depan, maka latihan dilakukan memakai matras yang ditingginkan sebagai tempat mendarat ; anak bertumpu tetap pada dasar/lantai dengan jarak yang tidak terlalu dekat pada matras yang telah disusun/ditumpuk.
  4. Rasa takut/kekhawatiran sehingga mengakibatkan gerakkan lompat yang tak penuh “berhenti” di tengah jalan akan sangat berbahaya ; kemungkinan terjadi cidera yang cukup parah
  5. memberikan bantuan pada Lompat harimau adalah terutama pada saat mendarat yang dilanjutkan (langsung) melakukan Guling Depan bantuan dengan menempatkan satu tangan pada lehar belakang kepala.
  6. Perhatikan siku-siku lengan yang dibengkokkan (terpatah) pada saat mendarat dan kedua tangan menumpu di atas matras.

Gambar Melakukan Lompat Harimau

Gambar : Lompat Harimau Dari Posisi Jongkok
Gambar : Lompat Harimau Dari Posisi Berdidri

Latihan Untuk Kekuatan Otot Tangan

Gambar : Berjalan dengan Kaki dan Tangan
Gambar : Maju Kaki ditarik dengan Kedua Tangan
Gambar : Maju dengan Kedua kaki dan Kedua Tangan
Ikuti websiteedukasi.com di aplikasi Google News dengan cara Following (temukan feed website edukasi di bagian Following/Mengikuti) untuk mendapatkan berita & perangkat pembelajaran terbaru dengan sangat mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *