Pelaksanaan PPG Kemenag 2021

Posted on

Websiteedukasi.com – Kementerian Agama telah membuka pendaftaran sertifikasi untuk guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) / Honorer melalui jalur Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam Jabatan Tahun 2021 bagi Guru Raudhatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA).

Sehubungan dengan pelaksanaan program Pendidikan Profesi Guru dalam Jabatan (PPG Daljab) Tahun 2021, dan masih berlangsungnya masa pandemi Covid-19 hingga saat ini, dengan ini kami sampaikan hal-hal sebagai berikut:

1. Biaya pelaksanaan PPG dalam Jabatan Tahun 2021 bersumber dari APBN bagi guru madrasah, sedangkan bagi Guru Pendidikan Agama Islam pada Sekolah bersumber dari APBN dan/atau APBD;

2. Pola pelaksanaan PPG Daljab Tahun 2021 diubah, yang semula Blended Learning menjadi seratus persen (100%) memakai dalam jaringan (Daring);

3. Sebagai konsekuensi perubahan sebagaimana dimaksud pada poin 2 di atas, satuan biaya pelaksanaan PPG dalam Jabatan mengalami perubahan sebagai berikut:

  1. Guru Madrasah (Mapel Umum) Semula 7.500.000 Menjadi 5.000.000,/mahasiswa
  2. Guru Madrasah (Mapel Agama) Semula 6.500.000 Menjadi 5.000.000,/mahasiswa
  3. Guru PAI pada Sekolah Semula 6.200.000 Menjadi 5.000.000,/mahasiswa

4. Berkenaan dengan perubahan pola dan satuan biaya pelaksanaan PPG Daljab Tahun 2021, pemberi bantuan dapat melakukan hal-hal sebagai berikut:

  • Mengakumulasikan selisih anggaran tersebut yang kemudian dimungkinkan penambahan volume mahasiswa PPG;
  • Mempergunakan selisih tersebut untuk safeguarding atau pelaksanaan kegiatankegiatan yang dapat mendukung kesuksesan pendidikan profesi, yang pembelanjaannya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlak; atau
  • Merevisi sesuai ketentuan yang ditetapkan.

5. Guru madrasah melakukan proses pendaftaran sebagai calon mahasiswa PPG Daljab Tahun 2021 melalui laman http://simpatika.kemenag.go.id, sedangkan guru PAI pada sekolah melakukan proses pendaftaran sebagai calon mahasiswa PPG Daljab Tahun 2021 melalui laman http://siaga.kemenag.go.id atau http://siagapendis.com dengan memperhatikan jadwal pelaksanaan sebagai berikut:

Jadwal PPG Kemenag 2021

Info lebih lanjut, silahkan download Surat Edaran Tentang Persiapan Pelaksanaan PPG dalam Jabatan Tahun 2021 Bagi Guru Madrasah melalui tautan link di bawah ini:
SE PPG Kemenag 2021.pdf – Download
Demikianlah Surat Edaran Pelaksanaan PPG dalam Jabatan Kementerian Agama (Kemenag) Tahun 2021 yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.
Ikuti websiteedukasi.com di aplikasi Google News dengan cara Following (temukan feed website edukasi di bagian Following/Mengikuti) untuk mendapatkan informasi atau berita terbaru dengan sangat mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *